Sukses

Tingkat Kecelakaan Indonesia Tinggi, Kurir Paket Dapat Pelatihan Berkendara

Salah satu kendala yang memengaruhi proses pengiriman paket, yakni kecelakaan di jalan. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dalam dua tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tulang punggung dalam pengiriman paket, keselamatan mitra pengemudi atau kurir merupakan aspek yang tidak bisa diabaikan. Keselamatan ini juga penting dalam hal memberikan layanan berkualitas dan terpercaya kepada pelanggan.

Menyadari pentingnya hal tersebut, Ninja Xpress memperluas program Edukurir di berbagai kota besar di Indonesia. Edukurir bertujuan untuk membekali kurir dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai situasi dan tantangan selama pengiriman.

Salah satu kendala yang memengaruhi proses pengiriman paket, yakni kecelakaan di jalan. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2020, angka kecelakaan di Indonesia tercatat ada 100.028 kasus, tahun 2021 sebanyak 103.645 kasus, dan tahun 2022 sebanyak 137.851 kasus. Dari data tersebut, sebanyak 70% kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor.

Edukurir dihadirkan dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan mitra pengemudi, sekaligus membantu UKM agar dapat mengirimkan paket tepat waktu. Salah satu bagian dari program Edukurir adalah memberikan pelatihan tentang keselamatan berkendara bagi mitra pengemudi Ninja Xpress.

Mereka akan diberikan berbagai pelatihan berkendara, mulai dari teknik mengemudi defensif hingga bagaimana cara melakukan pemeriksaan kendaraan. Tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dan mengedukasi mitra pengemudi tentang pentingnya mengutamakan keselamatan diri dan orang lain di jalan, sehingga dapat mengirimkan paket tepat waktu.

Tingkatkan Keselamatan Pengemudi

Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan sebagai bentuk komitmen Siap Bantu Sampai Tujuan dan upaya untuk meningkatkan keselamatan pengemudi, program Edukurir terus dihadirkan di berbagai kota besar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali hingga Sulawesi.

"Melalui Edukurir, kami berharap dapat mengetahui dan mencari solusi atas kendala yang sering dihadapi oleh mitra pengemudi. Hal ini merupakan bagian dari upaya kami dalam meningkatkan semua aspek layanan pengiriman Ninja Xpress," ungkap dia dikutip Selasa (22/8/2023).

Melalui Edukurir, Ninja Xpress berupaya secara berkesinambungan meningkatkan kualitas layanan pengiriman, serta membantu mitra pengemudi agar dapat menjunjung tinggi keselamatan dan keamanan dalam setiap perjalanan pengiriman mereka.

Selain itu, adanya Edukurir juga diharapkan dapat membantu UKM agar dapat mengirimkan paket tepat waktu dengan aman, sekaligus berkontribusi dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seorang Kurir Sepeda Tewas Usai Diserempet Truk Kontainer di Jakbar

Seorang pria pengantar paket atau kurir berinisial M harus meregang nyawa usai terserempet truk kontainer yang melintas di Jl. Pangeran Tubagus Angke, Jakarta Barat.

Kabar kecelakaan M sempat disampaikan melalui akun instagram @wmswestbike yang menyebut kalau korban tewas saat hendak menuju hub JNE Angke untuk mengambil paket.

"Almarhum yg kita kenang adalah sosok yg sangat humble sekali, bekerja sangat giat dengan sepenuh hati. Sangat menyukai pekerjaannya sambil menikmati kebebasannya diatas sepeda dengan mengarungi perjalannya setiap hari," tulis keterangan tersebut.

Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Diella Kartika Artha pun membenarkan kecelakaan yang menewaskan M. Korban tewas usai diserempet oleh truk yang dikemudikan sopir inisial CB.

"Pada saat Kendaraan Tractor Head dikemudikan oleh saudara CB melaju di Jl. Pangeran Tubagus Angke dari arah Timur ke Barat. Sesampainya di dekat JPO Jelambar Baru menyerempet sepeda kayuh yang dikayuh oleh M yang melaju searah didepan kirinya," kata Diella saat dihubungi, Rabu (28/6/2023).

Akibatnya Madi pun mengalami luka serius pada bagian kepala sampai akhirnya meninggal dunia di tempat. Sementara untuk jenazahnya telah dibawah ke RSUD Tangerang Kabupaten.

"Akibat korban pesepeda saudara M mengalami luka di bagian kepala berdarah meninggal dunia di Tkp. Jenazah dievakuasi ke RSUD Tangerang Kabupaten," katanya.

3 dari 3 halaman

Pelaku Ditangkap

Sementara karena pelaku saat ini telah ditangkap dan kasus ditangani oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Barat. Ia belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait dengan motif dan detail kejadian lainnya.

"Penanganan Satwil Jakbar lebih jelas nya. Untuk penyebab kecelakaan masih dalam proses lidik," kata Diella saat dihubungi, Rabu (28/6/2023).

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.