Sukses

Kejar Efisiensi, Meratus Akuisisi ICTSI Jasa Prima

Meratus, perintis dalam industri maritim dan logistik yang terintegrasi di Indonesia, mengumumkan akuisisi strategis terhadap PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP).

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan sektor maritim dan logistik Meratus mengakuisisi PT ICTSI Jasa Prima Tbk (IJP). Akuisisi ini menjadi langkah kunci membangun konektivitas sebagai operator terintegrasi di Indonesia yang melayani bisnis pelayaran, logistik dan pelabuhan.

CEO Meratus Farid Belbouab mengatakan, akuisisi ini menandai capaian penting dalam pengembangan layanan logistik. Integrasi bersama ICTSI Jasa Prima akan memberikan dorongan signifikan terhadap efisiensi pengelolaan pelabuhan dan sistem distribusi di seluruh jaringan Meratus.

"Akuisisi ini adalah langkah strategis yang mendorong pertumbuhan bisnis kami. Kami yakin dengan akusisi IJP, perusahaan yang mengedepankan efisiensi dalam pengelolaan Pelabuhan melalui PT PBM Olah Jasa Andal (OJA), akan menciptakan sinergi yang luar biasa di proyek Terminal Nusantara dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional di era yang dinamis saat ini," ujar Farid dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2/2024).

Melalui proyek Terminal Nusantara, Meratus mengoperasikan dua terminal domestik di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 1 juta TEUs. Saat ini, tingkat lalu lintas arus kontainer di kedua terminal tersebut terus mengalami tren positif. Pada akhir tahun 2023, tercatat meningkat sebesar 13% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Salah satu kunci utama akuisisi ICTSI Jasa Prima adalah keunggulan dari wilayah operasional yang terletak strategis di Tanjung Priok, Jakarta Utara dan terhubung oleh berbagai akses lalu lintas darat dengan infrasturktur yang memadai. Disamping itu, IJP memiliki luas total area sebesar 8,2 hektar dengan kapasitas wharf seluas 600 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Daya Saing

Selain penguatan konektivitas dan infrastruktur logistik, akusisi ini diharapkan memberikan solusi terdepan bagi pelanggan Meratus melalui integrasi bisnis dengan logistik melalui lini bisnis MGLog dan Container Logistic Center (CLC).

Meratus telah berkomitmen dalam memberikan kemudahan konektivitas pelayaran dan logistik bagi customernya melalui pelayanan end-to-end yang berbasis teknologi. Hal ini merupakan langkah strategis Meratus dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks dan peningkatan daya saing Perusahaan di industri maritim dan logistik.

“Melalui sinergi bersama IJP, Terminal Nusantara berada pada posisi untuk mencapai visi Meratus menjadi operator terintegrasi swasta terkemuka di Indonesia yang melayani bisnis pelayaran, logistik dan pelabuhan. Keunggulan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja yang lebih positif bagi perusahaan baik secara domestik dan internasional,” tutup Farid. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.