Sukses

Alat Peraga Film Star Wars hingga Gladiator akan Dilego, Jadi Lelang Memorabilia Terbesar Dunia

Nantinya lelang langsung dilakukan oleh Propstore, disebut sebagai “salah satu lelang memorabilia terbesar di dunia”.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa alat peraga paling ikonik dalam sejarah Hollywood akan segera dilelang. Lebih dari 1.400 item memorabilia film dari film klasik, seperti Star Wars, The Shawshank Redemption hingga Gladiator akan dijual pada akhir Juni. Nilai lelang diprediksi bisa mencapai USD 2 juta atau sekitar hampir Rp 30 miliar.

Nantinya lelang langsung dilakukan oleh Propstore, disebut sebagai salah satu lelang memorabilia terbesar di dunia.

Barang-barang penting yang diperebutkan termasuk gaun Carrie Fisher dari “Star Wars” asli tahun 1977 serta perisai yang dibawa Brad Pitt saat ia berperan sebagai prajurit Yunani Achilles di “Troy” tahun 2003.

Ada lagi Batpod yang dikemudikan oleh Christian Bale di “The Dark Knight” diperkirakan akan terjual antara USD 1-2 juta di pelelangan.

Sementara salah satu seragam Hogwarts Daniel Radcliff dari “Harry Potter and the Chamber of Secrets” kemungkinan bisa meraup sebanyak USD 150.000.

“Untuk mengumpulkan sebanyak itu di satu tempat adalah penawaran yang cukup langka,” kata COO Propstore Brandon Alinger seperti dilansir CNBC Make It, Senin (29/5/2023).

Meskipun penjualan memorabilia diharapkan menghasilkan sebanyak USD 12 juta, menurut perkiraan Propstore, Alinger mengatakan bahwa tujuan sebenarnya adalah pelestarian seni dan sejarah yang berhubungan dengan film.

“Hollywood selalu dikenal karena tidak menyimpan barang-barang seperti ini. Anda tidak dapat menyimpan artefak tiga dimensi selamanya tanpa mengeluarkan sejumlah biaya,” katanya. “Bagian dari etos dari semua yang kami coba lakukan adalah menyelamatkan barang-barang ini dan menjaganya agar tidak berakhir di tempat sampah.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barang Lain

Namun, bukan hanya barang-barang mahal yang bisa diperebutkan.

Kacamata hitam yang dikenakan oleh Jeff Bridges di “The Big Lebowski” diperkirakan juga akan dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Mulai USD 5.000 hingga 10.000, sementara kostum yang dikenakan oleh Bradley Cooper di “Silver Linings Playbook” bisa ditawar dengan harga USD 800.

Lelang akan berlangsung di Museum Otomotif Petersen di Los Angeles. Penawaran juga akan diterima secara online jika Anda mendaftarkan akun di situs web Propstore.

Setelah seorang penawar memenangkan suatu barang, Alinger mengatakan itu adalah milik mereka untuk melakukan apa yang mereka sukai.

“Saya pikir kebanyakan orang akan menghargainya dan merawatnya, memajangnya di kantor pusat atau teater rumah mereka,” katanya. “Tapi apakah ada yang menghentikan seseorang untuk membeli gaun Carrie Fisher dan memakainya di Halloween? Tidak, tidak ada.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.