Sukses

9 Tahun Berdiri, Waskita Beton Precast Kontribusi ke Proyek Tol hingga Bandara

Selama 9 tahun, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah menyuplai proyek-proyek besar infrastruktur di Indonesia seperti jalan tol, bendungan, jembatan, bandara, gedung, hotel, infrastruktur perkeretaapian dan lain-lain.

 

Liputan6.com, Jakarta Selama 9 tahun, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) telah menyuplai proyek-proyek besar infrastruktur di Indonesia seperti jalan tol, bendungan, jembatan, bandara, gedung, hotel, infrastruktur perkeretaapian, rumah tahan gempa hingga hunian dengan sistem prefabrikasi (modular).

“Kualitas infrastruktur yang WSBP bangun berawal dari sebuah ide dan inovasi produk yang kami kembangkan hingga lahir sebagai produk precast dan readymix yang siap mendukung pembangunan infrastruktur,” ujar VP of Corporate Secretary Waskita Beton Precast Fandy Dewanto, dikutip Senin (16/10/2023).

Selain itu SDM yang kompeten, inovasi produk, serta teknologi yang digunakan menjadi sumber daya unggul bagi WSBP.

Seluruh karya infrastruktur ini disuplai oleh WSBP sebagai perusahaan manufaktur precast dan readymix besar di Indonesia. Berbagai produk berkualitas dihasilkan langsung dari precast plant, batching plant, dan quarry WSBP yang tersebar di wilayah Indonesia mulai dari Pulau Sumatera hingga Sulawesi.

Adapun berbagai produk yang dihasilkan antara lain spun pile, girder (PC-I, PC-T, PC-U, Box), CCSP, tetrapod, readymix, square pile, u-ditch dan produk lainnya.

Tidak hanya itu, WSBP juga menciptakan sebuah inovasi produk seperti spun pile berdiameter 1,2 meter dan panjang 5 meter (merupakan produk spun pile pertama di Indonesia dan Asia Tenggara), tiang listrik beton, bantalan rel kereta api tipe 1067 dan 1435, Penampang PC-I girder menjadi Semi T Girder, Pretensioned Spun High Strength Concrete (PHC).

Seluruh produk precast ini diproduksi di 9 precast plant WSBP yang saat ini memiliki total kapasitas produksi sebesar 3,7 juta ton/tahun.

Adapula Bangunan rumah tapak tipe RISHA Modifikasi (Tipe 36), Bangunan rumah tapak tipe rumah precast (Tipe 36), SPRigWP, facade precast, lining menggunakan fly ash, lining menggunakan fly ash + fiber, mortar foam, fast concrete, beton fiber, beton porous, joint balok kolom, rumah modular prefabikasi, dan lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyek Infrastruktur

Dari beragam jenis produk dan inovasi produk yang dikembangkan WSBP untuk menyuplai proyek infrastruktur sejak tahun 2014 hingga September 2023, tercatat jumlah penjualan produk spun pile lebih dari 2 juta batang dan PC-I girder dengan angka penjualan lebih dari 13 ribu batang.

“Produk spun pile menjadi yang tertinggi atau banyak disuplai untuk proyek-proyek,”ungkapnya. Penjualan produk lainnya yang banyak disuplai dalam jangka waktu 9 tahun terakhir antara lain full slab, CCSP, tetrapod, barrier, lining, PC-U girder, dan u-ditch.

Tidak hanya dari produk precast, beton cair atau readymix WSBP juga menjadi produk andalan yang digunakan untuk berbagai proyek, dengan volume total penjualan lebih dari 16 juta m3. Angka penjualan produk ini lebih tinggi dibandingkan produk precast perusahaan.

“Readymix ini kami produksi di batching plant yang tersebar di Indonesia maupun batching plant di dalam precast plant

 

3 dari 4 halaman

Teken Kontrak Rp 4,6 Miliar, WSBP Kembali Ikut Andil di Proyek Lotte Chemical Indonesia

Setelah sebelumnya dipercaya menyuplai PC Beam dan PC Plank untuk Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project), masih pada proyek yang sama, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali ditunjuk untuk paket Berth 5 & Roadway Proyek Jetty Lotte sepanjang 850 m.

“Ini masih dalam satu rangkaian proyek yang sama. Kami kembali dipercaya untuk menyuplai produk dalam penyelesaian proyek ini,”ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary.

Tentunya dengan adanya repeat order dari Lotte Line Project ini khususnya pada area WP7 sebelumnya ini, membuktikan bahwa WSBP terus mendapat kepercayaan dan berhasil mewujudkan kepuasan kepada para pelanggan.

Dengan nilai kontrak sebesar Rp 4,6 miliar, WSBP menyuplai total 92 pcs untuk Berth 5 yang terdiri dari 35 pcs PC Beam tipe B5-B1 hingga B5-B8 dan 57 pcs PC Plank tipe B5P1 hingga B5P15. Selain itu juga menyuplai 103 pcs untuk roadway.

Fandy menyatakan bahwa saat ini WSBP sudah melakukan proses produksi sejak Agustus lalu di Plant Bojonegara dan ditargetkan selesai pada TW IV 2023.

“Progressnya sudah mencapai 44%,”tambahnya. Sedangkan pengiriman dilakukan secara bertahap sejak 21 September dan ditargetkan selesai suplai pada pada TW IV 2023.

“Pengiriman dilakukan melalui 2 jalur, PC Beam via darat kecuali tipe B7 & B8 dan PC Plank via laut. Proses pengiriman dilakukan sesuai dengan standar QHSE yang berlaku, sehingga seluruh produk dapat sampai dengan aman dan tepat waktu kepada pelanggan,”katanya.

Nantinya Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer, sedangkan PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung.

 

4 dari 4 halaman

Kualitas Produk

Dengan mengedepankan kualitas produk, PC Beam dan PC Plank milik WSBP ini tepat digunakan pada proyek infrastruktur perairan ini, di mana pengerjaan struktur bangunan akan jauh lebih praktis, lebih presisi dan meminimalkan kesalahan dalam pengerjaan di proyek.

Selain itu berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan beton cast in situ.

Ke depannya, WSBP melihat peluang besar pada proyek infrastruktur perairan ini. Salah satunya ialah pada Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project paket Berth #4.

“Kami targetkan untuk meraih repeat order dapat memperoleh proyek paket selanjutnya, sehingga dapat terus berkontribusi untuk perbaikan infrastruktur khususnya di proyek perairan.

Tidak hanya itu, dalam setiap kegiatan operasional perusahaan, WSBP selalu mengedepankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan manajemen risiko serta meraih kontrak-kontrak proyek dengan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini