Sukses

Inilah 5 Negara Paling Disenangi Orang Asing Tinggal

Simak daftar 5 negara yang paling diminati ekspatriat, menurut InterNations.

Liputan6.com, Jakarta InterNations, kembali merilis hasil survei tahunan yang mengulik beberapa rekomendasi negara untuk ditinggali para ekspatriat.

Survei oleh InterNations, sebuah komunitas ekspatriat dengan lebih dari 5,1 juta anggota, mengumpulkan masukan dari hampir 12.000 ekspatriat yang mewakili 181 negara atau wilayah.

Laporan hasil survei InterNations menyampaikan tingkat kepuasan mereka terhadap berbagai aspek kehidupan ekspatriat berdasarkan faktor-faktor seperti kualitas hidup, kemudahan menetap, bekerja di luar negeri, keuangan pribadi, perumahan dan bahasa.

Berikut adalah 5 yang paling diminati ekspatriat menurut InterNations, dikutip dari CNN, Selasa (16/1/2024):

Meksiko

Mexico City, kota terbesar di Amerika Utara, memiliki sekitar 22 juta orang di wilayah perkotaan. Populasi ibu kota tersebut tumbuh antara tahun 2019 dan 2023 sebesar 3 persen, menjadi sekitar 600.000 orang, menurut The World Population Review.

Di kota lain, kota-kota seperti Oaxaca, San Miguel de Allende dan Playa del Carmen juga merupakan surga bagi ekspatriat AS, banyak dari mereka menganggap rendahnya biaya hidup dan gaya hidup santai di Meksiko sebagai daya tarik utama mereka.

Kelebihan tinggal di Meksiko, ekspatriat mengungkapkan sejumlah manfaat salah satunya kemudahan untuk menetap, kehidupan sosial yang memuaskan, dan jaringan dukungan yang kuat. Keterjangkauan dan gaya hidup santai di Meksiko juga mendapat nilai tinggi.

Namun, seperti destinasi global lainnya yang akhir-akhir ini menerima kedatangan warga Amerika, beberapa kota di Meksiko yang memiliki komunitas ekspatriat dalam jumlah besar mengalami penolakan terhadap warga asing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Portugal

Popularitas Portugal di kalangan ekspatriat telah meledak sejak negara tersebut memperkenalkan program Visa Emas pada tahun 2012. Program ini menjadi program yang paling sukses, menginspirasi negara-negara lain untuk meluncurkan rencana mereka sendiri untuk menarik investasi asing.

Namun, pada musim semi tahun 2023, Portugal membuat perubahan signifikan pada program tersebut, yang secara efektif mengakhiri aspek investasi real estat. Hal ini juga mengubah rezim penduduk yang tidak biasa, kata Alex Ingrim, penasihat keuangan berlisensi dan presiden perusahaan manajemen kekayaan global Chase Buchanan USA.

Portugal sulit dikalahkan karena keterjangkauannya, kualitas hidupnya, cuacanya yang sejuk sepanjang tahun, dan sistem layanan kesehatan berkualitas tinggi.

Biaya hidup di negara itu secara umum juga lebih terjangkau dibandingkan sebagian besar negara di Eropa, dan menurut Numbeo, database kualitas hidup terbesar di dunia, biayanya 35,5 persen lebih rendah dibandingkan di Amerika Serikat.

Selain itu, Portugal merupakan negara teraman ketujuh di dunia.

Di sisi lain, seperti yang terjadi di Meksiko dan negara-negara lain dengan komunitas ekspatriat yang besar, terdapat reaksi negatif terhadap masuknya orang asing, dan khususnya di Lisbon.

Para kritikus mengatakan lonjakan harga sewa dan harga real estat telah memaksa penduduk lama keluar dan mengubah tatanan lingkungan tertentu.

3 dari 5 halaman

Spanyol

 Madrid, Barcelona, ​​Seville, dan Bilbao semuanya memiliki komunitas ekspatriat berbahasa Inggris yang besar, sementara kota pesisir Valencia juga dengan cepat mendapatkan daya tarik sebagai tempat yang didambakan.

Kota ini menduduki peringkat pertama dalam Indeks Kualitas Hidup InterNations 2022, dan juga menduduki peringkat teratas dalam Indeks Kualitas Hidup tahunan InterNations. indeks oleh Live and Invest Overseas untuk tahun 2024.

Ada banyak hal yang disukai dari Spanyol, salah satunya kota-kota modern dan kota-kota kecil kuno, layanan kesehatan universal berkualitas tinggi, serta tempat makan dan kehidupan malam yang terkenal di dunia, dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Singapura

Banyak warga negara asing yang memuji Singapura. Pada tahun 2022, negara kota canggih ini menempati peringkat ketiga dalam Indeks Penting Ekspatriat InterNations.

InterNations menyebut, Singapura dipandang sebagai salah satu negara terbaik untuk tinggal dan bekerja, berkat pasar kerja yang berkembang, pendidikan dan layanan kesehatan yang sangat baik, dan salah satu sistem transportasi terbaik di dunia.

Selain itu, Singapura dikenal luas sebagai pusat keuangan dan investasi terkemuka di Asia, dengan prospek pekerjaan yang sangat baik dan stabilitas ekonomi.

Namun, perlu diketahui juga bahwa biaya hidup di negara itu sangat mahal, dan beberapa orang mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan iklim tropisnya yang lembap. 

 

5 dari 5 halaman

Panama

Panama, sering disebut-sebut mirip seperti Kota Miami di Amerika Serikat.

Panama adalah pusat keuangan dan bisnis terkemuka yang menghubungkan Amerika Utara dan Selatan. Dalam beberapa tahun terakhir, hal ini telah menarik lebih banyak orang Amerika melampaui masa pensiun.

Lesperance mengatakan dia melihat adanya lonjakan perpindahan yang signifikan di antara klien-klien dengan kekayaan bersih tinggi yang merupakan keturunan Hispanik, serta para pekerja di sektor keuangan, yang pindah ke sana secara massal, terutama karena Miami menjadi lebih padat dan mahal.

Cuaca hangat sepanjang tahun, perpaduan pusat kosmopolitan seperti Panama City dan kota pantai yang santai, serta akses mudah ke Amerika Utara dan Selatan menjadikan Panama pilihan terbaik bagi yang sering bepergian.

Dan salah satu keuntungan terbesar skema Golden Visa Panama adalah skema ini memberikan izin tinggal abadi tanpa mengharuskan investor untuk tinggal di sana.

Mempertahankan status penduduk tetap memerlukan kunjungan ke Panama setidaknya setiap dua tahun.

Namun pada tahun 2023, biaya mendirikan tempat tinggal di Panama meningkat secara substansial, dariUSD 300,000 menjadi USD 500,000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.