Sukses

Naik LRT Jakarta Cuma Bayar Rp 1, Berlaku Besok 22 Juni 2023 saat Ulang Tahun Jakarta

Dalam rangka menyambut HUT Jakarta ke-496 LRT Jakarta memberikan promo tarif perjalanan menggunakan moda transportasi LRT Jakarta. Pada 22 Juni 2023, besok, masyarakat yang naik LRT Jakarta cukup membayar tarif Rp 1.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyambut HUT Jakarta ke-496 LRT Jakarta memberikan promo tarif perjalanan menggunakan moda transportasi LRT Jakarta. Pada 22 Juni 2023, besok, masyarakat yang naik LRT Jakarta cukup membayar tarif Rp 1.

Hal tersebut disampaikan pengelola LRT Jakarta melalui akun Instagram @lrtjkt.

"Sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pehubungan Provinsi DKI Jakarta (e-0078 Tahun 2023), Demi menyemarakkan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta (@dkijakarta) yang ke-496 tahun, khusus Sahabat yang #NaikLRTJ pada tanggal 22 Juni 2023 cuma bayar Rp1,- lho dengan minimum saldo Rp1!!! Wah, seru banget kan?" tulis LRT Jakarta di akun Instagram-nya, Rabu (21/6/2023).

LRT Jakarta menjelaskan, tarif promo LRT Jakarta Rp 1 tersebut berlaku selama 1 hari yaitu pada 22 Juni 2023 mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB atau tepatnya pada hari ulang tahun Jakarta.

Untuk pembayarannya, kartu uang elektronik (KUE) atau aplikasi uang elektronik seperti Flazz, E-Money serta aplikasi LinkAja atau JakLingko Apps.

"Pembayarannya sangat mudah lho. Kamu bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, Flazz, E-Money, Brizzi dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa gunakan aplikasi LinkAja atau JakLingko Apps pada smartphone masing-masing," tutup LRT Jakarta.

Kereta Cepat Jakarta Bandung dan LRT Jabodebek Meluncur 18 Agustus 2023

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo memastikan dua transportasi berbasis rel akan meluncur pada 18 Agustus 2023 mendatang. Keduanya yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek.

Sebelumnya, dikabarkan kalau LRT Jabodebek dan KCJB akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) satu hari setelah HUT ke-78 Republik Indonesia. Jokowi juga disebut akan langsung menjajal LRT dan kereta cepat Jakarta Bandung tersebut.

"Ini salah satu yang akan kita launching nanti 18 agustus adalah LRT dan Kereta Cepat," ujarnya dalam Perayaan Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI, di Jakarta, Senin (19/6/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelayanan Publik

Menurutnya, keduanya akan terintegrasi dengan tujuan memberikan pelayanan publik. Informasi, nantinya akan terkoneksi dengan stasiun Dukuh Atas. Pada saat yang sama, juga akan terintegrasi dengan TransJakarta yang sebagian besar dioperasikan oleh Perum PPD.

"Untuk itu kita bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan bagaimana konektivitas antara intermoda memberikan layanan optimal, juga memberikan kemudahan bagi masyarakat, tapi juga meningkatkan pendapatan perusahaan," urainya.

Sejalan dengan itu, pria yang karib disapa Tiko ini menyebut langkah integrasi juga masuk ke sistem ticketing. Dimana titik beratnya ada pada digitalisasi yang diterapkan.

"Sehingga masyarakat memilih kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Ini sebenarnya tujuan akhir yang kita harapkan. Intinya masyarakat lebih nyaman memilih kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Seperti di negara maju Singapura, Jepang dan sebagainya," bebernya.

"Dari sisi operasional tentunya kita membutuhkan proses percepatan untuk efisiensi," tambah Tiko.

 

3 dari 4 halaman

Tantangan Transportasi

Lebih lanjut, Tiko menuturkan ada tantangan dalam mengembangkan sektor transportasi, termasuk pada transportasi darat yang jadi sasaran Perum Damri.

Salah satu yang diungkitnya adalah upaya untuk memberikan rute-rute yang bisa diakses masyarakat, tapi juga memberikan keuntungan bagi pengelolanya.

"Tentunya di sisi transportasi darat tantangan terbesar kita bagaimana membangun aset berkualitas dengan layanan rute-rute yang profitable dan juga membangun konektivitas intermoda. kita tau baru di tahun-tahun terakhir ini kita melakukan percepatan intermoda antara lain kereta api, airport, pelindo dan sebagainya," ujarnya.

Pada saat yang sama, tantangan juga terjadi untuk sektor pengembangan sumber daya manusia (SDM). "Saya rasa ini launching yang baik di mana kita membangun kebersamaan dan kita bahu membahu untuk membangun damri yang lebih maju dan lebih baik ke depan," harapnya.

4 dari 4 halaman

Jelang Soft Launching, LRT Jabodebek Gelar Sosialiasi ke Masyarakat

Dalam rangka mengenalkan LRT Jabodebek yang rencananya akan melaksanakan soft launching pada 12 Juli 2023, PT KAI Divisi LRT Jabodebek menyelenggarakan Pameran LRT Jabodebek Coming Soon.

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Taman Fatahillah, Jakarta Barat, pada tanggal 13 s.d 15 Juni 2023 mulai pukul 15.00-21.00 dan dapat diikuti secara gratis oleh masyarakat.

Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyampaikan Pameran LRT Jabodebek Coming Soon bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengenalkan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi baru dan alternatif pilihan untuk mengurangi kemacetan di wilayah Jakarta & sekitarnya.

“Pameran LRT Jabodebek Coming Soon ini merupakan ajang sosialisasi yang penting kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya agar aware akan kehadiran dan keunggulan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan dapat mengurangi kemacetan di wilayah Jabodebek,” ujar Kuswardojo, 

Agar dapat memberikan pengalaman dan gambarangan mengenai LRT Jabodebek, masyarakat dapat melihat mockup LRT Jabodebek pada Pameran LRT Jabodebek Coming Soon.

Masyarakat juga dapat menggali informasi terkait LRT Jabodebek lebih dalam karena ada petugas yang siap untuk memberikan informasi di booth Pameran LRT Jabodebek Coming Soon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini