Sukses

Pemkab Bekasi Bersyukur Temuan Sumur Migas di Wilayahnya, Minta Ini ke Pertamina

PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha, PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina menemukan dua sumur migas baru dari hasil eksplorasi di Provinsi Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat mensyukuri adanya temuan sumur minyak dan gas (migas) di wilayahnya yang bisa menopang pasokan energi nasional.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan meminta Pertamina ikut memperhatikan kesejahteraan warga yang tinggal di sekitar sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN)-001, Desa Sukawijaya, Kecamatan Tambelang.

Dia mengaku sudah mendapatkan informasi jika Pertamina sudah mempekerjakan masyarakat sekitar. "Informasi dari Pertamina, saat ini ada 45 warga sekitar yang sudah ikut bekerja, nanti di tahapan eksploitasi lebih banyak lagi," kata dia melansir Antara, Jumat (29/11/2023).

Sekadar info, PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha, PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina menemukan dua sumur migas baru dari hasil eksplorasi di Provinsi Jawa Barat.

Kedua sumur minyak tersebut yakni East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu dan Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Field, Kabupaten Bekasi.

Dia menekankan sudah sepatutnya Pertamina EP untuk turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar, terutama warga paling terdampak aktivitas eksplorasi di sumur sumber minyak dan gas tersebut.

"Selain turut mempekerjakan mereka juga bisa dengan bantuan kompensasi baik berupa modal usaha, bantuan pendidikan, serta pengembangan kompetensi," katanya.

Dani mengaku Pertamina juga telah menyalurkan alokasi dana bantuan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan melalui pelebaran jalan serta perbaikan sarana ibadah.

"Berdasarkan informasi dari camat setempat disampaikan bahwa Pertamina juga telah menyalurkan CSR untuk pelebaran Jalan Sukatani-Balong, pembangunan Musala Al-Rasyid, dan santunan untuk yatim piatu," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patut Disyukuri

Ia menyatakan penemuan cadangan minyak dari sumur eksplorasi di wilayah Kabupaten Bekasi ini patut disyukuri mengingat hal tersebut menjadi sumber energi baru dan tambahan yang akan berguna untuk masa depan negeri.

"Dengan ditemukannya cadangan minyak baru di Sumur Tambelang ini tentu ke depan akan menjadi sumber energi kita dan juga menjadi tambahan pendapatan negara serta energi bahan bakar bagi masyarakat," katanya.

Dirinya menyebut meski sudah dipastikan memiliki cadangan minyak bumi namun proses hingga tahap eksplorasi masih membutuhkan jangka waktu yang cukup panjang.

Saat ini masih dalam tahap eksplorasi dan butuh waktu dua hingga tiga tahun ke depan, sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku untuk tahap eksploitasi.

"Ini kan baru satu titik, jadi perlu dipastikan lagi di beberapa titik lain bahwa ini memang cadangan seperti yang diperkirakan. Kemudian bentuk quiver di buminya seperti apa, apa ke bawah atau melebar ke samping," kata dia.(KR-PRA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.