Sukses

Bulan K3, PLN Group Jamin Keselamatan Kerja Jadi Prioritas

Liputan6.com, Jakarta Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menegaskan keselamatan kerja dalam seluruh proses bisnis perusahaan sebagai prioritas kerja. Pasalnya, hal tersebut menjadi salah satu kunci dalam memenuhi kebutuhan energi untuk pembangkit listrik.

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara mengatakan, sebagai Subholding PLN yang mengemban tugas sebagai penjamin rantai pasok energi primer di Indonesia, implementasi K3 jadi prinsip utama agar seluruh pasokan energi primer terdistribusi dengan baik ke seluruh pembangkit.

"PLN EPI selalu siap berkontribusi dalam menegakkan prinsip K3 pada seluruh proses bisnis perusahaan sebagai prioritas kerja. Budaya safety harus menjadi bagian dari kehidupan kerja," kata Iwan, Senin (12/2/2024).

Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi PLN EPI, Dedeng Hidayat mengungkapkan, seluruh pegawai mampu beradaptasi mengimplementasikan sistem manajemen terkait pelaksanaan K3 di PLN EPI Grup sesuai dengan industri maupun proses bisnis dari tiap entitas, dengan mengikuti semua peraturan perundang-undangan dan menjalin komunikasi dengan para pemangku kepentingan terkait dalam hal pengawasan dan pembinaan.

Hal ini dilakukan untuk berlangsungnya perbaikan berkelanjutan terhadap implementasi K3 sehingga tercapainya Zero Accident di lingkungan PLN EPI Grup.

“Komitmen mengutamakan Keselamatan Kerja dan meningkatkan Awareness terhadap budaya K3 Zero Accident pada setiap proses bisnis yang dilakukan ini tak pernah terlewat kami sampaikan, karena tidak ada yang lebih berharga dari nyawa manusia," tambahnya.

Untuk meningkatkan budaya K3, PLN EPi pun telah menanamkan komitmen keselamatan kerja dalam seluruh proses bisnis perusahaan sebagai prioritas kerja, hal ini diimplementasikan dalam apel bersama PLN EPI Grup dalam rangkaian bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024 yang berlangsung di lokasi kerja PLN Energi Gas Tanjung Batu, Kalimantan Timur dan mengusung tema Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringatan Bulan K3

Selain melaksanakan Apel Bersama, PLN EPI juga mengadakan beberapa kegiatan dalam rangkaian peringatan bulan K3 nasional tahun 2024 diantaranya, Awareness Pemahaman dan Pencegahan IMS-HIV/AIDS di tempat kerja, Awareness Pemahaman K3 Lingkungan Kerja, pelaksanaan kegiatan yang bersifat implementatif seperti inspeksi peralatan sistem pemadam kebakaran dan peralatan P3K serta berkolaborasi dengan Anak Perusahaan dalam pelaksanaan Awareness Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan dan Awareness Sistem Manajemen Keselamatan Pengoperasian Kapal dan Pencegahan Pencemaran Laut.

Diharapkan dengan adanya serangkaian kegiatan ini seluruh Pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN EPI Grup dapat meningkatkan pemahaman K3 dan menerapkannya untuk diri sendiri dan sekitar.

3 dari 4 halaman

PLN Pasok Tambah Daya 60 MVA untuk Smelter Freeport Indonesia di Gresik

PT PLN (Persero) mendukung hilirisasi mineral dengan memasok tambahan daya menjadi sebesar 60 Megavolt Ampere (MVA) untuk smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

Sebelumnya, pada September 2023 PLN juga telah memasok daya listrik tahap I sebesar 30 MVA.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai, hilirisasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan nilai komoditas mineral dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

"PLN menyadari bahwa kehadiran listrik menjadi faktor penting bagi aktivitas industri. Terutama untuk hilirisasi industri mineral yang membutuhkan listrik dengan daya besar dan andal," ujar Darmawan, Jumat (9/2/2024).

Kesiapan PLN

Darmawan menegaskan, pihaknya siap memenuhi kebutuhan listrik sektor industri mineral yang terus meningkat setiap tahun. Komitmen ini sesuai dengan misi PLN yang tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat, tapi sekaligus mendukung pertumbuhan industri dalam negeri.

"Ketersediaan energi listrik menjadi faktor krusial di berbagai sektor bisnis dan industri. PLN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi. Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen pelanggan, termasuk sektor industri smelter," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

Dilakukan Empat Tahap

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Agus Kuswardoyo menjelaskan, penyediaan listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur dilakukan dalam IV tahap. Dengan rincian, tahap I sebesar 30 MVA, tahap II sebesar 60 MVA, tahap III sebesar 110 MVA dan tahap IV sebesar 170 MVA.

"PLN akan terus melakukan percepatan penambahan pasokan tahap III & tahap IV yang akan direalisasikan pada tahun 2024 ini," terang Agus.

Project Management Officer PT Freeport Indonesia, Alan Hamertton mengapresiasi pelayanan cepat dan responsif PLN terhadap kebutuhan PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur. Kolaborasi positif ini diakui meningkatkan operasional perusahaan.

"Terima kasih PLN, kebutuhan listrik untuk operasional kami meningkat dan sesuai dengan komitmen awal PLN memberikan respons cepat dan menyediakan pasokan listrik yang andal," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini