Sukses

Harga Emas Tembus Rekor Termahal, Simak Prediksinya Pekan Ini

Permintaan safe-haven ini telah mendorong harga emas ke level tertinggi dalam tiga bulan. Harga emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan pada USD 2.008,90 per ounce, naik 1,4% pada Jumat pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta Ketika perang Israel dengan Hamas semakin intensif, ketidakpastian geopolitik terus mendukung lonjakan harga emas sebagai safe-haven. Pekan lalu, para pembeli emas terlihat solid karena investor ingin menyimpan emas sebagai asuransi selama akhir pekan. 

Permintaan safe-haven ini telah mendorong harga emas ke level tertinggi dalam tiga bulan. Harga emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan pada USD 2.008,90 per ounce, naik 1,4% pada Jumat pekan lalu.

Harga emas telah melonjak sekitar 4% dalam seminggu terakhir dari posisi terendahnya pada hari Senin pekan lalu.

Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures, Phillip Streible mengatakan bahwa meskipun dorongan harga emas kembali di atas USD 2.000 per ounce adalah hal yang mengesankan, hal ini tidak mengejutkan mengingat betapa negatifnya sentimen yang ada.

“Emas saat itu dinilai terlalu rendah dan sekarang kita melihat adanya buih di pasar karena semua investor mengejar diri mereka sendiri untuk memilikinya,” katanya.

Analis Pasar Senior Trade Nation David Morrison mengatakan bahwa emas melakukan hal yang seharusnya dilakukan pada saat krisis.

"Harga emas telah menembus semua resistensi besar di USD 1.900, USD 1.950 dan USD 1.980; Saya pikir pasar ingin melihat USD 2.000," katanya.

"Masih terlalu dini untuk mengatakannya, tapi ini bisa menjadi reli yang membawa harga ke titik tertinggi baru sepanjang masa," lanjut dia.

Harga emas tidak hanya mengalami kenaikan yang mengesankan dalam dua minggu terakhir, namun hal ini terjadi ketika Bank Sentral AS Federal Reserve mempertahankan pendiriannya bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga dalam wilayah yang ketat di masa mendatang.

Pada Kamis lalu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral berkomitmen untuk menurunkan inflasi hingga 2%. Sikap ini, sebagian, telah membantu mendorong imbal hasil obligasi jangka panjang ke level tertinggi baru dalam 16 tahun, dengan obligasi 10 tahun mencapai 5% pada pekan lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketidakpastian Geopolitik Dongkrak Harga Emas

Namun, beberapa ekonom dan analis pasar mencatat bahwa kekhawatiran terhadap meningkatnya utang pemerintah di AS juga merupakan faktor penting yang mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi.

Beberapa analis telah mencatat bahwa ada ketakutan bahwa Federal Reserve akan kehilangan kendali atas kurva jangka panjang dan ini akan memaksa mereka untuk datang dan membeli obligasi, yang akan berdampak positif bagi harga emas.

Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen mengatakan seiring dengan ketidakpastian geopolitik, emas kini telah menjadi aset safe-haven ekonomi.

“Kami percaya bahwa berlanjutnya lonjakan imbal hasil obligasi AS membuat para pedagang dan investor semakin khawatir terhadap kebijakan fiskal AS, dan terutama apakah lonjakan imbal hasil riil dan nominal baru-baru ini akan merusak 'sesuatu',” katanya dalam sebuah catatan pada hari Jumat.

Namun, tidak semua analis yakin bahwa pergerakan harga emas akan berkelanjutan.

Analis Pasar Senior FxPro Alex Kuptsikevich mencatat bahwa membeli emas sebagai tempat berlindung yang aman secara geopolitik tidak pernah terbukti berkelanjutan. Dia mengatakan meningkatnya ketidakpastian geopolitik tidak tercermin dalam pasar obligasi atau ekuitas.

"Emas kini naik melawan arus. Tampaknya akan kehabisan tenaga dalam waktu dekat. Emas kini mendekati wilayah overbought (jenuh beli), menjadikannya rentan terhadap pembalikan di bawah tekanan faktor-faktor fundamental seperti imbal hasil obligasi yang tinggi dan penguatan." dolar," kata Kuptsikevich. 

“Konflik Rusia-Ukraina menyebabkan lonjakan harga yang serupa dengan yang sudah kita alami, namun kemudian ada kekhawatiran akan gangguan pasokan dari produsen besar. Meski begitu, harga turun jauh di bawah titik awal sebelum perang reli," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Dampak Inflasi ke Harga Emas

Meskipun investor akan terus mencermati berita utama geopolitik pada minggu ini, data ekonomi yang sibuk juga dapat menciptakan beberapa volatilitas.

Menurut para ekonom, fokus mereka adalah pada pertengahan minggu ketika laporan pertama Produk Domestik Bruto AS kuartal ketiga akan dirilis. Para ekonom telah mencatat bahwa ketahanan ekonomi AS adalah alasan penting mengapa imbal hasil obligasi meningkat ke level tertinggi dalam 16 tahun.

Minggu ini akan diakhiri dengan data inflasi penting, yang dapat berdampak pada harga emas. Beberapa analis mengatakan bahwa meskipun Amerika Serikat mungkin tidak jatuh ke dalam resesi, negara ini mungkin akan mengalami stagflasi karena pertumbuhan yang lebih rendah diimbangi dengan harga konsumen yang lebih tinggi.

Perhatian pasar juga akan terfokus pada kebijakan bank sentral global. Bank of Canada dan Bank Sentral Eropa akan merilis keputusan kebijakan moneter minggu depan. Para ekonom akan mengamati bagaimana bank sentral menghadapi batas antara pertumbuhan yang lebih lambat dan inflasi yang keras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini