Sukses

Kemendag Gelar Hari Belanja Online ASEAN di Pertemuan ASEAN Economic Ministers

Harbolnas ASEAN yang diberi tajuk ASEAN Online Sales Day dan merupakan acara sela (side event) dalam perhelatan AEM ke-55.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggagas Hari Belanja Online ASEAN. Mirip dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Hari Belanja Online ASEAN ini akan menampilkan para UMKM dari negara-negara Asia Tenggara.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono menjelaskan, Hari Belanja Online ASEAN ini akan diselengarakan pada saat Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Ministers (AEM ke-55) pada 19 Agustus 2023. 

“Kalau di Indonesia namanya Harbolnas, pasti tahu kan. Jadi hari belanja online nasional, nah ini hari belanja online ASEAN,” kata Djatmiko pada wartawan, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, (18/8/2023).

Harbolnas ASEAN yang diberi tajuk ASEAN Online Sales Day dan merupakan acara sela (side event) dalam perhelatan AEM ke-55. ASEAN Online Sales Day dalam acara kegiatan AEM Ke-55 ini akan menampilkan dari segi dunia nyata ataupun maya.

“Akan ada transaksi, jadi selain tampil di dunia maya, mereka juga akan tampil di dunia nyata. Akan diluncurkan pada tanggal 19 Agustus 2023,” ujar dia.

Sehingga, nantinya hal ini akan menjadi dampak manfaat yang cukup baik untuk para pelaku UMKM dengan memberikan literasi digitalisasi. “Ini menjadi edukasi digitalisasi yang akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian AEM 55

Kemarin bertepatan dengan HUT Ri ke -78 di adakan pertemuan Menteri Ekonomi ke-55 (55th ASEAN Economic Ministers'/AEM) pada 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah. Rangkaian pertemuan AEM ke-55 terdiri atas 19 pertemuan dan 9 kegiatan unggulan dan akan dihadiri para Menteri dan Wakil Menteri dari berbagai negara. 

Djatmiko menyampaikan, apresiasinya dalam pembukaan pertemuan ini kepada para partisipan.

"Apresiasi dari kami mewakili Pak Menteri Perdagangan dan seluruh penjajaran di perjalanan atas, partisipasi dan dukungan orang-orang media yang begitu besar selama ini, termasuk juga untuk kegiatan Keketuaan Indonesia di tahun 2023," kata Djatmiko di Padma Hotel Semarang, Kamis, (17/8/2023).  

Kemudian, Djatmiko mengatakan tepat hari ini sejak 2013 menjadi Ketua Association of South-East Asian Nations (ASEAN), kembali tepat 10 tahun.

"Jadi Indonesia setelah 10 tahun yang lalu, di 2013 juga didapuk sebagai Ketua ASEAnmaka setelah 10 tahun kemudian, persis di tahun 2023, kita juga mendapat giliran untuk menjadi Ketua ASEAN tahun ini," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini