Sukses

Jubir Kemenko Marves Bantah Menko Luhut Mengundurkan Diri dari Kabinet Indonesia Maju

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,Jodi Mahardi memastikan kabar Menko Luhut B.Pandjaitan mengundurkan diri tidak benar.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi,Jodi Mahardi menanggapi kabar yang menyebutkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju.

Jodi memastikan, informasi tersebut tidak benar. "Menanggapi informasi yang beredar mengenai Pak Menko Luhut dikabarkan mengundurkan diri dari posisi sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, saya ingin memastikan kabar tersebut tidak benar,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (24/10/2023).

Jodi menuturkan, Menko Luhut masih dirawat di Singapura dan kondisinya semakin baik. Menko Luhut sedang menjalani perawatan fisiotherapy.

“Pak Luhut masih dalam perawatan di Singapura dengan kondisi yang sudah sangat baik dibanding sebelumnya. Perawatan saat ini dititikberatkan pada fisiotherapy,” ujar dia.

Sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga menepis kabar yang menyebutkan Menko Luhut mengundurkan diri dari kabinet Indonesia Maju.

“Enggak kok, saya enggak dengar ya,” tutur Bahlil, di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, kondisi kesehatan Luhut terus membaik. Bahlil juga meminta masyarakat untuk terus memanjatkan doa supaya Luhut dapat segera pulih dan beraktivitas normal kembali.

“Alhamdullilah Opung (Luhut) sudah membaik. Insya Allah kita doakan biar cepat pulih bisa kembali untuk beraktivitas seperti sedia kala,” tutur dia.

Sebelumnya, melalui akun instagram pribadi @luhut.pandjaitan pada Selasa, 10 Oktober 2023 menuturkan, dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari. Kondisi kesehatan Menko Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tidak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirawat di Singapura

Kemudian ia dibawa istrinya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, Luhut selama beberapa hari tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Setelah mendapatkan tawaran dari koleganya yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Luhut memutuskan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura sekaligus melakukan pemeriksaan media dan evaluasi yang lebih menyeluruh.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjalankan tugas harian sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim untuk menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang sakit.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mendoakan Luhut Pandjaitan agar segera diberikan kesembuhan.

3 dari 4 halaman

Menko Luhut Pastikan Kesehatan Pulih Sangat Pesat, Minta Jangan Percaya Foto Aneh Dirinya

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya menjelaskan perihal kondisi kesehatannya yang terbaru. Saat ini, Luhut masih dalam perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

"Saya sekarang ada di Singapura dalam proses pemulihan dan masih butuh dalam beberapa waktu ke depan masih perlukan untuk bisa pulih kembali," jelas Luhut melalui sebuah video yang diunggah di akun instagramnya @luhut.pandjaitan seperti dikutip Selasa (17/10/2023).

Sebelumnya sempat beredar foto-foto pria seperti Menko Luhut yang sedang kritis. Luhut pun meminta masyarakat tidak percaya dengan foto-foto yang beredar tersebut.

"Kalau boleh teman-teman tidak usah percaya pada foto-foto yang banyak betebaran, berseliweran yang aneh-aneh. Secara overall dari hasil tim dokter tadi melaporkan progress saya maju sangat signifikan," tegas Luhut.

Dia memastikan saat ini semua pekerjaan kantor tertangani dengan baik. Apalagi dirinya dibantu Menteri BUMN Erick Thohir dan bawahan yang mumpuni.

"Pak Erick saya kira melakukan pekerjaan dengan bagus dan para deputi saya luar biasa jadi saya tidak melihat ada masalah serius yang tidak bisa kita selesaikan," kata Luhut.

 

4 dari 4 halaman

Pesan kepada Erick Thohir

Tak cuma itu, ternyata Luhut memberikan pesan kepada Erick Thohir dan jajaran Kemenko Marves selama dia menjalani pemulihan di Singapura. Pesan itu yang dinilai berhasil diartikan Erick dalam mengemban tugasnya sebagai Menko Marves Ad Interim.

"Beliau (Erick Thohir) dan para Deputi saya telah bekerja dengan maksimal, dan hasilnya terbukti dari kelancaran banyak program yang sedang dan berhasil dijalankan," kata Luhut.

"Semua ini bisa terlaksana karena mereka semua ternyata ingat betul pesan saya untuk bekerja secara terintegrasi, agar semua permasalahan bisa teratasi dengan baik," Luhut menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.