Sukses

Ikuti 5 Langkah demi Kelola Finansial Usai Kena PHK

Berikut ini lima langkah finansial yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi implikasi keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah terkena pemutusan hubungan kerja alias PHK, hal yang paling ditakuti adalah perihal finansial. Namun, tidak perlu khawatir jika Anda membuat pilihan yang tepat untuk mengelola keuangan.

Lantas, apa yang bisa dilakukan?

Melansir Forbes, Sabtu (20/5/2023), berikut ini lima langkah finansial yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi implikasi keuangan.

1. File Untuk Tunjangan Pengangguran

Hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah mengganti penghasilan sebanyak mungkin dan tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengajukan tunjangan pengangguran.

Namun, jumlah dan durasi waktu Anda akan mengumpulkan bervariasi berdasarkan negara. Akan tetapi, tunjangan biasanya 50 persen dari penghasilan Anda sebelumnya hingga batas tertentu dan umumnya bertahan sekitar 26 minggu atau setengah tahun.

2. Memastikan Tergabung Dalam Asuransi Kesehatan

Penghasilan tentu bukan satu-satunya hal yang ingin Anda ganti. Anda juga pasti ingin memastikan bahwa tergabung dalam asuransi kesehatan.

Jika Anda sudah menikah, Anda harus cek tercakup dalam rencana pasangan atau tidak. Pilihan lainnya adalah melanjutkan asuransi kesehatan Anda saat ini. Akan tetapi, asuransi tersebut kemungkinan besar akan lebih mahal daripada yang Anda bayarkan sebagai karyawan

3. Jangan Lupakan Asuransi Jiwa

Meskipun mungkin tidak terasa mendesak, penting untuk memastikan keluarga Anda tetap terlindungi oleh asuransi jiwa. Anda mungkin dapat melanjutkan pertanggungan apa pun yang Anda miliki di bawah atasan jika polisnya portabel.

Jika tidak, Anda dapat menggunakan kalkulator ini untuk memperkirakan berapa banyak asuransi yang harus Anda miliki dan mencari polis asuransi jiwa berjangka murah

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Ketahui Anggaran Anda

Jika Anda belum pernah membuat anggaran atau bahkan melacak pengeluaran, sekarang saatnya untuk memulai. Lagi pula, Anda mungkin harus hidup dengan penghasilan yang berkurang untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

Jangan lupa pula menelusuri laporan bank dan kartu kredit selama tiga bulan terakhir dan catat pengeluaran pada lembar kerja.

Setelah Anda tahu jumlah pengeluaran, tentukan mana yang perlu untuk dipangkas. Ingatlah bahwa ini hanya untuk jangka waktu terbatas sampai Anda menemukan pekerjaan baru, jadi Anda pasti ingin lebih hemat dari biasanya.

Jika Anda masih kesulitan memenuhi kebutuhan, pastikan Anda memprioritaskan pembayaran sewa atau hipotek, tagihan utilitas dasar, pembayaran mobil, dan makanan dan perawatan medis daripada pembayaran hutang tanpa jaminan seperti tagihan kartu kredit.

5. Putuskan Hal yang Harus Dilakukan Dengan Rencana Pensiun

Tiga opsi dasar adalah membiarkan, mencairkan, atau memasukkannya ke dalam IRA. Meninggalkan rencana Anda di tempatnya dapat masuk akal jika Anda ingin menyimpan opsi investasi unik yang tidak dapat Anda beli di tempat lain atau jika Anda memiliki saham pemberi kerja yang pada akhirnya ingin Anda bayar dengan tarif pajak yang lebih rendah atas keuntungan tersebut. M

Sementara mencairkan rencana Anda tidak selalu pilihan terbaik karena Anda harus membayar pajak atas uang sebelum pajak ditambah penalti 10 persen jika Anda tidak berusia 55 tahun atau lebih pada tahun Anda meninggalkan perusahaan.

Sedangkan menggulirkan akun Anda ke dalam IRA dapat memungkinkan Anda untuk terus menangguhkan pajak sambil juga memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam cara uang diinvestasikan dan ditarik.

Namun, tentu saja, hal paling bermanfaat yang dapat Anda lakukan setelah PHK adalah mencari pekerjaan baru. Jadi, jangan lupa memperbarui resume, berhubungan dengan jaringan, memoles keterampilan jaringan dan wawancara, dan mulai berburu pekerjaan.

Ketika Anda mendapatkan pekerjaan, cobalah untuk mengumpulkan tabungan darurat hingga setidaknya tiga sampai enam bulan untuk pengeluaran yang diperlukan. Setidaknya sekarang Anda akan punya bekal yang lebih baik tentang betapa bermanfaatnya hal itu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini