Sukses

Wamen BUMN Rosan Roeslani: BUMN Wajib Pakai Teknologi Digital Kelola Risiko Bisnis

Wakil Menteri BUMN Rosan Perkasa Roeslani meminta pelaku industri, terutama asuransi menerapkan governance, risk, and compliance (GRC)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri BUMN Rosan Perkasa Roeslani meminta pelaku industri, terutama asuransi menerapkan governance, risk, and compliance (GRC) terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

"(Hal ini dilakukan) guna memastikan tata kelola dan meningkatkan pengelolaan risiko yang lebih baik," ujarnya dalam kegiatan Taspen GRC Insight Forum, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/10/2023).

Selaras dengan fungsi BUMN sebagai value creator dan agent of development, lanjut dia, BUMN memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan diharapkan mengambil peran signifikan dalam penerapan GRC.

Dengan demikian, pencapaian kinerja BUMN dapat lebih optimal dan tercipta bisnis yang berkelanjutan.

"Selain itu, BUMN juga harus senantiasa mempertimbangkan konteks sosial, perkembangan, dan perubahan regulasi, manajemen risiko, inovasi teknologi, maupun batasan-batasan hukum," ucap Rosan.

Komitmen BUMN

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Taspen (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri Antonius Nicholas Stephanus Kosasih menyampaikan pihaknya berkomitmen aktif meningkatkan budaya kepatuhan dan manajemen risiko di lingkungan perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kepercayaan Peserta

Komitmen ini berlaku untuk seluruh anak perusahaan Taspen guna meningkatkan kepercayaan para peserta dan para pemangku kepentingan.

"Selama ini, Taspen telah bergerak cepat dalam menerapkan inovasi digitalisasi dalam proses bisnis untuk meningkatkan kualitas perusahaan dalam lingkup bisnis yang dijalankan. Harapannya, Taspen GRC Insight Forum ini mampu menunjukkan bahwa risk culture dan compliance culture selalu menjadi sesuatu yang hidup dan tumbuh di segala lini di perusahaan setiap harinya," ungkap Kosasih.

Pada kegiatan ini, turut dilaksanakan peresmian aplikasi Enterprise Risk Management (ERM) Terintegrasi Taspen Group dan peresmian atas sertifikasi ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan yang diperoleh Taspen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini