Sukses

Peserta Rekrutmen Bersama BUMN Wajib Ikut Trial Test? Begini Penjelasannya

Tes Online Tahap 1 untuk pelamar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 lulusan D-III, D-IV/S-1, S-2, dijadwalkan pada 12 Juni hingga 20 Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Rekrutmen Bersama BUMN 2023 akan segera memasuki tahap tahap tes online pada 12 Juni mendatang.

Sebagai informasi, Tes Online Tahap 1 untuk pelamar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 lulusan D-III, D-IV/S-1, S-2, dijadwalkan pada 12 Juni hingga 20 Juni mendatang.

Tes online dalam Rekrutmen Bersama BUMN mencakup Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes AKHLAK untuk lulusan SMA/Sederajat.

Sebelum test online diselenggarakan, akan ada trial test untuk peserta. Namun, apakah trial test bersifat wajib?

Melansir laman resmi Rekrutmen Bersama BUMN, rekrutmenbersama.fhcibumn.id Jumat (9/6/2023) disebutkan bahwa trial test direkomendasikan untuk mengetahui persiapan peserta.

"Kami merekomendasikan agar Anda mengikuti trial test sebagai bentuk persiapan peserta. Apabila peserta tidak mengikuti trial test, peserta masih bisa mengikuti tes online sesuai dengan jadwal yang tertera," demikian tertulis di laman Rekrutmen Bersama BUMN.

Tetapi apakah peserta tetap boleh mengikuti tes online jika tidak mengikuti trial?

FHCI BUMN mengatakan, peserta tetap dapat mengikuti tes online sesuai dengan jadwal yang sudah tertera pada Kotak Masuk atau email.

"Pastikan perangkat dan jaringan yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi yang diminta demi kenyamanan peserta ketika mengerjakan soal tes," jelasnya.

Terkait perangkat dan jaringan yang digunakan untuk trial test berbeda dengan tes online, peserta dapat menggunakan perangkat dan jaringan yang berbeda. Pastikan perangkat dan jaringan yang digunakan ketika tes online sudah memenuhi spesifikasi yang diminta demi kenyamanan peserta dalam mengerjakan soal tes.

Selain itu, peserta Rekrutmen BUMN juga akan diberikan instruksi pengerjaan soal dan contoh soal pada masing-masing subtes di bagian awal sebelum mengerjakan soal yang sebenarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN Dijadwalkan 12 Juni 2023, Siapkan 4 Hal Ini

Sebelumnya, melalui akun Instagram resminya @fhci.bumn, FHCI BUMN membagikan tips untuk melakukan persiapan awal sebelum menjalani tes online dalam Rekrutmen BUMN ini.

"Check dan Pastikan akun RBB kamu sudah siap, perhatikan hal-hal seperti: Username dan Password, Cek Notifikasi e-mail, Perhatikan jadwal Trial Test & Online Test, Cek dashboard RBB di menu Lamaran Saya dan menu Kotak Masuk," tulis FHCI BUMN di Instagram, dikutip Selasa (6/6/2023).

Persiapan pertama, cek akun RBB. Pastikan email dan password akun sudah benar. Jika ada ketidaksesuaian, silakan segera melapor ke layanan helpdesk RBB.

Kedua, cek notifikasi email. Pastikan mendapatkan akun tes berupa username dan password yang dikirimkan melalui email terdaftar pada akun RBB.

3 dari 4 halaman

Persiapan Lainnya

Ketiga, perhatikan jadwal trial test dan test online. Jadwal tahapan pelaksanaan online test akan dikirimkan melalui email peserta yang terdaftar saat pendaftaran dan pada website RBB di menu 'Layanan Saya'.

Persiapan keempat untuk tes online Rekrutmen Bersama BUMN, adalah mengecek dashboard pada website Rekrutmen Bersama BUMN. Pengumuman RBB terupdate dapat dicek secara berkala pada website. Tepatnya pada menu 'Layanan Saya' dan 'Kotak Masuk'.

4 dari 4 halaman

Simak, Jadwal Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Memasuki Juni 2023, Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) telah memasuki tes online tahap 1 yang akan dilaksanakan pada 12-20 Juni 2023. Tes daring kali ini mempunyai dua jenis yaitu untuk pendaftar lulusan SMA dan D3 ke atas.

Bagi lulusan SMA, tes online yang dilaksanakan adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD). Sedangkan, untuk lulusan D3 ke atas akan melaksanakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan tes AKHLAK.

Adapun pengumuman tes online tahap 1 akan disampaikan pada Juli 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan tes online tahap kedua.

Untuk tes online RBB tahap kedua akan dilaksanakan sekitar 16-20 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini