Sukses

Bukan AS, Ini 10 Negara dengan Inflasi Tertinggi di Dunia

Beberapa negara, termasuk Venezuela, Argentina, dan Sudan telah dibebani dengan biaya yang meroket selama beberapa dekade.

Liputan6.com, Jakarta Inflasi di Amerika Serikat mungkin telah mereda dalam beberapa bulan terakhir. Menurut Indeks Harga Konsumen, inflasi memuncak di atas  9 persen musim panas lalu dan turun menjadi 4 persen Mei ini.

Akan tetapi, bahkan pada kondisi terburuknya, kenaikan harga hanyalah penurunan dibandingkan dengan apa yang telah dialami oleh orang-orang di beberapa negara yang kurang berkembang selama bertahun-tahun.

Beberapa negara, termasuk Venezuela, Argentina, dan Sudan telah dibebani dengan biaya yang meroket selama beberapa dekade. Tahun lalu, harga konsumen di Venezuela lebih dari empat kali lebih tinggi dari tahun sebelumnya, sementara di Argentina hampir dua kali lebih tinggi dari tahun 2021, menurut data dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Melansir CNN, Selasa (11/7/2023), berikut ini 10 negara dengan inflasi tertinggi di 2022.

  1. Venezuela 310 persen
  2. Zimbabwe 244 persen
  3. Argentina 95 persen
  4. Sudan 87 persen
  5. Turki 64 persen
  6. Sri Lanka 57 persen
  7. Suriname 55 persen
  8. Ghana 54 persen
  9. Iran 50 persen
  10. South Sudan 41 persen

Sebagai perbandingan, inflasi tertinggi yang pernah dialami beberapa generasi orang Amerika – baik milenial maupun generasi Z – adalah pada tahun-tahun sebelumnya, menurut data IMF. Sejak 1982, awal generasi milenial, inflasi tahunan di AS rata-rata 2,9 persen dan hanya enam kali mencapai 4 persen, termasuk krisis keuangan 2007-2008 dan setelah pandemi Covid-19.

Di negara maju secara keseluruhan, inflasi rata-rata 2,4 persen sejak 1990-an – data agregat paling awal yang dimiliki IMF. Namun, periode inflasi yang sangat rendah berakhir pada 2021 karena faktor-faktor termasuk pandemi dan invasi Rusia ke Ukraina, menurut penelitian Federal Reserve. Pada 2021, inflasi di negara-negara maju – di antaranya negara-negara Uni Eropa, Inggris, dan AS – naik menjadi 5,3 persen, kemudian menjadi 7,3 persen pada 2022.

Sementara inflasi Venezuela terus berlanjut setidaknya sejak 1980-an, menurut data IMF, belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir. Negara Amerika Latin mengalami hiperinflasi lebih dari 130.000 persen pada 2018, ketika pemerintah harus membuat mata uang baru, Bolivar Soberano, senilai 100.000 bolivar lama, untuk menyederhanakan transaksi. Harga Coca-Cola bisa naik dari 2.800.000 bolivar "lama" menjadi 28 bolivar "baru".

Pada 2022, inflasi Venezuela masih 310 persen, tertinggi di dunia pada tahun itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbas Dari Inflasi

Pensiunan dan pekerja sektor publik di negara itu paling terpengaruh, kata Andrés Guevara, profesor ekonomi di Universitas Katolik Andrés Bello di Caracas dan CEO Omnis, sebuah konsultan. Negara membayar pensiun dan gaji pegawai negeri dalam mata uang lokal, sehingga bolivar mendevaluasi "kehilangan daya beli dan secara besar-besaran memiskinkan sektor-sektor populasi ini," katanya kepada CNN.

“Saya hanya bisa membeli sepotong keju dengan uang pensiun,” kata pensiunan Venezuela Nelson Sánchez kepada CNN. Dia menerima bantuan dari anak-anaknya. “Saya butuh banyak waktu untuk menyesuaikan diri,” kata Sanchez, yang setelah 50 tahun bekerja mulai menerima uang dari keluarganya.

Sementara itu, ketika harga naik di Argentina, upah meningkat lebih sering. “Ada serikat pekerja di beberapa sektor ekonomi yang meminta revisi setiap dua bulan,” kata Emiliano Anselmi, kepala ekonom di Portfolio Personal Inversiones, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Buenos Aires.

Efek lain dari inflasi adalah orang membelanjakan uang mereka sesegera mungkin. “Karena semuanya akan lebih mahal besok, orang membelanjakan uang mereka begitu mereka menerimanya, meningkatkan inflasi,” kata Anselmi kepada CNN.

Di ekonomi yang terkena dampak, kredit dibatasi, terutama bagi mereka yang kurang mampu. “Pasar kredit tidak ada di Argentina. Kalau mau beli rumah, kumpulkan dolar demi dolar dan bayar sekaligus,” kata Anselmi.

 

3 dari 3 halaman

Kurs Dolar AS

Ketika pemerintah bergulat dengan keuangan, orang-orang telah menemukan cara untuk mengatasi keadaan ini. Salah satu solusi paling umum adalah menggunakan mata uang yang lebih stabil, khususnya dolar AS.

Menggunakan mata uang AS untuk transaksi adalah hal biasa di Venezuela karena orang tidak mempercayai mata uang lokal yang mudah berubah, menurut Guevara. “Telah terjadi dolarisasi faktual ekonomi Venezuela,” katanya.

Meningkatkan inflasi di Venezuela membutuhkan institusi yang lebih baik dengan lebih banyak transparansi, kata Guevara.

“Tidak ada kepercayaan, tidak ada aturan hukum dan landasan kelembagaan cukup lemah. Itu akar permasalahannya,” kata dia.

Dalam kasus Argentina, Anselmi yakin bahwa setelah pemilu 2024, pemerintahan baru perlu menerapkan rencana stabilisasi untuk mengurangi defisit dan inflasi. Rencana tersebut bisa berarti peningkatan kemiskinan dan konflik sosial, terutama dalam enam bulan pertama.

“Pada 2024, hanya darah, keringat, dan air mata yang menunggu Argentina,” katanya kepada CNN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.