Sukses

Harga Emas Dunia Siap-Siap Terjun Bebas ke Level Terburuk

Harga emas di pasar spot naik hanya 0,05% menjadi USD 1.912,9246 per ons, setelah menyentuh level terendah sejak 7 Juli sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka AS turun tipis 0,18% menjadi USD 1.945,4.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) berada di jalur untuk minggu terburuk dalam tujuh minggu. Harga emas dunia turun imbas kurs dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat secara keseluruhan dan peningkatan imbal hasil obligasi karena investor mencerna angka inflasi AS terbaru dan menunggu lebih banyak data ekonomi di kemudian hari.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (12/8/2023), harga emas dunia di pasar spot naik hanya 0,05% menjadi USD 1.912,9246 per ons, setelah menyentuh level terendah sejak 7 Juli sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka AS turun tipis 0,18% menjadi USD 1.945,4.

Harga emas batangan telah turun sekitar 1,2% dalam sepekan karena indeks dolar AS dan patokan imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun berada di jalur untuk kenaikan mingguan keempat berturut-turut.

“Investor telah masuk pada level rendah USD 1.900-an ini dan mereka telah menjadi pembeli, tetapi sama halnya, ketika emas menguat, mereka menjadi penjual. Itu membantu membatasi kisaran itu, ”kata Philip Newman, Direktur Pelaksana Metals Focus.

Data pada hari Kamis menunjukkan harga konsumen AS meningkat moderat pada bulan Juli, dengan kenaikan tahunan terkecil dalam inflasi inti dalam hampir dua tahun, mengangkat harapan bahwa Bankl Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) berada di akhir siklus kenaikan suku bunga.

Namun, Presiden dan CEO San Francisco Fed Bank Mary Daly mengatakan bahwa lebih banyak kemajuan diperlukan sebelum dia merasa nyaman bahwa The Fed telah melakukan cukup banyak untuk mengendalikan inflasi.

Fokus sekarang bergeser ke harga produsen AS dan data sentimen konsumen yang akan dirilis hari ini.

 “Investor sangat fokus pada elemen ekspektasi suku bunga, bukan di mana mereka sebenarnya, karena pesan konsisten Fed bahwa itu tidak akan menurunkan suku bunga dan setiap penurunan suku bunga telah didorong hingga 2024,” tambah Newman.

Dampak Suku Bunga ke Harga Emas

Kenaikan suku bunga cenderung mengangkat imbal hasil obligasi dan juga meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Berbeda dengan harga emas, harga perak naik 0,03% menjadi USD 22,6878 per ounce dan harga platinum bertambah 0,52% menjadi USD 911,3083. Sedangkan harga Palladium naik 0,35% menjadi USD 1.291,0424, mengincar minggu terbaiknya sejak pertengahan Juni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Melonjak Usai Rilis Data Inflasi AS

Harga emas naik pada hari Kamis setelah data menunjukkan harga konsumen AS meningkat moderat pada bulan Juli. Data inflasi AS ini memperkuat ekspektasi Federal Reserve berada di akhir siklus kenaikan suku bunga.

Dikutip dari CNBC, Jumat (11/8/2023), harga emas di pasar spot naik 0,1% ke USD 1.915,49 per ons setelah naik sebanyak 0,8% setelah rilis data AS. Harga emas berjangka AS 0,1% lebih rendah pada USD 1.948,9.

Indeks harga konsumen (CPI) naik 0,2% bulan lalu, menyamai kenaikan di bulan Juni, kata Departemen Tenaga Kerja AS. CPI naik 3,2% dalam 12 bulan hingga Juli, naik dari kenaikan 3,0% di bulan Juni, yang merupakan kenaikan tahunan terkecil sejak Maret 2021.

Dolar AS Melemah

"Dengan CPI terus bergerak perlahan turun, itu menandakan kemungkinan kecil kebutuhan Fed untuk terus menaikkan suku bunga, terutama pada pertemuan September," kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

"Akibatnya, kami telah melihat dolar melemah dan imbal hasil turun dan itu adalah lingkungan dasar yang lebih baik untuk pasar emas," tambahnya.

Menyusul data tersebut, dolar AS melemah terhadap para pesaingnya, membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Namun, patokan imbal hasil obligasi 10 tahun AS naik di sesi berombak, menjaga kenaikan emas tetap terkendali.

 

3 dari 3 halaman

Rencana Kenaikan Suku Bunga AS

Menurut Alat FedWatch CME, kemungkinan Fed membiarkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan September sekarang berada di 90,5% dari sekitar 86,5% sebelum data.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Sebuah laporan terpisah dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 21.000 menjadi 248.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 5 Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.