Sukses

Jokowi Reshuffle Kabinet Hari Ini, Nama Rosan Roeslani Dikabarkan Jadi Wamen BUMN

Salah satu nama yang beredar bakal dilantik pada Reshuffle Kabinet hari ini adalah Rosan Roeslani. Nama Rosan terbesar bakal diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Senin (17/7/2023).

Reshuffle Kabinet oleh Jokowi ini dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin. "Benar, besok (Senin) pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden," kata dia.

Salah satu nama yang beredar bakal dilantik pada hari ini adalah Rosan Roeslani. Nama Rosan terbesar bakal diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN, menggantikan Pahala Mansury yang bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Liputan6.com telah coba menghubungi Rosan guna meminta konfirmasi kabar tersebut, namun belum mendapat jawaban.

Adapun sosok yang memiliki nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani merupakan Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 yang memulai jabatannya di Washington DC sejak Desember 2021.

Sebelum menjadi dubes, Rosan bukan sosok asing di kalangan pebisnis. Dia memulai karirnya sebagai pengusaha dengan mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.

Perusahaan penasihat keuangan itu kemudian bertransformasi jadi Recapital Group, perusahaan besar yang mengurusi kerjasama strategis, manajemen aset keuangan, hingga investor.

Selain berbisnis, Rosan pun aktif dalam lingkup organisasi. Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga jadi pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia periode 2010-2015.

Puncaknya, Rosan terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021.

Tak hanya di Indonesia, kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Di luar dunia bisnis, Rosan pun sempat terjun ke ajang politik. Ia bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye pilpres 2019-2024 bersama Bahlil Lahadalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beredar Isu Reshuffle Kabinet, Ketum Projo Budi Arie Dikabarkan Ditunjuk Jadi Menkominfo

Beredar sebuah undangan yang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik menteri di Istana Negara Jakarta, Senin 17 Juli 2023 pukul 10.00 WIB. Nama Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi dikabarkan akan dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi Arie sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes). Budi Arie mengatakan dirinya menunggu pengumuman dari Presiden Jokowi.

"Kami menunggu pengumuman dari Presiden. Karena itu hak preogratif Presiden," kata Budi Arie saat dikonfirmasi, Minggu (16/7/2023).

Selain Budi Arie, Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku sudah mengantongi nama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif pengganti Johnny G.Plate yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi. Dia masih menunggu hari yang tepat untuk melantik Menkominfo.

"Udah (namanya). Tapi nunggu," kata Jokowi di Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Nunggu hari," sambungnya

Adapun posisi Menkominfo saat ini dijabat Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Jokowi sendiri tak mengungkapkan siapa sosok yang akan mengisi posisi Menkominfo.

"Belum belum. Nanti kalau sudah waktunya akan segera diselesaikan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Dikabarkan Lantik Pejabat Lain

Selain itu, beredar juga kabar sejumlah pejabat yang akan dilantik yakni, Nezar Patria sebagai Wakil Menkominfo, Paiman Raharjo sebagai Wamenses. Kemudian, Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Rosan Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN, dan Djan Farid sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Sementara itu, pihak Istana membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik pejabat negara di Istana Negara Jakarta, Senin 17 Juli 2023. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden," kata Bey kepada wartawan, Minggu (16/7/2023).

Namun, dia enggan menyebut siapa saja sosok pejabat yang akan dilantik Jokowi. Bey juga tak mengungkapkan apakah pejabat tersebut dilantik untuk jabatan menteri.

"Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini