Sukses

Hindari 7 Percakapan Ini Dengan Rekan Kerja Anda di Kantor

Jika Anda ingin keterampilan sosialisai dan tingkat kenyamanan Anda meningkat, hindari tujuh percakapan ini:

Liputan6.com, Jakarta - Anda sehari-hari bekerja di kantor? Sebagai pelatih pidato, John Bowe merasa salah satu sumber kecemasan yang sering ia dengar dari orang-orang adalah interaksi sosial yang harus mereka lakukan dengan rekan kerja.

Namun, seperti bentuk berbicara di depan umum lainnya, terkadang sekedar gurauan di lift juga penting. Keterampilan berbasa-basi tidak ada hubungannya dengan kepribadian Anda, dan semuanya berkaitan dengan pembelajaran untuk berempati kepada rekan kerja.

Jika Anda ingin keterampilan sosialisai dan tingkat kenyamanan Anda meningkat, hindari tujuh percakapan ini:

1. Menganggap tidak ada yang ingin berbicara dengan Anda

Jika Anda pemalu, saya mengerti. Tapi Anda bukan satu-satunya. Jika Anda khawatir tentang tampil percaya diri atau alami, Anda harus mendorong untuk berhenti berpikir tentang diri Anda sendiri.

Sebaliknya, pikirkanlah bahwa menjangkau orang lain adalah sebuah tindakan yang natural. Setelah berbulan-bulan terisolasi secara sosial karena pandemi, kemungkinan besar orang di sebelah Anda juga ingin menjalin hubungan.

2. Menyela atau mengganggu percakapan yang sedang berlangsung

Waktu adalah segalanya. Jika Anda melihat dua orang atau lebih sedang asyik berbincang-bincang, mereka mungkin belum siap untuk Anda ganggu.

Pertama, tunggu sampai ada jeda. Kemudian setelah Anda mendapatkan perhatian seseorang dan, idealnya, menerima lampu hijau non-verbal, itulah kesempatan Anda.

Jaga jarak juga. jangan berdiri terlalu dekat atau terlalu jauh. Idealnya ketika Anda ingin didengar dan Anda tidak ingin berteriak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mulailah berbicara tanpa ada sesuatu yang ingin dikatakan

Jika seseorang terlihat jauh atau melamun, masuk ke ruang pribadinya dan menggumamkan kata "Hai" bukanlah cara yang tepat untuk mencairkan suasana.

Cobalah untuk meminta izin, misalnya, "Hai, apakah saya boleh berbicara dengan Anda?" atau "Permisi, apakah Anda keberatan jika saya menanyakan sesuatu?" dan pastikan Anda memiliki pertanyaan atau komentar yang sudah disiapkan sebelumnya, misalnya, "Apakah Anda sedang beristirahat?" atau "Apakah Anda senang berada di kantor?".

Ini semua tentang menciptakan kesempatan yang nyaman bagi orang lain untuk merespons.

4. Membahas topik yang kontroversial

Jika Anda berbicara dengan seseorang yang baru dikenal, sebaiknya tidak membicarakan topik yang berat, yang tidak menyenangkan, atau polarisasi, seperti aborsi atau politik.

Jika Anda tertarik dengan topik-topik tersebut di kemudian hari, itu bagus. Namun sebagai permulaan, pilihlah sesuatu yang sederhana dan dekat yang dapat Anda dan orang lain amati bersama. Mungkin musik yang Anda berdua dengar, makanan yang Anda berdua cicipi, atau spanduk besar baru di kantor yang kalian berdua hadapi.

5. Menjadi sulit untuk diikuti

Setelah Anda membuat hubungan satu sama lain, pertahankan hubungan tersebut dengan membuat diri Anda mudah dimengerti.

Jika Anda berbicara dalam bahasa yang berbeda, misalnya, pelankan ucapan Anda dan ucapkan dengan jelas. Jika Anda cenderung berbicara dengan bahasa gaul, jangan gunakan kata-kata yang mungkin tidak mereka ketahui.

Jika mereka bertanya apa yang Anda lakukan untuk bekerja, jawablah dengan cara yang tidak memakan waktu lima menit atau menggunakan banyak jargon di tempat kerja.

3 dari 3 halaman

6. Terlalu banyak berbicara tentang diri sendiri atau tentang orang lain

Sering dikatakan bahwa orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri, dan bahwa mengajukan pertanyaan adalah bahan rahasia untuk percakapan yang baik. Tapi itu tidak berlaku untuk semua orang.

Tidak ada orang yang suka diinterogasi, jadi jika Anda merasa bahwa pertanyaan itu tidak diterima, mundurlah. Sebaliknya, ceritakan sebuah kisah, tawarkan pendapat atau bebaskan mereka dari beban kinerja.

Jika Anda tidak dapat merasakan minat mereka, cobalah bertanya tentang topik yang Anda minati, misalnya, "Hei, apakah menurut Anda kemeja ini terlihat lucu?" atau "Apakah Anda pernah mengunjungi restoran baru di daerah ini akhir-akhir ini?".

7. Membuang-buang waktu seseorang

Jika Anda sedang berbicara dengan seseorang, bicaralah dengan mereka. Jangan menatap lantai atau melihat ke arah orang lain. Letakkan ponsel Anda. Hadirlah dan berikan perhatian penuh kepada mereka.

Sangat mudah untuk menganggap basa-basi sebagai basa-basi yang tidak tulus, tidak diinginkan, dan tidak penting.

Tetapi setiap hubungan yang Anda hargai dimulai di suatu tempat dengan percakapan awal yang bagus. Apakah percakapan itu mendalam? Apakah Anda menyembuhkan sakit? Tidak. Tapi Anda membuat hubungan yang tulus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.