Sukses

Ketua Dewan Kehormatan Kawulo Alit Indonesia Minta Prabowo-Gibran Merger LPDP dan BLU KUMKM

Ketua Dewan Kehormatan Kawulo Alit Indonesia (KAI) meminta Prabowo Subianto membentuk Badan Keuangan Ekonomi Rakyat Republik Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Kawulo Alit Indonesia (KAI) Sofiatun Gudono mengatakan, mayoritas pedagang bersepakat memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ada sejumlah hal yang jadi poin permintaanya.

Sofiatun menyoroti salah satunya adalah pembentukan Badan Keuangan Ekonomi Rakyat Republik Indonesia. Rancangannya, adalah penggabungan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Badan Layanan Umum (BLU) Koperasi dan UMKM.

"Kita meminta pemerintahan pak Prabowo-Gibran 2024-2029 membentuk Badan Keuangan Ekonomi Rakyat RI. Sebagai penyatuan dari LPDP dan BLU KUMKM RI serta lembaga keuangan milik pemerintahan lainnya," kata Sofiatun di Kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2024).

Diantara 9 poin hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) 110 organisasi pedagang, besan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini meminta peningkatan atau mengubah status Menteri Koperasi dan UKM menjadi Badan Ekonomi Rakyat RI.

"Kita juga meminta pemerintahan Prabowo-Gibran 2024-2029 untuk kementerian terkait ekonomi rakyat tidak hanya diisi oleh (utusan) partai politik tapi kita minta juga diisi personalia tidak partai politik, artinya non parpol," tegas mertua Kaesang Pangarep itu.

Selanjutnya, sebagai landasan hukum, Sofiatun meminta Prabowo-Gibran menyusun Undang-Undang tentang sistem ekonomi kerakyatan. Diapun meminta kedepannya diterbitkan undang-undang ekonomi digital.

Sebagai langkah kampanye, Sofiatun akan mengajak keluarga dari 110 organisasi pedagang untuk memilih Prabowo-Gibran. "Kita membulatkan, bertekad bulat untuk turun gunung dalam memerintahkan jajaran anggota karyawan, anggota keluarga, tetangga umpamanya untuk datang ke TPS mencoblos Prabowo-Gibran Nomor 2 menang sekali putaran," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Prabowo-Gibran

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Kawulo Alit Indonesia (KAI) Sofiatun Gudono menyebut mayoritas pedagang UMKM bakal memenangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ini jadi hasil rapat pimpinan dari 110 organisasi pedagang kecil yang sudah digelar sebelumnya.

Diketahui, Sofiatun merupakan besan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, 40 juta pelaku usaha kecil ini telah sepakat mendukung Prabowo-Gibran.

"Ini ada beberapa, 40 juta UMKM atau 60 persen dari 65,4 juta pelaku ekonomi rakyat UMKM dan Koperasi. Kita berkomitmen untuk nyoblos 02 Prabowo-Gibran menang sekali putaran," kata Sofiatun di Kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (9/2/2024).

Sofiatun mengaku optimistis Prabowo-Gibran bisa memang sekali putaran. Pasalnya, dia merujuk pada hasil survei lembaga independen yang menunjukkan elektabilitas paslon 02 ini terus mengalami peningkatan.

"Kita sudah bisa melihat analisa survei elektabilitas di 02 itu Prabowo-Gibran itu menang sekali putaran dengan sampai sekarang, detik ini sudah mencapai 47 persen sampai 51,8 persen dari lembaga survei independen seluruh Indonesia," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Lanjutkan Program Jokowi

Menurutnya, Prabowo-Gibran bisa melanjutkan program-program yang sudah dijalankan oleh Jokowi. Kemudian, pasangan ini juga menurutnya bisa menyempurnakan program yang sudah ada kedepannya.

"Ya jelas sekali, didalam pemilihan 02 ini kita melanjutkan dan menyempurnakan visi-misi program yang sudah dilaksanakan oleh bapak Presiden RI, bapak Joko Widodo harus bisa kita lanjutkan dan harus bisa (kita) jaga, kita pelihara apa yang sudah di laksanakan beliau," ungkapnya.

"Tinggal kita melanjutkan yang mana-mana yang baik kita jaga, kita pertahankan dan kita pelihara. Mana-mana yang belum baik kita perbaiki dan kita lanjutkan yang lebih kita sempurnakan," imbuh mertua Kaesang Pangarep ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini