Sukses

Siwon di ABIS 2023: Anak-anak adalah Aset Berharga Masa Depan Asia Tenggara

Siwon, aktor ternama asal Korea Selatan itu juga menilai bahwa investasi pada anak-anak dapat meningkatkan prospek perekonomian jangka panjang, termasuk di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta Duta Asia Timur dan Pacific UNICEF, Choi Siwon menyerukan negara-negara ASEAN untuk berinvestasi pada pendidikan, kesehatan, serta kesejahteraan anak-anak.

“Berinvestasi pada anak-anak tidak hanya masuk akal secara etis, namun juga masuk akal secara ekonomi,” ucap Siwon dalam acara ASEAN Business & Investment Summit di Sultan Hotel, Jakarta pada Senin (4/9/2023).

Siwon mengungkapkan, nilai tambah dari investasi pada anak-anak di bangku Sekolah Dasar bisa mencapai 10 kali lipat.

“Kita tahu misalnya, bahwa setiap USD 1 yang diinvestasikan pada pendidikan pra-sekolah dasar bagi anak-anak memberi nilai tambah pada masyarakat hinnga 10 kali lipat,” jelasnya.

“Krisis iklim hanya memperburuk keadaan, membuat jurang antara si kaya dan si miskin, anak-anak termiskin. Sangat mudah untuk merasa kewalahan dengan tantangan-tantangan ini,” katanya.

Selain itu, aktor ternama asal Korea Selatan itu juga menilai bahwa investasi pada anak-anak dapat meningkatkan prospek perekonomian jangka panjang, termasuk di Asia Tenggara.

"Tapi, ini harus dilakukan sekarang. Tidak ada kekurangan peluang untuk dapat mewujudkan perbedaan bagi kelompok atau perubahan dalam kawasan, salah satunya bagi anak-anak," kata Siwon.

Siwon juga menyadari bahwa, generasi anak yang sehat memiliki efek riak atau multiplier terhadap keluarganya.

“Efek (multiplier) ini mendukung komunitas lebih resilien dan tahan guncangan. Seiring berjalannya waktu, komunitas yang kuat dan resilien ini juga bisa mendongkrak ekonominya,” imbuh Siwon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini