Sukses

CEO LinkedIn Bagikan Tips Pindah Kerja, Jangan Percaya Orang Lain!

Membuat keputusan karir bisa menjadi sangat sulit. Memutuskan antara intuisi dengan nasihat yang kamu dapatkan dari orang yang terpercaya bahkan bisa jadi lebih sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat keputusan karier sudah pasti sangat sulit. Apalagi jika berkaitan dengan berpindah kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Memutuskan antara intuisi yang kamu miliki dengan nasihat yang didapatkan dari orang yang terpercaya bisa justru menambah kesulitan untuk memutuskan.

Bagi siapa pun yang berada dalam situasi keputusan karier seperti ini, CEO LinkedIn Ryan Roslansky memiliki beberapa saran.

“Kamu mungkin mampu menyeimbangkan banyak pendapat orang yang berbeda, tetapi pada akhirnya, kamu tetap harus memiliki keyakinan sendiri dan membuat keputusan sendiri,” kata Roslansky kepada pemimpin redaksi LinkedIn Dan Roth dalam podcast baru-baru ini di episode “Jalan”, dikutip dari CNBC, Rabu (3/1/2024).

 

“Kamu harus mengetahui apa yang benar, harus peduli terhadap apa yang benar, dan bersemangat terhadap apa yang benar,” tambah Roslansky.

“Lalu, jika kamu ingin menampilkan diri dan memutuskan untuk terjun ke tengah kerumunan, itu harusnya karena kamu ingin, bukan karena orang lain menyuruhmu melakukannya.”

Dengan kata lain, percayalah pada naluri hati diri sendiri dan buatlah pilihan terbaik untuk diri sendiri. Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Menurut laporan terbaru dari Oracle, yang mensurvei lebih dari 14.000 karyawan dan pemimpin bisnis di 17 negara, 59% orang menghadapi dilema pengambilan keputusan lebih dari satu kali setiap hari.

Tujuh puluh empat persen responden juga mengatakan jumlah keputusan yang mereka ambil setiap hari telah meningkat sepuluh kali lipat selama tiga tahun terakhir, dan 86% mengatakan teman tepercaya dan sumber daya online hanya membuat pilihan mereka semakin rumit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersandar pada Intuisi Diri Sangat Penting

“Itu sebabnya bersandar pada intuisi diri sangat penting,” kata Roslansky.

Misalnya saja dalam memilih jurusan kuliah. Jika kamu tertarik menekuni bidang seni, dan orang tuamu lebih suka melihatmu memperoleh gelar bisnis, memilih gelar bisnis bisa berakibat pada rasa tidak puas, ketidakbahagiaan, atau depresi.

Bahkan, jika kamu seorang CEO yang mengkomunikasikan keputusan sulit kepada karyawan, kamu mungkin harus memilih antara pesan bersih yang ditulis oleh departemen komunikasi atau pesan yang disampaikan dari hati.

“Kamu benar-benar dapat mengetahui kapan seseorang diberikan sesuatu untuk dibaca versus kapan mereka jujur tentang siapa dirinya,” kata Roslansky. “Jauh lebih buruk jika tidak memiliki keyakinan dan mengucapkan kata-kata yang tepat yang ditulis seseorang untuk kamu, daripada hanya berbicara dari hati, meskipun kata-kata tersebut diucapkan dengan cara yang tidak sempurna.”

“Mempercayai naluri tidak berarti membuat keputusan berdasarkan ego,” kata Roth.

 

3 dari 3 halaman

Pertimbangkan Sisi negatif

Egonya sendiri hampir menghalanginya untuk bergabung dengan LinkedIn setelah bekerja sebagai redaktur pelaksana di Fortune, katanya.

“Saya mendapat banyak saran orang yang meminta saya untuk tidak (mengambil pekerjaan di LinkedIn). Saya hampir mengatakan tidak. Saya harus memikirkan mengapa saya mengatakan tidak, dan itu sebenarnya adalah ego saya,” katanya kepada Roslansky. “Saya adalah editor Fortune.com yang berada di puncak karir saya. Saya memantapkan diri saya, dan (peran baru) ini berarti menjadi seorang pemula.”

Pasangan ini merekomendasikan strategi yang sama, yaitu pertimbangkan sisi negatifnya dan buatlah pilihan yang dirasa tepat, meskipun orang lain tidak setuju denganmu.

“Ambil semua masukan, terima apa yang dikatakan semua orang dan waspadai situasi di sekitar,” kata Roslansky. “Namun, pilihanmu harus datang dari hati sendiri ketika akan kamu putuskan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini