Sukses

KA Probowangi Tabrak Minibus di Lumajang, Perjalanan Kereta Terlambat

Kereta Api (KA) Probowangi menemper minibus di wilayah Lumajang, Jawa Timur yang menimbulkan korban jiwa. Sementara itu, perjalanan KA jug menjadi terganggu sekitar 13 menit.

Liputan6.com, Jakarta Kereta Api atau KA Probowangi tabrak mobil di wilayah Lumajang, Jawa Timur yang menimbulkan korban jiwa. Sementara itu, perjalanan KA juga menjadi terganggu sekitar 13 menit.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, kejadian kereta api tabrak mobil tersebut menimbulkan 11 korban jiwa dari penumpang minibus. Sementara, penumpang KA Peobowangi dalam kondisi selamat dan perjalanan dilanjutkan kembali setelah terhenti 13 menit.

 

"KAI prihatin dan menyesalkan kejadian tersebut, serta menyampaikan ucapan turut belasungkawa kepada para keluarga korban," ujar Didiek dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Terjadi di Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Diketahui, kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang - Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di km 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung - Stasiun Klakah pada Minggu (19/11) pukul 19.53 WIB.

Sebelumnya, Kecelakaan maut kereta api Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya tabrak minibus terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu malam (19/11/2023).

Akibat kecelakaan maut itu 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Senin dini hari.

"Seluruh korban (KA Probowangi tabrak minibus) sudah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," kata Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo, Senin (20/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi

Sebuah mini bus bernomor polisi N 7646 T tertabrak KA Probowangi di perlintasan kereta api tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu (19/11) malam pukul 19.53 WIB yang mengakibatkan 11 orang penumpang minibus meninggal dunia.

"KA Probowangi sempat berhenti saat insiden tersebut karena masinis mengecek lokomotif dan rangkaian, setelah dinyatakan aman untuk perjalanan maka kereta tersebut melanjutkan perjalanannya pada pukul 20.06 WIB," tuturnya.

Menurutnya petugas kembali melakukan pengecekan ulang KA Probowangi di Stasiun Probolinggo untuk memastikan rangkaian kereta untuk keselamatan penumpang dalam melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

"KA Probowangi terlambat tiba di stasiun Probolinggo dan stasiun lainnya sekitar 13 menit akibat insiden kecelakaan tersebut, namun kondisi rel di lokasi kecelakaan tetap bisa dilalui oleh kereta api," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Harus Hati-Hati

Ia mengimbau masyarakat berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang terutama perlintasan tidak terjaga atau tanpa palang pintu dan disiplin mematuhi rambu-rambu yang terdapat di perlintasan sebidang.

"Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, kemudian tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada sebelum melintas rel kereta api agar kejadian kecelakaan di Lumajang tidak terulang kembali," ujarnya.

Sementara perangkat Desa Pakis, Yunus mengatakan sebanyak lima ambulans dikerahkan untuk mengevakuasi jenazah korban yang meninggal di lokasi kejadian karena beberapa korban sempat terlempar ke luar kendaraan.

"Petugas bersama warga mengevakuasi korban yang sudah meninggal dunia, baik yang berada di dalam minibus maupun di luar yang keluar dari mobil," katanya.

Ia menjelaskan seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, namun pihaknya juga belum mengetahui identitas korban tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.