Sukses

5 Fakta TREASURE, Boyband Besutan YG Entertainment yang Gandeng Columbia Records Garap Pasar Amerika Serikat

Kerja sama YG Entertainment dan Columbia Recourds menandai boyband asal Korea Selatan TREASURE untuk garap pasar barat terutama di Amerika Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Grup boyband asal Korea Selatan TREASURE menjadi salah satu boyband K-pop terbaru yang menandatangani antara label Korea Selatan dan Amerika Serikat. Penandatanganan ini menjadi awal menarik bagi TREASURE dan manajemen YG Entertainment serta label Korea Selatan.

Mengutip dari Forbes, ditulis Selasa (4/7/2023), YG Entertainment yang menaungi selebritas BIGBANG, BLACKPINK, WINNER dan AKMU mengatakan, boyband TREASURE telah menjalin kemitraan dengn Columbia Records, perusahaan rekaman musik asal Amerika Serikat. Kerja sama ini menandai awal grup tersebut fokus ke barat.

YG Entertainment menyampaikan label Sony Music akan menyediakan dukungan menyeluruh untuk boyband yang beranggotakan 10 orang itu dalam distribusi dan promosi. Dengan kemitraan itu grup tersebut hadir di media Amerika Serikat dan memiliki album fisik mereka, tersedia di ritel besar yang seharusnya dapat menempatkan mereka di lebih banyak tangga lagu Billboard.

"TREASURE akan terlahir kembali,” ujar YG Entertainment General Producer Yang Hyun-Suk dalam siaran pers dikutip dari Forbes.

Baru-baru ini Columbia Records telah bergabung untuk single TREASURE yang dirilis “MOVE”, salah satu rilis khusus yang dibawakan Yoon Jae Hyuk, Jihoon, Junkyu, Doyoung dan So Jung Hwan, atau dikenal dengan T5  pada pekan lalu untuk fokus track global.

Berikut sejumlah fakta-fakta terkait TREASURE yang menandatangani kemitraan dengan Columbia Records:

Profil

TREASURE merupakan boyband terbaru di bawah YG Entertainment. Awalnya dibentuk pada 2019 melalui acara kompetisi menyanyi YG Treasure Box dengan 13 anggota. Saat ini terdiri dari 10 anggota.

TREASURE resmi mencetak hit pada Agustus 2020 dengan single “Boy”. Single tersebut telah ditonton 120 juta di YouTube dan masuk 10 besar di Billboard’s World Digital Song. Sejak saat itu meraih beberapa album yang memuncaki tangga lagu di Korea Selatan dan Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Pembentukan

Grup ini dipimpin oleh Choi Hyun Suk dan Jihoon bersama anggota Yoshi, Junkyu, Yoon Jae Hyuk, Asahi, Doyoung, Haruto, Park Jeong Woo dan So Jung Hwan.

Sebelumnya ide pembentukan grup ini ada 13 anggota yang dibagi menjadi dua unit yaitu Treasure dan Magnum. Setelah debut mereka tertunda beberapa kali, dan Yoonbin meninggalkan grup, mengumumkan pada awal 2020 kalau debut mereka sebagai TREASURE dengan 12 anggota.

Single Dadari Viral

Sejumlah single boyband ini menyita perhatian. Single TREASURE yang berbeda dalam bahasa Korea Selatan dan Jepang telah naik dalam tangga lagu di seluruh wilayah. Single Jikjin pada 2022 masuk dalam chart tertinggi di chart Billboard Global 200 dengan berada di peringkat 110.

Sementara itu, track b-side “Dadari” menjadi hal yang tidak terduga. Lagu tersebut viral di TikTok dan platform media sosial lainnya dan hasilkan lebih dari 180 juta streaming di seluruh platform dan lebih dari dua kali mendengarkan lagu TREASURE teratas lainnya.

Potensi TREASURE dinilai telah terbukti sejak pertama kali dibentuk dalam Treasure Box dengan anggota yang mewakili Korea Selatan dan Jepang yang dapat berbicara bahasa Korea Selatan, Jepang dan Inggris.

3 dari 4 halaman

Kesepakatan YG dan Columbia Records yang Berbeda

Sepanjang sejarah, YG Entertainment telah bekerja dengan berbagai label untuk artisnya tetapi hanya bekerja dengan dua label besar yakni Universal Music Group dan Warner Music Grup.

Sebelumnya, YG telah menandatangani kesepakatan label dan distribusi Amerika Serikat untuk BLACKPINK yang ditandatangani Interscope Records di bawah Universal Music grup di Amerika Serikat, serta bertindak di label anak perusahaannya The Black Label termasuk Taeyang, Jeon Somi, Bryan Chase dan Lorean (sebelumnya tiga pihak semuanya juga menandatangani dengan Interscope Records, sedangkan Loren bermitra dengan 88rising yang didistribusikan oleh grup Warner Music).

Bermitra langsung dengan Sony di Amerika Serikat

Penandatangan TREASURE dengan Columbia Records menandai pertama kalinya YG bermitra dengan Sony di Amerika Serikat. Selain itu, ini menandai penandatanganan artis K-pop kedua oleh Columbia pada 2023 setelah dengan grup IVE, sebagai bagian kemitraan baru dengan distributor Korea Kakao Entertainment.

Dikutip dari Antara, Columbia Records adalah label rekaman di bawah Sony Music Entertaiment yang sukses berkolaborasi dengan artis K-pop lainnya, salah satunya BTS. Columbia Record akan mendukung TREASURE dengan promosi termasuk distribusi album di pasar Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Sebutan Fans TREASURE

Mengutip laman Teen Vogue dalam artikel pada 7 Agustus 2020, secara resmi penggemar TREASURE disebut Treasure Makers, dan anggota menyebutkan penggemar mereka sebagai Teume, singkatnya.

Apa yang Menonjol dari TREASURE?

TREASURE termasuk grup besar seperti Seventeen dan The Boyz. YG pun belum pernah mendebutkan grup sebesar ini. Dengan single debut Boy dinilai membawa musik yang penuh warna, konsep segar dan koreografi yang tersinkronisasi.

TREASURE juga berharap sukses besar di pasar Asia dengan empat anggota berasal dari Jepang yang pertama untuk YG. Rapper Haruto menjadi favorit penggemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.