Sukses

Miliarder Rela Sumbangkan Rp 4,4 Triliun ke Kampus

“Saya senang mendukung pekerjaan yang berdampak dari institusi hebat ini,” tambahnya.

Liputan6.com, Jakarta Raja hedge fund Ken Griffin menyumbangkan USD 300 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun ke Fakultas Seni dan Sains di Harvard University. Alhasil, universitas menamai sekolah pascasarjana seni dan sains tersebut untuk Griffin yang juga menjadi alumni di sana.

Sementara itu, hadiah itu pun berhasil memindahkan Griffin sebagai orang terkaya ke-37 di dunia dengan kekayaan sekitar USD 35 miliar naik empat tingkat dalam daftar tahunan Forbes untuk pemberi paling dermawan di Amerika ke peringkat 20.

“Fakultas Seni dan Sains Harvard berkomitmen untuk memajukan ide-ide yang akan membentuk masa depan umat manusia, sambil memberikan wawasan penting tentang masa lalu kita,” kata Griffin dalam pernyataan dari Harvard saat mengumumkan hadiah tersebut seperti dilansir Forbes, Rabu (12/4/2023).

“Saya senang mendukung pekerjaan yang berdampak dari institusi hebat ini,” tambahnya.

Presiden Harvard Lawrence Bacow menambahkan bahwa pilihan Griffin untuk mendukung Fakultas Seni dan Sains Harvard “menggarisbawahi kekuatan pendidikan untuk mengubah kehidupan dan memperluas jangkauan penelitian kami di setiap bidang yang dapat dibayangkan”.

Hadiah tersebut akan digunakan untuk mendukung penelitian di dan akses ke fakultas seni dan sains Harvard, yang mencakup 40 departemen akademik, program sarjana Harvard, dan semua gelar Ph.D.

Griffin sebelumnya pernah menyumbangkan USD 150 juta kepada institusi tersebut pada 2014, untuk bantuan keuangan sarjana.

Dia juga menyumbangkan USD 125 juta ke Universitas Chicago pada 2017. Biasanya, hadiah sebesar USD 100 juta atau lebih merupakan janji selama beberapa tahun.

Namun, juru bicara Citadel memberi tahu Forbes bahwa hadiah ini telah dibayarkan penuh ke Harvard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Ken Griffin di Berbagai Hal

Dalam kisahnya, Griffin paling dikenal sebagai pendiri dan CEO Citadel raksasa investasi alternatif. Dia memiliki tahun yang luar biasa baik pada 2022.

Saat itu Bentengnya yang berbasis di Miami membukukan laba USD 16 miliar untuk investor tahun lalu, menurut perkiraan dari LCH Investments.

Alhasil menjadikan total keuntungan perusahaan menjadi USD 65,9 miliar sejak dia mendirikannya pada 1990—tahun setelahnya ketika dia lulus dari Harvard dengan gelar sarjana di bidang ekonomi.

Menurut perkiraan LCH, rekor tahun lalu menjadikan Citadel sebagai raksasa hedge fund berpenghasilan tertinggi yang pernah ada.

Manfaat tambahan dari hadiah Griffin adalah pengurangan pajak. Umumnya, pembayar pajak dapat menggunakan sumbangan amal yang dapat dikurangkan dari pajak—hadiah untuk Harvard dan banyak institusi serupa yang termasuk dalam kategori ini—untuk mengurangi penghasilan kena pajak mereka.

Logika ini berlaku untuk setiap individu kaya yang memberikan hadiah serupa. Memang, Griffin menjadi salah satu dari sejumlah besar miliarder yang telah menyumbang ke institusi akademik elit.

Tahun lalu, misalnya, Stanford menerima komitmen USD 1,1 miliar dari kapitalis ventura John Doerr untuk mendirikan Sekolah Keberlanjutan Stanford Doerr.

Selain kontribusi filantropis Griffin untuk Harvard, University of Chicago, dan banyak organisasi nirlaba lainnya terutama di Chicago (di mana dia tinggal dan di mana Citadel berkantor pusat selama tiga dekade hingga tahun lalu), dia telah menjadikan namanya sebagai donor politik terkemuka untuk tujuan Republik.

Jadi, Griffin menjadi donor miliarder terbesar keempat dalam siklus pemilu 2020, menggelontorkan USD 67 juta sebagian besar ke komite yang mendukung Partai Republik di Kongres.

Menjelang ujian tengah semester 2022, Griffin menyumbangkan lebih dari USD 60 juta, sebagian besar untuk kelompok dan kandidat Partai Republik, menurut Komisi Pemilihan Federal.

Sebagai informasi, peringkat Forbes tentang pemberi teratas Amerika diterbitkan setiap tahun pada Januari.

Hadiah baru Griffin untuk Harvard, seandainya dimasukkan dalam peringkat tahun ini, akan mendorongnya naik empat tingkat—melewati sesama miliarder dana lindung nilai Laura dan John Arnold, taipan minyak dan perbankan George Kaiser, CEO Koch Industries Charles Koch, dan miliarder teknologi dan Donor Demokrat Pierre dan Pam Omidyar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.