Sukses

BUMN Ulang Tahun ke-25, Ini Harapan Erick Thohir

Dalam menyambut ulang tahun BUMN KE 25, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan dan harapannya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah memasuki usia 25 tahun. 

Dalam menyambut ulang tahun BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan dan harapannya.

Dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya @erickthohir pada Kamis 13 April 2023, tampak Erick Thohir menikmati momen ebersamaan dengan sejumah karyawan BUMN saat merayakan  ulang tahun BUMN ke 25.

"Alhamdulillah wasyukurillah, tepat pada hari ini Kementerian BUMN telah memasuki usia perak 25 tahun," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Jumat (14/4/2023).

Menteri BUMN menyampaikan, 25 tahun merupakan perjalanan yang panjang, tetapi untuk membangun Indonesia maju tidak cukup diperjuangkan dalam periode tersebut.

"Dan tidak cukup juga mentransformasi Kementerian ini dalam waktu 3 tahun. Tapi ini yang kita dorong. Transformasi core values sudah, infrastruktur sudah, aturan main hampir selesai, tetapi kesejahteraan menjadi kunci," ujarnya dalam unggahan video tersebut.

"Semakin mendewasanya usia, saya mewakili keluarga besar Kementerian BUMN berharap kami dapat terus meningkatkan kinerja yang selama ini telah dibangun. Memutus sekat-sekat birokrasi, menambah manfaat pelayanan bagi masyarakat," kata Erick Thohir. 

Erick Thohir pun mengharapkan doa dari masyarakat agar BUMN dapat terus tumbuh kuat menopang sepertiga ekonomi Indonesia.

"Agar Indonesia semakin maju, makmur, mendunia," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Presiden Jokowi di Hari Ulag Tahun BUMN

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Melalui unggahan terpisah, Erick Thohir juga membagikan video pernyataan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi. 

Dalam video itu, Presiden menyampaikan ucapan selamat dan harapannya menyambut ulang tahun BUMN ke 25.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 25 kepada keluarga besar Kementerian BUMN," ucap Jokowi dalam video tersebut. 

Presiden menyampaikan bahwa, di tengah ketatnya persaingan global BUMN harus bertransformasi lebih cepat, menjadi lokomotif penggerak sektor sektor strategis yang menjadi sendi sendi kekuatan bangsa.

"Teruslah bekerja dan berinovasi, tumbuh kuat, profesional, dan tangguh. Serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara," kata Jokowi.

Erick Thohir pun menyampaikan ucapan terima kasih atas harapan dan dukungan dari Presiden Jokowi.

"Terima kasih untuk doa dan dukungannya Pak Presiden @jokowi. Semoga BUMN bisa terus menjadi benteng ekonomi dan lokomotif yang menggerakkan pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia Emas 2045," tulisnya.

"BUMN masih akan terus bertransformasi untuk membuat Indonesia maju, makmur dan mendunia," tambah Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Lagi, Catat Tanggal Pendaftarannya

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini.

Dibukanya Rekrutmen Bersama BUMN 2023 diumumkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir pada Rabu (12/4).

"Rekrutmen Bersama BUMN kembali lagi tahun ini!," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Kamis (13/4/2023).  

"Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN," katanya.

Erick Thohir pun menyampaikan, bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 untuk segera mencatat tanggal seleksinya, dan mepersiapkan diri.

"Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua," tuturnya.  

Menteri BUMN mengumumkan, registrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2023 meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN pada 5-20 Mei 2023. Kemudian untuk pengumuman tahap ini akan dikeluarkan pada 1 Juni 2023.

Tahap kedua, adalah Tes TKD dan Akhlak yang dijadwalkan pada 10-19 Juni 2023. Perlu diketahui, komposisi pembobotan TKD sebesar 40 persen dan Akhlak 60 persen. Adapun hasil pengumuman tahap TKD dan Akhlak pada tanggal 28 Juni 2023.

Kemudian di tahap ketiga, ada Tes Bahasa Inggris dengan ambang batas (threshold) lebih dari 450 dan dilakukan pemeringkatan sesuai ratio, dijadwalkan pada 8 - 12 Juli 2023 dengan pengumuman pada 19 Juli 2023.

Selanjutnya, di tahap keempat adalah tes oleh BUMN yang akan diselenggarakan pada 22 Juli - 9 Agustus 2023. Tahapan ini adalah kegiatan Tes Kompetisi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, serta Medical Check Up (MCU).

Jadwal pengumuman final adalah 16 Agustus 2023. Dalam pengumuman itu nantinya, peserta dinyatakan lulus berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

4 dari 4 halaman

Tips Wawancara Kerja ala Erick Thohir, Bisa Dipakai Melamar di BUMN

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membagikan sedikit tips untuk para pencari kerja saat mengikuti wawancara.

Tips ini pun bisa Anda gunakan ketika hendak melamar lowongan pekerjaan di BUMN.

Melalui sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya, Erick Thohir membocorkan pertanyaan unik yang bisa ditanyakan pelamar kerja saat sesi wawancara.

"Pas di akhir wawancara mereka biasanya akan menanyakan, "Apakah ada yang ingin kamu tanyakan?," ungkap Erick Thohir dalam unggahannya di Intagram, dikutip Sabtu (8/4/2023). 

"Coba kamu jawab begini : kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira kira apa saja yan perlu saya lakukan agar perusahaan merasa kalau memperkerjakan saya adalah sebuah keputusan yang baik?," bebernya.

Menurutnya, hal itu dapat berguna untuk mengetahui skill atau kemampuan apa saja yang dapat dikembangkan oleh pelamar. Selain itu, pernyataa tersebut juga dapat memungkinkan efek yang unik bagi pelamar.

"Jadi saat kamu tanya pertanyaan itu, orang yang menginterview kamu akan memvisualisasikan kamu yang sedang bekerja dalam perusahaannya. Ini bisa memberikan kamu keuntungan lebih dibandingkan pelamar lainnya," ungkap Erick Thohir.

"Karena kamu memposisikan diri kamu sebagai opsi yang terbaik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.