Sukses

Top, Perusahaan Indonesia dan Ceko Kerja Sama Garap Rudal Pertahanan Udara dengan Jangkauan Deteksi hingga 470 Km

Republikorp Indonesia kembali melanjutkan kerja sama di bidang pengembangan alutsista dengan menandatangani Strategic cooperation agreement dalam joint-production Kompleks Rudal Pertahanan Udara Jarak Menengah ADS-400.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Republik Ceko YM Petr Fiala mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta. Dalam kunjungan kerja ini rombongan Perdana Menteri Ceko didampingi oleh para pengusaha dari Praha.

Para pengusaha ini mengikuti Indonesia-Czech Business Forum 2023 yang di gelar di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa 18 April 2022. Indonesia-Czech Business Forum 2023 ini dihadiri juga oleh perwakilan dari KADIN sebagai mitra counterpart di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Czechoslovak Group bersama Republikorp Indonesia kembali melanjutkan kerja sama nya di bidang pengembangan alutsista dengan menandatangani Strategic cooperation agreement dalam joint-production Kompleks Rudal Pertahanan Udara Jarak Menengah ADS-400.

ADS-400 adalah kompleks rudal pertahanan udara yang dilengkapi oleh rudal, peluncur, dan radar yang digunakan sebagai sistim senjata untuk melindungi sebuah wilayah dari serangan pesawat udara generasi ke lima, helicopter, UAV dan rudal jelajah.

ADS-400 memiliki jangkauan deteksi hingga 470km dan jangkauan rudal hingga 100km. Sistem rudal teranyar ini dikembangkan oleh Roketsan, Turki dan Retia, Republik Ceko dengan menggaet Republikorp sebagai mitra industri dalam negeri untuk kerja sama produksi dan integrasi lokal.

“Kerjasama ini semakin hari semakin strategis, sebagai wujud persahabatan kami yang tulus dengan Republik Indonesia, kami akan terus membesarkan nya” papar Milos Sivara, CEO dari Excalibur International perusahaan eksportir pertahanan dari Republik Ceko yang merupakan bagian dari Czechoslovakgroup a.s, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (19/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu PM Ceko, Jokowi Bahas Kerja Sama Investasi-Pertahanan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala di Istana Bogor, Selasa (18/4/2023). Jokowi menyebut kedatangan Fiala menjadi momentum menguatkan kerja sama antar dua negara.

"Yang saya hormati Perdana Menteri Petr Fiala, kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha ceko juga hadir dalam kujungan ini merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama," kata Jokowi usai pertemuan. 

Jokowi menyebut pertemuan dirinya dengan Petr Fiala membahas kerja sama mulai dari investasi, pertahanan hingga tentang Asean.

"Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang Asean dan indopasifik," ujarnya. 

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terkait regulasi Uni Eropa (EU) dan penyelesaian melalui negosiasi Indonesia-Comprehensive Economic Partnership Agreement (EU CEPA). 

"Saya juga menyampaikan terkait bebrapa regulasi EU yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-EU CEPA," kata dia.

Menurut Jokowi, Indonesia-Ceko juga telah sepakat menjajaki kerja sama di bidang industri teknologi dan peningkatan kapasitas.

"Kami juga sepakat menjajaki kerja sama join production antara industri strategis, transfer teknologi dan capacity building," pungkasnya.  

3 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu PM Ceko, Dorong Kerja Sama Ekonomi, Pertahanan, dan Indo-Pasifik

Mengawali agenda kunjungan kerjanya di Brussels, Belgia, Rabu, 14 Desember 2022, sebelumnya Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s.

Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati PM Ceko atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Selain itu Jokowi juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini.

"Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa," kata Presiden mengawali pengantarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyampaikan beberapa isu yaitu kerja sama ekonomi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, dan kerja sama Indo-Pasifik.

"Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan," ucap Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini