Sukses

Harga Emas Naik Lagi ke USD 2.000 Usai Amblas ke Level Terendah Mingguan

Harga emas dunia di pasar spot 0,5 persen menjadi USD 2.002,69 per ons, setelah mencapai level terendah dua minggu di USD 1.969,1 di sesi sebelumnya. Harga emas berjangka AS naik 0,4 persen menjadi USD 2.014,30.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas menguat di atas level USD 2.000 lagi pada perdagangan Kamis (Jumat waktu Jakarta). Kenaikan harga emas didukung kurs dolar Amerika Serikat (AS) dan imbal hasil Treasury melemah setelah data ekonomi AS yang lemah imbas siklus kenaikan suku bunga Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed).

Dikutip dari CNBC, Jumat (21/4/2023), harga emas dunia di pasar spot 0,5 persen menjadi USD 2.002,69 per ons, setelah mencapai level terendah dua minggu di USD 1.969,1 di sesi sebelumnya. Harga emas berjangka AS naik 0,4 persen menjadi USD 2.014,30.

Klaim pengangguran mingguan AS naik tipis minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja secara bertahap melambat, sementara laporan Fed Philadelphia menunjukkan aktivitas pabrik jauh lebih rendah dari perkiraan di wilayah pertengahan Atlantik.

“Kami melihat bencana Philly Fed dan klaim pengangguran terus meningkat, sehingga ekonomi melemah, beberapa bagian lebih dari yang lain,” kata Analis Pasar Senior OANDA Edward Moya.

Data tersebut mendorong kurs dolar AS melemah 0,2 persen, sementara benchmark Treasury yields juga turun.

“Agar emas dapat kembali ke rekor tertinggi, Anda membutuhkan kenaikan suku bunga bulan Juni sepenuhnya,” tambah Moya.

Pasar menghargai peluang 88 persen dari kenaikan 25 basis poin pada bulan Mei, yang menurut jajak pendapat Reuters akan menjadi yang terakhir, dengan suku bunga Fed tetap stabil selama sisa tahun 2023.

“Minggu ini ada beberapa pembicaraan Fed yang agresif dari para pembicaranya dan kelanjutan dari narasi itu dapat memberikan dorongan pada greenback, membuat emas terekspos pada sisi negatifnya,” tulis analis DailyFX Warren Venketas dalam sebuah catatan.

Presiden Fed New York John Williams mengatakan pada hari Rabu inflasi masih pada tingkat yang bermasalah dan Fed akan bertindak untuk menurunkannya.

Pedagang akan mengamati komentar lebih lanjut oleh pembuat kebijakan The Fed minggu ini, sebelum periode pemadaman mereka pada 22 April menjelang pertemuan Fed pada 2-3 Mei. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Melemah di Bawah Level Kunci USD 2.000 per Ons

Sebelumnya, harga emas turun di bawah level kunci USD 2.000 pada hari Rabu karena imbal hasil AS bergerak lebih tinggi. Investor menjadi lebih skeptis atas potensi penurunan suku bunga AS akhir tahun ini.

DIkutip dari CNBC, Kamis (20/4/2023), harga emas di pasar spot turun 0,45 persen menjadi USD 1.995,91 per ons. Emas berjangka AS turun 0,55 persen menjadi USD 2.008,50.

"Begitu harga emas menembus angka USD 2.000, ada banyak stop loss yang dipicu," kata Phillip Streible, kepala strategi pasar di Blue Line Futures di Chicago.

“Setiap kali Anda mendapatkan penghasilan, Anda membuat banyak orang mengejar saham individu dan itu juga dapat menyebabkan mereka tidak berinvestasi terlalu banyak dalam logam," tambahnya.

Dolar menguat, didukung oleh imbal hasil AS yang naik ke level tertinggi hampir satu bulan, dengan pasar sekarang menilai peluang 85 persen dari kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan Federal Reserve pada 2-3 Mei, menurut alat FedWatch CME.

Kepala Fed St Louis James Bullard mengatakan pada hari Selasa bahwa bank sentral AS harus terus menaikkan suku bunga karena data terbaru menunjukkan inflasi tetap bertahan sementara ekonomi yang lebih luas tampaknya siap untuk terus tumbuh, bahkan jika lambat.

3 dari 3 halaman

Penguatan Dolar AS

Dolar yang lebih kuat membebani permintaan luar negeri untuk emas dengan harga greenback, sementara suku bunga yang lebih tinggi menumpulkan daya tarik bullion yang tidak memberikan imbal hasil.

Ekspektasi kenaikan suku bunga untuk pertemuan (Fed) Mei telah meningkat, yang telah menekan emas kembali di bawah USD 2.000, setidaknya dalam jangka pendek, kata analis Standard Chartered Suki Cooper.

Pasar akan mengamati lebih banyak komentar yang akan datang dari pejabat Fed minggu ini, menjelang periode pemadaman yang dimulai pada 22 April sebelum pertemuan Mei bank sentral.

Perak baru-baru ini naik 0,52 persen menjadi USD 25,34 per ons, platinum bertambah 0,68 persen menjadi USD 1.089,83, sementara paladium naik 0,07 persen menjadi USD 1.609,49

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini