Sukses

Ini Saran Professor Harvard Jika Kamu Punya Rekan Kerja Insecure

Ini yang harus dilakukan jika punya rekan kerja yang suka bergosip atau atasan yang selalu meremehkan pencapaian Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah bertemu dengan orang yang memiliki watak menganggu di tempat kerja, seperti rekan kerja yang suka bergosip atau atasan yang selalu meremehkan pencapaian Anda.

Bisa jadi orang-orang itu adalah mereka yang merasa insecure. Orang-orang seperti ini termasuk salah satu tipe kepribadian yang paling sulit untuk diajak bekerja sama.

Memiliki terlalu banyak orang seperti ini dapat menciptakan budaya kerja yang tidak baik, kata profesor dari Harvard Business School Ranjay Gulati.

Dikutip dari CNBC, Minggu (24/12/2023), mungkin sulit untuk bekerja dengan seseorang yang merasa terancam dengan kesuksesan Anda, namun Gulati memiliki beberapa tips.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai: Langkah pertama untuk meredakan situasi yang tegang adalah dengan mengetahui cara mengenali tanda-tanda rekan kerja yang merasa insecure tersebut.

Rasa insecure dapat mendorong pembicaraan diri yang negatif dan kritik pada beberapa orang, tetapi di tempat kerja, hal ini juga dapat terjadi dalam perilaku seperti merendahkan orang lain untuk membuat diri mereka terlihat lebih penting, atau membuat orang lain disalahkan atas suatu kegagalan.

Berikut adalah tiga tanda paling umum dari orang yang merasa insecure sampai merugikan orang lain di tempat kerja, menurut Gulati:

  1. Membandingkan dan bersaing dengan orang lain
  2. Mencari persetujuan dan pujian terus-menerus dari rekan kerja atau atasan mereka
  3. Memanjakan diri dengan mengorbankan diri sendiri

Semua perilaku ini adalah bentuk validasi eksternal, yang dibutuhkan oleh orang yang sangat tidak percaya diri untuk meredakan keraguan mereka akan kemampuan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menangani Orang Insecure di Tempat Kerja

Sebagai contoh, orang yang merasa insecure mungkin terlalu kompetitif dengan rekan kerja untuk mendapatkan tugas penting atau untuk mendapatkan pujian dari atasan, sehingga mereka tidak akan merasa bahwa mereka memiliki insecurities yang mengganggu tim," jelas Gulati.

Orang yang merasa insecure yang memiliki mentalitas "playing vitim" tidak direkomendasikan untuk diajak bekerja sama, Gulati memperingatkan. Karena mereka tidak memiliki akuntabilitas pribadi dan sering menyalahkan orang lain atas ketidakberuntungannya, kolaborasi "hampir tidak mungkin terjadi."

Untuk berurusan dengan rekan kerja yang sangat tidak percaya diri, Anda membutuhkan kesabaran, empati, dan batasan yang jelas tentang kapan dan bagaimana Anda berinteraksi dengan mereka, kata Gulati.

Menyimpan pikiran negatif tentang mereka tidak akan membantu hubungan Anda, jadi Anda perlu menyeimbangkan antara bersikap suportif dan menunjukkan kasih sayang yang kuat.

 

3 dari 3 halaman

Mendukung saat Cemas

Untuk melakukannya, pertahankan rasa positif dan ketenangan saat Anda berinteraksi dengan mereka, tetapi dengan lembut arahkan kembali percakapan jika mereka mulai berputar ke pembicaraan negatif atau gosip.

"Misalnya, Anda bisa mengatakan, 'Saya turut prihatin atas apa yang Anda rasakan, saya yakin hasilnya akan lebih baik dari yang Anda harapkan,'" saran Gulati.

Pada akhirnya, jika ada rekan kerja yang sangat tidak percaya diri dan mengalihkan perhatian Anda, tidak masalah untuk membatasi interaksi Anda dengan mereka. Pakailah headphone di meja kerja Anda, dengan sopan minta diri dari obrolan ringan, atau lakukan apa pun yang perlu Anda lakukan untuk melindungi ketenangan Anda, kata Gulati.

"Anda bisa membantu seseorang mengenali keterbatasannya atau mendukungnya saat ia merasa cemas, namun hanya sampai batas tertentu," kata Gulati. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini