Sukses

BUMN Fest, Jurus Erick Thohir Pupuk Kebersamaan Karyawan Perusahaan Pelat Merah

Menteri BUMN Erick Thohir tengah berfokus membangun kebersamaan diantara para pegawai di perusahaan pelat merah. Salah satu memupuk kebersamaan itu, melalui ajang olahraga antar BUMN atau BUMN Fest.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir tengah berfokus membangun kebersamaan diantara para pegawai di perusahaan pelat merah. Salah satu memupuk kebersamaan itu, melalui ajang olahraga antar BUMN atau BUMN Fest.

"Dalam BUMN Fest 2023 kita hilangkan sekat sekat, dengan mengadakan pertandingan antar klaster, bukan sekedar antar BUMN. Dan namanya pertandingan, pasti ada gesekan, namun pada BUMN Fest ini bisa diselesaikan saat itu juga. Hal ini merupakan semangat persatuan. Dan semoga ini dapat tercermin dalam kegiatan sehari-hari," ujar dia dalam Penutupan BUMN Fest 2023, di Halaman Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

"Kolaborasi harus dibangun, dan jika ada ketidaksepahaman harus segera selesai. Kolaborasi antar BUMN harus tetap dijaga demi menjadi lokomotif perekonomian nasional," sambungnya.

Erick Thohir melanjutkan, roda pembangunan berada di pundak insan BUMN. Sehingga BUMN Fest juga menjadi bagian dari transformasi dalam menciptakan insan BUMN dengan nilai-nilai dasar (core values) BUMN, Akhlak.

"Kalau kita mendorong BUMN menjadi menara gading harus bisa mendorong BUMN naik kelas, membangun BUMN perlu kebersamaan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia BUMN Fest 2023, Gregorius Adi menjelaskan acara ini diikuti oleh 3.209 peserta dan official dari berbagai klaster. BUMN Fest juga berhasil melahirkan juara-juara yang menunjukkan dedikasi dan prestasi luar biasanya di berbagai kompetisi.

"Kompetisi ini berhasil menyatukan seluruh BUMN di lapangan dalam satu semangat kerjasama dan menunjukan talenta talenta yang luar biasa dari insan BUMN" ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja Forum Humas BUMN

Greg menambahkan tim panitia berhasil berkolaborasi dengan baik dan melibatkan insan BUMN terpilih yang tergabung dalam forum humas. Acara ini menurutnya mayoritas menggunakan fasilitas BUMN yang menunjukkan dukungan nyata perusahaan BUMN terhadap acara ini serta upaya untuk memajukan insan BUMN.

Jumlah atlet seluruh cabang olahraga BUMN Fest 2023 terdiri: Sepakbola 420 orang, Tennis lapangan 216 orang, Bulutangkis Putra 285 orang, Bulutangkis Putri 105 orang, Volley Putra 170 orang, orang, Volley Putri 51 orang, Basket Putra 270 orang, Basket Putri 90 orang, Tenis Meja Putra 160 orang, Tenis Meja Putri 60 orang, Zumba 100 orang, E-sport ML 171 orang, E-sport PUBG 104 orang, Cabor Tradisional Bakiak 72 orang, Cabor Tradisional Gobak Sodor 72 orang, dengan total 2.346 orang.

"Kemudian jumlah peserta seluruh cabang seni BUMN FEST 2023 terdiri dari ; Band 189 orang, Vokal Grup 240 orang, Berbalas Pantun 75 orang dengan total 504 orang," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Greg atas nama seluruh panitia menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan BUMN Fest 2023. Dikatakannya, dukungan dan partisipasi dari semua stakeholder adalah kunci utama bagi keberhasilan acara ini. "BUMN Fest 2023 tidak hanya menjadi ajang kompetisi yang meriah, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa perusahaan BUMN berkomitmen untuk menciptakan insan BUMN yang kreatif, berprestasi, dan berakhlak. Semangat kolaborasi dan kebersamaan yang terjalin dalam acara ini akan terus menjadi inspirasi bagi pertumbuhan dan perkembangan BUMN ke depan," pungkas Greg.

 

3 dari 4 halaman

Permasalahan Tak Berlarut Tahunan

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir resmi menutup pekan olahraga di lingkungan perusahaan pelat merah, BUMN Fest. Ada poin menarik yang diambil oleh Erick dari kompetisi tersebut.

Erick menjelaskan, BUMN Fest kali ini diikuti oleh 234 tim dan 3.209 peserta dari 12 klaster dan digelar bukan sebagai kompetisi antar perusahaan. Hal ini disebut jadi cara untuk membangun kebersamaan antar insan BUMN.

"Alhamdulillah acara bisa berjalan lancar, 234 tim 3.200 peserta dari 12 klaster dan yang menarik tentu bagaimana event porseni ini tidak per perusahaan, tapi per klaster, jadi sejak dini mereka punya kebersamaan per klaster," kata dia dalam seremoni Penutupan BUMN Fest, Selasa (1/8/2023).

"Dan tadi saya bercanda ada yang menarik, tadi katanya 'Pak pertandingan ini panas, persaingan gigih, tapi ketika ada perbedaan permaslaahan diselesaikan satu hari, wah luar biasa," sambung dia.

Dia berharap, adanya porseni di lingkungan BUMN ini bisa membangun kebersamaan diantara karyawan BUMN. Menurutnya, ini bisa jadi contoh untuk menyelesaikan berbagai perbedaan dan permasalahan yang ada.

"Jadi kalau ada isu antara BUMN diselesaikan pun sehari seperti pertandingan olahraga gitu, jangan bertahun-tahun, karena kita keluarga besar dan kita harus jadi solusi satu dan lainnya," ujar dia.

Langkah ini, tak lain juga untuk membangun BUMN yang tidak menutup kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pihak swasta.

"Kalau ktia sekarang dorong BUMN (tidak) jadi menara gading, harus bisa bekerja sama dengan swasta, bekerja sama mendorong yang namanya UMKM naik kelas tapi kalau sesama BUMN-nya ada permaslahan gak bicara ya kompleks gitu," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Rekrutmen Bersama BUMN

Lebih lanjut, Erick menerangkan kalau hal yang sama dilakukan melalui Rekrutmen Bersama BUMN. Harapannya, kebersamaan antar karyawan BUMN bisa terjalin sejak awal masuk ke perusahaan.

"Sama, Rekrutmen bumn kita gabungkan juga bersama karena itu biar dari muda mereka sudah punya kebersamaan," kata dia.

"Karena membangun bangsa ini membangun BUMN ini ya perlu kebersamaan. Perbedaan baik, tetapi perbedaan yang bisa diselesaikan dengan solusi yang baik, bukan perbedaan yang jadi perdebatan yang tidak ada habisnya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini