Sukses

Kisah Inspiratif Lee Su-jin, dari Petugas Kebersihan Motel Jadi Miliarder Korea Berharta Rp 17 Triliun

Kesuksesannya juga membantu Lee membangun kekayaannya sendiri. Dia sekarang memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,9 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan seseorang tak pernah terduga. Siapa sangka dari yang awalnya hanya seorang petugas kebersihan motel, salah satu pria swadaya terkaya di dunia asal Korea Lee Su-jin berhasil jadi miliarder berkat bisnis situs pemesanan hotel Yanolja.

Lantas, bagaimana kisahnya?

Melansir CNBC, Kamis (20/7/2023), pendiri dan ketua Yanolja Lee Su-jin memulai kariernya yang menggiurkan di industri perjalanan sebagai petugas kebersihan motel.

Pengalaman tersebut menginspirasinya untuk meluncurkan situs pemesanan hotel Yanolja, yang dalam bahasa Korea “Hei, ayo bermain,” pada 2007. Sekarang bisnisnya itu menjadi aplikasi perjalanan populer, merek tersebut menjadi fenomena global dengan lebih dari 57 juta unduhan, menurut situs webnya.

Kesuksesannya juga membantu Lee membangun kekayaannya sendiri. Dia sekarang memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,9 triliun. Hartanya itu berasal dari kepemilikan hampir sepertiga Yanolja bersama istri dan dua putrinya, menurut Forbes. Dia memulai debutnya di peringkat 50 Terkaya di Korea pada musim semi ini.

Namun, Yanolja lahir karena kebutuhan. Lee menjadi yatim piatu di usia muda dan tinggal bersama anggota keluarga hampir sepanjang masa kecilnya, menurut Bloomberg. Ketika Lee berusia 23 tahun, dia membersihkan kamar di “hotel cinta” - sejenis motel yang dikenal menawarkan akomodasi jangka pendek dengan tarif per jam - dengan imbalan gaji tetap dan tempat tinggal.

“Hari demi hari, saya merasa celaka tetapi tetap bertahan,” ujar Lee yang sekarang berusia 45 tahun. “Rasanya seperti mimpi sekarang.”

Investasi

Dia menyimpan uangnya, berinvestasi dalam saham, dan bahkan memulai bisnis salad, menurut Bloomberg. Ketika perusahaan itu gagal, dia kembali ke perhotelan.

Mengingat keterjangkauannya, hotel cinta menjadi tempat yang aman bagi pekerja seks di awal 2000-an dan stigma tersebut berdampak buruk bagi bisnis, kata CEO Yanolja Kim Jong-yoon kepada CNBC Make It pada 2019. Ketika Korea Selatan mengeluarkan undang-undang anti-prostitusi pada 2004, Lee khawatir motel yang memberinya keamanan akan bangkrut.

Jadi, dia memutuskan untuk mengubah nama hotel cinta. Dia membuat platform ulasan hotel pada 2005, yang menjadi Yanolja dua tahun kemudian. Tujuannya adalah memodernisasi hotel dan meyakinkan pasangan muda dan pelancong bahwa mereka aman, nyaman, dan hemat biaya.

“Jika semua motel mengandalkan cinta, mereka akan mati kelaparan,” kata Lee kepada Bloomberg.

Kim mengatakan pekerjaan kebersihan Lee, di mana dia bisa mengamati pengalaman para tamu di hotel cinta, sebenarnya menguntungkan. Dia berkata bahwa Ini memberinya kaki dalam menyesuaikan platform dengan konsumennya. “Menurut saya pengalaman semacam itu sangat, sangat membantu untuk memahami sifat industri ini,” kata Kim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Bisnis

Pada Juni 2019, Yanolja menjadi startup “unicorn” kedelapan Korea Selatan dengan mencapai valuasi lebih dari USD 1 miliar selama putaran pendanaan.

Dua tahun kemudian, perusahaan investasi SoftBank Vision Fund 2 membeli saham minoritas di Yanolja seharga USD 1,7 miliar dengan penilaian USD 6,7 miliar, menurut Forbes.

Kesepakatan dengan SoftBank memicu spekulasi luas tentang potensi penawaran umum perdana untuk Yanolja. Namun, perusahaan tersebut belum go public, dan Kim bahkan mengatakan dalam siaran pers Juli 2022 bahwa Yanolja tidak terburu-buru mengumumkan IPO dengan industri perhotelan yang masih belum pulih dari puncak pandemi Covid-19.

Perusahaan telah berkembang jauh melampaui pemesanan perjalanan, setelah meluncurkan Yanolja Cloud, perangkat lunak kecerdasan buatannya sendiri untuk platform perhotelan dan rekreasi lainnya, pada 2021. Sekarang, 19 juta pengguna gabungan menggunakan platform perangkat lunak Yanolja untuk operasi pemesanan, perjalanan, dan manajemen property, menurut situs web perusahaan.

Jangkauan itu adalah sesuatu yang bisa dibanggakan, kata Kim kepada Reuters pada 2019. Akan tetapi, perusahaan juga mencapai tujuan Lee untuk mengubah budaya dan persepsi hotel cinta.

“Sebelumnya, banyak orang tidak bisa pergi ke motel karena malu,” kata Kim. “Tapi kami telah menarik tamu bahkan untuk bepergian. Itu adalah perubahan terbesar.”

 

 

3 dari 4 halaman

Intip Kekayaan Ong Beng Seng, Miliarder Singapura yang Diduga Terseret Kasus Korupsi

Penyelidikan korupsi paling serius di Singapura sejak 1980-an telah menjerat seorang miliarder yang terkenal karena membawa ajang balapan Formula Satu ke Singapura.

Dikutip dari laman Time, Minggu (16/7/2023), ini adalah kontroversi kedua bagi taipan properti dan pengusaha perhotelan Ong Beng Seng (77). Ia mendapatkan surat perintah penangkapan sehubungan dengan penyelidikan yang melibatkan menteri transporasi S.Iswaran.

Lalu Siapakah Ong Beng Seng? Berapa Kekayaan Bersihnya?

Ong Beng Seng juga menjabat sebagai direktur pelaksana Hotel Properties Limited (HPL), dan dikenal membawa balapan Formula Satu pada 2008. Ia memiliki kekayaan sekitar 1 miliar dolar Singapura atau sekitar Rp 11,33 triliun (asumsi kurs Rp 11.334 dolar Singapura, berdasarkan indeks Bloomberg Billionaires.

Akan tetapi, berdasarkan data Forbes, Onng Beng Seng bersama sang istri Christina Ong mencatat kekayaan USD 1,75 miliar atau sekitar Rp 26,2 triliun (asumsi kurs 14.972 per dolar AS) pada September 2022. Pada 2022, Ong Beng Seng dan istri berada di posisi 24 dari 50 jajaran orang terkaya di Singapura.

Apa Keterlibatan Ong Beng Seng yang terjerat kasus tersebut?

Pengusaha Ong Beng Seng diminta keterangan oleh biro antikorupsi Singapura mengenai hubungannya dengan Iswaran, menurut keterbukaan informasi HPL.

Taipan tersebut membayar jaminan 100 ribu dolar Singapura, bekerja sama dengan penyelidikan dan akan melanjutkan tugasnya sebagai direktur pelaksana HPL, berdasarkan keterbukaan informasi.

Singapore GP Pte milik Ong dan agen pariwisata negara tersebut pada 2022 mendapatkan perpanjangan untuk menjadi tuan rumah balapan hingga 2028. Iswaran dipuji karena memainkan peran kunci dalam upaya kota tersebut menjadi tuan rumah grand prix. 

4 dari 4 halaman

Apa Saja Bisnis Ong Beng Seng?

Hotel Properties memiliki Four Seasons Hotel & Resorts di Maladewa, Seychelles dan Singapura. Hotel Properties juga mengembangkan kondominium mewah seperti Burlington Gate di Mayfair, London dan Nassim Jade di Singapura.

Tahun lalu, sebuah konsorsium yang dipimpin Ong dan Temasek Holdings Pte memenangkan penawaran untuk membeli aset properti. Pada 2003, Ong dan taipan Oei Hong Leong terlibat dalam perseteruan atas pabrik baja NatSteel Ltd.

Pada 1999, Ong bersama dengan Pangeran Saudi Alwaleed bin Talal dan lainnya membantu membiayai restrukturisasi Planet Hollywood International Inc. Jaringan tersebut operasikan sekitar 80 restoran bertema film yang dipromosikan dan sebagian dimiliki oleh Bruce Wills, Arnold Scwarzeneger, dan bintang lainnya.

Saham HPL Merosot

Dikutip dari Strait Times, saham Hotel Properties Limited (HPL) tergelincir 6 persen pada Jumat pagi, 14 Juli 2023 setelah perusahaan mengatakan ada pemberitahuan penangkapan direktur pelaksana Ong Beng Seng.

Saham HPL ditutup melemah 2,59 persen menjadi 3,76 dolar Singapura. Saham HPL dibuka turun 7 persen menjadi 3,6 dolar Singapura, dan  sempat menguat ke 3,78 dolar Singapura.

Berdasarkan keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Singapura, HPL mengatakan, kalau Ong Beng Seng membantu CPIB dalam penyelidikannya sehubungan keterlibatan dengan Menteri Transportasi S.Iswaran. Tidak ada tuntutan yang diajukan terhadap Ong Beng Seng yang keluar dengan jaminan 100 ribu dolar Singapura.

Sementara itu, Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyampaikan kalau Iswaran mengambil cuti sampai penyelidikan selesai. “Ini reaksi spontan atas pemberitahuan penangkapan Ong,” ujar seorang pialang saham seiring jatuhnya harga saham HPL. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini