Sukses

Cara Cek Nomor Rekening Aman atau Tidak Agar Terhindar dari Penipuan

CekRekening.id merupakan situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan laman cekrekening.id untuk mengecek rekening aman atau tidaknya dari penipuan. Masyarakat perlu tahu terlebih bagi yang sering bertransaksi online. Hal ini demi memastikan ulang penerima tidak pernah terindikasi melakukan penipuan.

Lantas, bagaimana cara cek rekening?

Mengutip informasi dari laman cekrekening.id, Jumat (9/6/2023), CekRekening.id merupakan situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.

Pada portal tersebut, tersedia tiga layanan. Adapun ketiga layanan tersebut antara lain menu Periksa Rekening untuk mengecek nomor rekening sebelum bertransaksi online, Daftarkan Rekening untuk daftar dan verifikasi nomor rekening, dan Laporkan Rekening untuk melaporkan nomor rekening yang mencurigakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah cara cek rekening aman atau tidak seperti rangkuman Liputan6.com:

  1. Pertama, akses portal https://cekrekening.id/
  2. Kemudian pilih menu Periksa Rekening untuk mengecek nomor rekening
  3. Klik Cek Sekarang
  4. Lalu pilih jenis akun Bank atau E-Wallet
  5. Selanjutnya pilih nama bank
  6. Setelah itu masukkan nomor rekening yang ingin diperiksa
  7. Klik Terakhir Cek Sekarang

Selanjutnya apabila nomor rekening aman akan muncul keterangan yang diperpanjang Nomor Rekening Belum Pernah Dilaporkan Terkait Tindak Penipuan Apapun.

Sebab, nomor rekening yang belum pernah dilaporkan tidak serta merta mengindikasi nomor rekening tersebut aman dan terpercaya. Jadi, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dalam melakukan transaksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Modus Pembobolan Rekening Bank Makin Beragam, Simak Tips Biar Tak Kecolongan

Modus kejahatan perbankan selalu mengintai yang memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi. Agar rekeningmu tetap aman dan terhindar dari pembobolan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips menjaga keamanan rekening.

Dilansir dari keterangan OJK, Jumat (27/1/2023), berikut tips menjaga keamanan rekening:

Pertama, aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening kamu baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan kenomor telepon yangterdaftar di rekening tersebut.

Kedua, cek histori rekening atau saldo secara berkala. Kamu dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

Ketiga, untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular kamu dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Keempat, gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

Kelima, jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PINrekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

Keenam, berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini