Sukses

Gaya Mendag Pimpin Upacara HUT RI ke-78 Pakai Pakaian Adat Lampung

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas, memimpin acara Upacara Peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas, memimpin acara Upacara Peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Dalam memimpin upacara ini, mendag menggunakan pakaian adat khas Lampung.

“Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga kita bisa mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju pada 2045. Kuncinya adalah kolaborasi. Kita harus terus memperkuat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan, Kamis, (17/8/2023).

Upacara 17 Agustus 2023 juga dihadiri Wamendag Jerry Sambuaga, para pejabat Eselon I dan II, Widyaiswara, staf khusus Menteri Perdagangan, pejabat fungsional utama, peserta angklung yang ikut dalam perolehan Guinness World Records, serta karyawan/karyawati di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Kemudian, di rangkaian upacara tersebut, Sekretaris Jenderal Suhanto mendapatkan Piagam Penghargaan Satya Lencana Wira Karya. Penghargaan ini ialah penghargaan tertinggi untuk pegawai negeri yang diberikan Presiden RI.

Serta, ia juga menyampaikan ucapan terterima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Kemendan dan berharap untuk kemajuan juga Indonesia yang terus berkarya.

“Sepanjang sejarah Kemendag, untuk pertama kalinya pejabat Kemendag mendapatkan penghargaan ini. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan dari Mendag Zulkifli Hasan dan seluruh jajaran di Kemendag. Saya berharap akan terus berkarya dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia,” jelas Suhanto.

Rekor Dunia

Sementara itu, untuk merayakan ulang tahun ke-78 Indonesia, Indonesia memecahkan rekor dunia Guinness World Records untuk pertunjukan angklung terbesar. Rekor pertunjukan angklung ini dihadiri oleh 15.110 orang. Pertunjukan angklung digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (8/5/2023).

Sebagai informasi, amngklung merupakan alat musik tradisional asli Jawa Barat. Angklung merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang telah ditorehkan dan diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya non benda sejak tahun 2010.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Untungkan UMKM

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan, dengan berlakunya pengaturan kebijakan perdagangan secara elektronik (e-commerce) para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan lokapasar (marketplace) akan diuntungkan.

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas setelah kegiatan siaran secara langsung di kantor Shopee Indonesia, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Selain itu, aturan ini akan meningkatkan kecintaan masyarakat menggunakan produk dalam negeri. Kementerian Perdagangan berkomitmen terus memperkuat dan memajukan UMKM serta lokapasar secara optimal dan berkelanjutan.

Disisi lain, ia memandang dengan adanya pengaturan dan penataan yang dilakukan Kemendag bisa berkomitmen dalam memajukan kedepannya dan perkuat UMKM dan pasar lokal yang sangat menguntungkan  untuk negara menjadi maju kedepannya.

"Kemendag mengatur dan menata agar e-commerce dan marketplace secara optimal dapat mengembangkan produk-produk buatan Indonesia. Penataan ini tidak merugikan e-commerce. Kita ingin ekosistem perdagangan melalui e-commerce menguntungkan UMKM dan membuat e-commerce berkembang maju," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Dari sisi pembinaan, Kemendag telah mengembangkan kerja sama UMKM, ritel modern, lokapasar, dan lembaga pembiayaan, termasuk pembiayaan ekspor.

Kemudian, Kemendag mendukung dan kerja sama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yaitu toko/warung tradisional (lokal pasar),  lembaga pembiayaan, dan pembiayaan ekspor serta, tentunya dapat menggerakkan kemajuan.

 

3 dari 3 halaman

Produk Lokal Makin Berkualitas

Disisi lain,  Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) berpesan agar masyarakat tidak sungkan memakai dan membeli produk lokal.

Diakuinya produk lokal kian hari semakin bagus dan berkualitas tidak kalah dengan luar negeri sehingga bisa memajukan negeri tercinta ini bukan memperkaya negara lain.

“Kalau kita ingin menjadi negara maju, kita harus bangga dengan produk buatan Indonesia. Kalau sudah bangga maka, maka produk UMKM, pelaku usaha dalam negeri dapat menyerbu pasar dunia. 

Sehingga, di tahun 2045 akan terwujudnya cita-cita agar Indonesia ini bisa menjadi negara maju.

“Dengan begitu, kita bisa menjadi negara maju pada 2045 sesuai dengan yang dicita-citakan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini