Sukses

Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Hari Ini 29 Oktober 2023, Pemprov Jabar Pastikan Persiapan 100%

Pada Minggu, 29 Oktober 2023, BIJB Kertajati akan melayani penerbangan pesawat bermesin jet pindahan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai beroperasi penuh pada Minggu, 29 Oktober 2023. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin klaim persiapan Bandara Kertajati sudah 100 persen.

"Persiapannya sudah 100 persen. Tinggal persiapan-persiapan tenant dan sebagainya,” tutur Ben, dikutip dari Antara, Minggu (29/10/2023).

Bey juga menuturkan, operasi bayangan atau shadow operation BIJB Kertajati sudah mulai dilakukan dan pelaku UMKM pun sudah mulai mengisi tenant-tenant.

“Pak Dirut BIJB, M.Singgih, juga lapor persiapan sudah cukup baik, sudah ada shadow operation. Hanya ada satu catatan tentang petunjuk arah yang internasional ke mana dan domestik yang mana,” ujar dia.

Mengenai keamanan BIJB Kertajati, Bey menuturkan, sudah banyak pos polisi di wilayah bandara dan kamera CCTV yang terhubung langsung ke pos polisi. “Divisi kemanan di tempat ini juga sudah baik,” kata Bey.

Pada Minggu, 29 Oktober 2023, BIJB Kertajati akan melayani penerbangan pesawat bermesin jet pindahan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati dengan tujuh rute antara lain penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan dan Palembang.

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Airnav Indonesia Siap Layani Navigasi Bandara Kertajati dengan Alat Standar Internasional

Sebelumnya diberitakan, Perum LPPNPI atau Airnav Indonesia siap mendukung penuh kebijakan Pemerintah Indonesia, untuk peralihan pelayanan penerbangan pesawat dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati per 29 Oktober 2023.

Bandara Kertajati telah memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan mutu pelayanan, yang sesuai dengan prosedur penerbangan dan peraturan yang berlaku. Bahkan, Airnav Indonesia memastikan, perlengkapan navigasi udara yang digunakan di Kertajati sudah memenuhi standar bandara bertaraf internasional.

"AirNav Indonesia siap mendukung penuh peralihan dan pelayanan navigasi pesawat jet dari Bandara Husein Bandung ke Bandara BIJB Kertajati. Juga mendukung untuk dapat meningkatkan utilitas Bandara BIJB, serta ikut memajukan perekonomian wilayah Majalengka dan sekitarnya, terlebih penerbangan haji dan internasional sudah dilayani di Bandara ini” ujar Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B. Pramesti, Sabtu (28/10/2023).

AirNav Indonesia telah menyiapkan berbagai aspek yang dibutuhkan dalam peralihan dari sisi pelayanan navigasi penerbangan, terkait infrastruktur, peralatan, SDM, dan prosedur penerbangan.

Lalu, aksesibilitas dari dan ke Bandara BIJB Kertajati semakin dipermudah oleh pemerintah karena konektivitas antar moda yang sudah disiapkan. Sehingga para penumpang yang ingin terbang melalui Bandara ini akan diuntungkan dengan akses yang lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

"Adapun rute-rute penerbangan dalam negeri yang akan dilayani dari dan ke Bandara BIJB mulai 29 Oktober 2023, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang,"kata Polana. 

Selain rute-rute dalam negeri, lanjutnya, Bandara BIJB Kertajati juga melayani rute penerbangan ke luar negeri dengan tujuan Kuala Lumpur. Dan telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023, dengan frekuensi 2 kali per minggu, dan akan menjadi 4 kali per minggu mulai November 2023.

"Dimulai 29 Oktober 2023, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan melayani penerbangan pesawat jet niaga berjadwal dalam negeri, angkutan niaga berjadwal luar negeri, angkutan niaga tidak berjadwal dalam negeri dan luar negeri, serta angkutan bukan niaga dalam negeri dan luar negeri," ujar Polana.

 

3 dari 4 halaman

Bandara Kertajati Beroperasi Penuh pada 29 Oktober 2023, Pemkot Jawa Barat Gencar Sosialisasi

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung (Pemkot) Bandung akan bekerja keras untuk mensosialisasikan pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

BJIB Kertajati akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023. Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung dipindahkan seluruhnya untuk pesawat bermesin jet, sedangkan banyak masyarakat yang belum tersosialisasi.

"Ya kami seminggu ini akan kerja keras untuk memastikan, termasuk juga kerja sama dengan aplikasi-aplikasi supaya kalau boleh ada semacam pemberitahuan khusus bahwa mulai 29 Januari 2023, di Husein Sastranegara sudah dialihkan ke Kertajati,” ujar Bey dikutip dari Antara, Minggu (22/10/2023).

Bey menuturkan, saat ini penumpang masih kesusahan dalam memilih penerbangan ke Bandung pada 29 Januari ke atas, karena hanya dilayani oleh pesawat baling-baling sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

"Mungkin apakah bisa langsung otomatis dari aplikasi Bandung itu langsung menuju ke Kertajati, karena kalau memilih misalnya nih Denpasar-Bandung atau Balikpapan-Bandung itu muter-muter dia nyari pesawat yang baling-baling akhirnya jadi lama sekali. Memang betul harus ada kerjasama dan sosialisasi lagi," tutur dia.

 

4 dari 4 halaman

Rute Penerbangan

Bey mengatakan pihaknya juga telah menggandeng klub sepak bola Persib Bandung untuk membuka toko merchandise di BIJB Kertajati dan membuat manekin tiga dimensi pemain Persib supaya bisa menjadi spot foto para pengguna fasilitas itu. Langkah ini juga sebagai salah satu sosialisasi.

"Persib sudah komitmen sebagai salah satu cara mensosialisasikan dengan buat toko merchandise, berangkat tandang dari sana dan juga kampanye. Kemudian bikin spot tiga dimensi 11 pemain agar bisa berfoto. Beberapa kementerian juga komit, dan memang tugas kami, mudah-mudahan minggu ini sosialisasi berjalan baik akan kami terus sosialisasikan," ujar dia. 

Pada 29 Oktober 2023, seluruh pesawat bermesin jet dari Bandara Husein Sastranegara akan dipindahkan ke BIJB Kertajati seiring dengan kepastian operasional penuhnya fasilitas tersebut.

Pada 29 Oktober 2023, akan ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati yakni penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang, maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini