Sukses

Kementerian PANRB Beri Bukti Reformasi Birokrasi Berhasil

Ada sejumlah reformasi birokrasi Tematik yang jadi fokus pemerintah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menilai upaya implementasi reformasi birokrasi di instansi pemerintah telah berhasil sepanjang 2023. Ini terlihat dari adanya penurunan angka kemiskinan hingga meningkatnya investasi di dalam negeri.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB, Erwan Agus Purwanto mengatakan ada sejumlah reformasi birokrasi Tematik yang jadi fokus pemerintah.

Diantaranya, pengentasan kemiskinan, meningkatkan investasi, penurunan inflasi, hingga peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Pelaksanaan RB Tematik tahun 2023 oleh instansi pemerintah tidak dapat dipungkiri telah memberikan kontribusi nyata, kontribusi positif terhadap pencapaian target-target nasional pada tema yang telah ditetapkan," ucap Erwan dalam Penyampaian Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2023, secara virtual, Selasa (6/2/2024).

Dia turut merinci sejumlah capaian atas implementasi RB Tematik tadi. Pertama, pada tema penanggulangan kemiskinan, ada 390 instansi pemerintah berkontribusi melaksanakan rencana aksi RB Tematik dan memberikan dampak positif pada penurunan kemiskinan di tahun 2023 sebesar 1,12 persen.

Kedua, pada tema peningkatan investasi, sebanyak 329 instansi pemerintah telah berkontribusi melaksanakan rencana aksi peningkatan kualitas investasi. Ini juga mampu mengerek tingkat investasi di Indonesia.

"Hal ini juga telah memberikan dampak positif berupa kenaikan realisasi investasi di tingkat nasional sebesar Rp 160,6 triliun," kata dia.

Ketiga, pada tema peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sebanyak 285 instansi pemerintah telah berkontribusi melaksanakan rencana aksi tersebut.

Kemenpan RB mencatat hal itu berdampak positif berupa kenaikan realisasi penggunaan produk dalam negeri sebesar 6 persen di tahun 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Inflasi Terendah

Keempat, Erwan mengatakan terjadi kontribusi positif juga pada sisi pengendalian inflasi. Pada bagian ini, ada 291 instansi pemerintah yang ikut terlibat.

Melalui rencana aksi RB Tematik di sektor ini, pemerintah mengklaim berhasil menekan angka inflasi sebesar 2,61 persen di 2023.

"291 instansi pemerintah telah berkontribusi pada pelaksanaan rencana aksi dan juga memberikan dampak positif berupa penurunan inflasi sebesar 2,61 persen dan merupakan nilai atau skor inflasi terendah sejak tahun 2000," urai Erwan.

 

3 dari 3 halaman

Peran APIP Harus Diperkuat

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformadi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas meminta penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus lebih optimal dan kualitatif sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat.

Sebab menurutnya, APIP menjadi sektor penting bagi reformasi birokrasi. Khususnya dalam mendorong mesin birokrasi, diperlukan pengawasan yang intensif mulai dari awal perencanaan sampai dengan evaluasi.

"Dalam hal pengawasan internal, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memiliki peran strategis untuk menjaga setiap program kegiatan pemerintah tetap on track di jalur yang semestinya," ujar Anas saat membuka rapat kerja BPKP di Banyuwangi, Kamis (7/12/2023).

Anas menjelaskan, keterlibatan audit dan pengawasan internal pada tahap penentuan tujuan, strategi dan program organisasi dapat membantu memastikan tujuan dan manfaat yang diharapkan mampu diidentifikasi dengan jelas, bersamaan dengan analisis objektif pencapaian pembangunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.