Sukses

Selain Jokowi, Ini Pemimpin Dunia yang Hadiri Pernikahan Pangeran Mateen

Upacara pernikahan Pangeran Abdul Mateen-Anisha Rosnah yang digelar akhir pekan ini juga dihadiri oleh bangsawan dari Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Bhutan serta pemimpin pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan mewah pernikahan Pangeran Abdul Mateen (32) dan sang istri Yang Mulia Anisha Rosnah (29) dari Brunei mencapai puncaknya pada Minggu, (14/1/2024) dengan upacara gemerlap yang dihadiri oleh pemimpin dunia dan bangsawan dari Asia dan Timur Tengah.

Dikutip dari South China Morning Post, Pangeran Mateen mengenakan seragam, sedangkan Anisha Rosnah memakai gaun putih panjang dan perhiasan berkilau saat acara di Istana Nurul Iman. Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah tersebut tampil pertama kali di depan umum sebagai pasangan suami istri dalam sebuah prosesi di ibu kota Bandar Seri Begawan yang biasanya sepi akan ramai dengan ribuan masyarakat.

Suasana meriah di kota dengan masyarakat mulai mengambil posisi di sepanjang rute parade beberapa jam sebelum parade dimulai. Bahkan ada es krim gratis dan jualan minuman ringan.

Salah satu warga Brunei Darussalam yang menerima undangan ke upacara pernikahan yakni pensiunan bankir Haji Suhaimin Abas (66) mengenakan pakaian formal tradisional dan topi songkok yang serasi.

“Ini perayaan yang sangat besar,” ujar dia.

Selain itu, pada upacara pernikahan yang digelar akhir pekan ini juga dihadiri oleh bangsawan dari Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Bhutan termasuk di antara 5.000 tamu yang diundang.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr termasuk di antara para pemimpin pemerintahan yang hadir. Selain itu, tampak hadir Raja Bhutan yakni Raja Jigme Khesar Namyel Wangchuck.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Brunei Antusias Lihat Parade Upacara Pernikahan

Perayaan pada Minggu, 14 Januari 2024 merupakan puncak dari 10 hari kemegahan pernikahan Pangeran Mateen di Brunei Darussalam yang kekayaannya hampir seluruhnya berasal dari cadangan minyak dan gas sangat besar.

Adapun Pangeran Mateen, seorang perwira militer terlatih Inggris di angkatan bersenjata Brunei dan seorang pilot helikopter bersama sang istri mengikuti upacara di hadapan tamu undangan. Upacara ini kaya akan tradisi yang diambil dari sejarah panjang Brunei sebagai sebuah monarki Islam.

Selanjutnya pasangan tersebut berdiri di mobil Rolls-Royce beratap terbuka sambil melambai kepada penonton saat melintasi ibu kota.

Banyak warga yang berjejer di jalan di bawah terik matahari untuk melihat sekilas pasangan tersebut. Hajah Aminah Abd Morsidee (91) yang telah menyaksikan lima pernikahan kerajaan seumur hidupnya menuturkan dia senang melihat Pangeran Mateen menikahi Anisha yang cantik.

Guru sekolah Norliha Mohamad Din (37) menuturkan, ini adalah momen sekali seumur hidup.

"Saya sudah bertemu Pangeran Mateen sejak dia masih kecil. Saya sangat bahagia untuknya. Ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan penghargaan kepada keluarga kerajaan,” ujar dia.

3 dari 4 halaman

Sekilas Terkait Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Sebagai anak ke-10 dan putra keempat sultan, Mateen kemungkinan besar tidak akan pernah naik takhta. Namun, ia tampaknya mengambil peran tidak resmi dalam menampilkan wajah modern keluarga kerajaan dalam upaya untuk terhubung dengan generasi muda Brunei yang dibesarkan dengan maraknya media sosial.

Pangeran Mateen masuk dalam top 50 most eligible bachlors menurut Majalah Tatler Hong Kong pada 2016. Istrinya Anisha Rosnah Isa-Kalebic lulusan University of Bath dan seorang pengusaha. Ia menjalankan Silk Collective, sebuah merek fesyen dan Authentirary, perusahaan pariwisata yang menawarkan pengalaman budaya.

Berasal dari keluarga bangsawan, kakeknya Pehin Dato Isa adalah penasihat khusus Sultan Brunei dan memegang peran penting dalam pemerintahan Brunei pada 1960-an dan 1970-an. Kakak laki-lakinya Danial Deen Isa-Kalebic dilaporkan teman dekat Pangeran Mateen.

 

4 dari 4 halaman

Tiba di Brunei Darussalam, Jokowi Akan Hadiri Pernikahan Pangeran Mateen

Sebelumnya diberitakan, usai melakukan kunjungan kenegaraan di Vietnam, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuju Brunei Darussalam, Sabtu, 13 Januari 2024. Jokowi akan menghadiri pernikahan Pangeran Abdul Mateen dengan Anisha Rosnah atau Anisha Isa Kalebic pada Minggu (14/1/2024).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat presiden, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 tiba di Bandar Udara Brunei, Bandar Seri Begawan pada Sabtu, 13 Januari 2024 sekitar pukul 17.10 waktu setempat.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Menteri Pertahanan II, Mayjen (Purn) Pehin Halbi bin Mohd. Yussof, Kepala Kepolisian Diraja Brunei Mohammad Irwan bin Hambali, Kepala Angkatan Bersenjata Diraja Brunei Mayjen Muhammad Haszaimi bin Bol Hassan, Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Bandar Seri Begawan Kolonel Arm. Doddy Suhadiman beserta istri.

Dari Bandara Brunei, Jokowi langsung menuju tempatnya bermalam dan melanjutkan kegiatannya Minggu, (14/1/2024). Saat tiba di tempat tersebut, Jokowi tampak disambut oleh masyarakat, penampilan tari merak, hingga anak-anak yang bernyanyi.

Di Bandar Seri Begawan, Jokowi akan menghadiri pertemuan bisnis. Selain itu, dia akan memenuhi undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah yaitu Pangeran Abdul Mateen.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini