Sukses

Dengar Nih Wejangan Para Miliarder Buat Kalian Anak Muda, Mulai dari Bill Gates hingga Ray Dalio

Mereka pernah merasakan puncak kesuksesan, dan masing-masing memiliki penyesalan atas jalan yang ambil untuk mencapainya.

Liputan6.com, Jakarta Di antara jutaan orang, para miliarder juga berharap dapat kembali ke masa muda mereka dan memperbaiki diri mereka yang lebih muda. Hal ini berlaku untuk tiga miliarder ikon bisnis paling populer di dunia: Mark Cuban, Bill Gates, dan Ray Dalio.

Mengutip CNBC International, Senin (6/11/2023) masing-masing mengumpulkan kekayaan mereka melalui kewirausahaan; Cuban membangun startup yang diakuisisi oleh Yahoo senilai Ausd 5,7 miliar, Gates ikut mendirikan raksasa teknologi Microsoft, dan Dalio mendirikan Bridgewater Associates, salah satu hedge fund terbesar di dunia.

Ketiganya pernah merasakan puncak kesuksesan, dan masing-masing memiliki penyesalan atas jalan yang mereka ambil untuk mencapainya.

Misalnya, seperti yang ditulis Dalio saat sesi tanya Jawab Reddit "Ask Me Anything” pada tahun 2019: "Pesan besar yang ingin saya sampaikan kepada diri saya sendiri adalah: 'Mengapa kamu begitu sombong!?!'".

Dari menekan orang-orang di sekitar mereka terlalu keras hingga membiarkan ego menghalangi mereka, berikut adalah beberapa kesalahan yang dilakukan ketiganya, dan wejangan yang akan mereka berikan jika ada kesempatan:

Bill Gates: Jangan Bersikap Seperti Anda Tahu Segalanya

"Anda tidak pernah terlalu pintar untuk menjadi bingung. Saya pikir saya tahu segalanya ketika saya kuliah. Namun pada akhirnya, saya menyadari bahwa langkah pertama untuk mempelajari sesuatu yang baru adalah bersandar pada apa yang tidak Anda ketahui, alih-alih berfokus pada apa yang Anda ketahui," ungkap Bill Gates, pada upacara wisuda Universitas Northern Arizona tahun 2023

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mark Cuban: Jadilah Lebih Baik

Dalam sebuah podcast pada Juni 2023, Mark Cuban mengungkapkan bahwa; "Saya berharap seseorang mengatakan kepada saya untuk menjadi lebih baik. Karena saya selalu pergi, pergi, pergi... Terkadang rekan saya Todd (Wagner) mengatakan kepada saya, 'Dengar, kamu menakuti beberapa orang, (dan) mereka biasanya akan (berhenti), dan kalau bisa kamu jangan marah".

3 dari 3 halaman

Ray Dalio: Tetap Rendah Hati, Berapapun Besaran Kekayaan Anda

"Anda bisa menjadi lebih cerdas dan meningkatkan peluang Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik jika Anda bisa bersikap rendah hati, dan cukup khawatir akan kesalahan sehingga orang-orang paling cerdas bersedia untuk tidak sependapat dengan Anda dan menantang Anda, sehingga Anda dapat melihat pemikiran mereka," kata Ray Dalio, selama Tanya Jawab Reddit “Ask Me Anything” pada tahun 2019 silam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini