Sukses

Aturan WFH Pegawai BUMN Keluar 2 Pekan Lagi

Anjuran WFH yang dikeluarkan Presiden Jokowi menyusul untuk mengurangi tingkat polusi di Indonesia, terutama untuk wilayah Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dua pekan ke depan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir bakal mengeluarkan aturan Work From Home (WFH). Hal ini untuk menjalankan imbauan Presiden Jokowi soal aturan WFH saat September.

Seperti diketahui, anjuran WFH yang dikeluarkan Presiden Jokowi menyusul untuk mengurangi tingkat polusi di Indonesia, terutama untuk wilayah Jabodetabek.

"Saya lagi review apakah kita perlu WFH, dan kebijakan lain yang friendly bukan hanya di Jakarta tapi di kota lain," ujar Erick Thohir, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menghadiri acara Parade Budaya & Pentas Seni Angklung menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia, Rabu (16/8/2023). 

Ia akan mengumumkan hasil keputusan WFH apakah akan diterapkan kembali atau tidak, pada dua pekan lagi. Mengingat, keputusan besar ini membutuhkan banyak pendapat dari dari berbagai instansi dari BUMN. 

"Saya masih review, mungkin satu sampai dua minggu ke depan akan ada kebijakan (WFH),"katanya.

Namun dirinya mengaku, beberapa hari ini sudah mulai pakai masker saat beraktifitas di luar ruangan. Kementerian BUMN pun sudah mulai melakukan kegiatan ramah lingkungan dalam hal mobilitas di ibukota seperti penggunaan mobil listrik. 

Hal tersebut, lanjut Erick, sudah diberlakukan dalam kurun waktu setahun terakhir. 

"Kami dari kementerian sudah memutuskan, sudah ada peraturan menteri sebenarnya dari 1 tahun lalu, bahwa semua BUMN harus bermigrasi ke kendaraan listrik," tutur Erick. 

Sebab, lanjutnya, mengatakan kalau satu dari beberapa penyebab polusi memburuk adalah penggunaan kendaraan bermotor. Lalu faktor kedua, dia tidak menampik kalau industri juga menyumbang polusi udara di Jabodetabek. 

"Makanya kemarin saya cek PLN dan saya tegur keras, ternyata PLN sejak 2017 sudah menjaga efek dari polusi itu, mereka sudah pasang alat, silahkan tanya Dirut PLN," kata Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atasi Polusi Udara di Jabodetabek, Jokowi Dorong Kantor Terapkan WFH

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sejumlah instruksi kepada jajaran menteri dan kepala daerah terkait buruknya kualitas udara di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Jokowi meminta agar para menteri mendorong kantor untuk menggelar from home (WFH) sebanyak mungkin.

"Jika diperlukan kita harus berani mendorong banyak kantor melaksanakan hybrid working. Work from office, work from home (WFH)," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas Peningkatan Kualitas Udara di Jabodetabek di Istana Merdeka Jakarta, Senin (14/8/2023).

"Mungkin saya enggak tahu nanti dari kesepakatan di rapat terbatas ini apakah 7-5 2-5 atau angka yang lain," sambungnya.

Dia menyampaikan bahwa kualitas udara di Jabodetabek memburuk selama satu pekan terakhir. Bahkan, kualitas udara di Jakarta sempat mendapat predikat terburuk di dunia.

"Tanggal 12 Agustus 2023 yang kemaren kualitas udara di DKI Jakarta di angka 156 dengan keterangan tidak sehat," ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan polusi udara di Jabodetabek. Salah satunya, kemarau panjang selama 3 bulan terakhir yang menyebabkan peningkatan konsentrasi polutan tinggi serta pembuangan emisi dari transportasi.

"Dan juga aktivitas industri di Jabodetabek, terutama yang menggunakan batu bara di sektor industri manufaktur," ujar Jokowi.

Oleh sebab itu, dia menekankan intervensi untuk memperbaiki polusi udara di Jabodetabek. Selain mendorong WFH, Jokowi meminta agar dilakukam rekayasa cuasa untuk memancing hujan di kawasan Jabodetabek untuk intervensi jangka pendek.

"(Kemudian) menerapkan regulasi untuk percepatan penerapan batas emisi, khususnya di Jabodetabek. Kemudian memperbanyak ruang terbuka hijau dan tentu saja ini memerlukan anggaran siapkan anggaran," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Polusi Didominasi Kendaraan

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai, sumber pencemaran kualitas udara alias polusi Jakarta dan sekitarnya masih didominasi oleh sektor transportasi.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro mengatakan, rendahnya kualitas udara Jakarta belakangan ini disebabkan oleh beberapa faktor, dimana sektor transportasi menyumbang sebagian besar emisi.

Dari segi bahan bakar yang digunakan di DKI Jakarta, bahan bakar merupakan sumber utama emisi. Terdiri dari gas 51 persen, minyak 49 persen, dan batu bara 0,42 persen.

Jika dilihat dari sektor-sektornya maka transportasi menyumbang porsi 44 persen, industri 31 persen, industri energi manufaktur 10 persen, perumahan 14 persen, dan komersial 1 persen.

"Peluang terbesar untuk memperbaiki kualitas (udara) adalah dengan memperbaiki sektor transportasi. Baru kemudian alat pengendali pencemaran dari industri," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Senin (14/8/2023).

4 dari 4 halaman

Diperparah Udara Kering dari Timur

Kondisi polisi di Jakarta lantas diperparah dengan adanya siklus udara kering yang datang dari timur setiap Juni-Agustus.

Berdasarkan data ISPU (Index Standar Pencemaran Udara) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di mana tingkat mobilisasi kendaraan rendah, tercatat bahwa adanya penurunan emisi partikulat (PM10) pada 2020 hingga di angka 29,41 mg per Nm3.

Angka ini kemudian meningkat signifikan sebesar 155 persen atau mencapai angka 75 mg per Nm3 pada 2022, dimana PPKM berangsur dilonggarkan.

"Hal ini menjadi bukti bahwa sektor transportasi berperan dalam menyumbang sebagian besar emisi di Jakarta di mana pada periode yang sama pembangkit-pembangkit listrik tetap beroperasi secara penuh," tegas Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.