Sukses

Penukaran Uang Baru Lebaran 2023 Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Jadwal dan Lokasinya

Penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran secara nasional dimulai hari ini 27 Maret 2023 sampi dengan 20 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta Penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran secara nasional dimulai hari ini 27 Maret 2023 sampai dengan 20 April 2023.

Dilansir dari laman Bank Indonesia, pihaknya bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang lebaran di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun,  naik 8,22 persen dari realisasi tahun 2022 dengan 5.066 titik layanan penukaran uang,  bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya.

Dinaikkannya ketersediaan uang tunai dan penambahan titik layanan sejalan dengan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat.

Adapun di luar 5.066 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, terhitung mulai 27 Maret 2023 sampai dengan 19 April 2023,  Bank Indonesia juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun), dan kas keliling susur sungai (khusus Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama.

Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. 

Kemudian di pasar wilayah Jabodetabek, yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada tanggal 27 Maret-20 April 2023, serta di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023. 

Layanan Penukaran di Kas Keliling

Bank Indonesia menyarankan lebih baik masyarakat memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR untuk layanan penukaran di kas keliling.

Selanjutnya,  mulai tanggal 15-19 April 2023 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. 

Berbeda, untuk penukaran uang di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BI Siapkan Uang Tunai Rp 195 Triliun buat Idul Fitri

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 195 triliun dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan hari raya Idul Fitri tahun 2023. Penyediaan uang tunai tersebut meningkat 8,22 persen jika dibandingkan Ramadhan pada tahun lalu.

"Berdasarkan rencana penarikan oleh perbankan secara nasional, tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang tunai untuk Ramadhan Idul Fitri sebesar Rp 195 triliun atau meningkat 8,22 persen dibandingkan Ramadhan tahun lalu," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim dalam kick off Serambi 2023, Senin (20/3/2023).

Saat ini Bank Indonesia telah melakukan pemetaan di 5.066 kantor atau titik layanan untuk penukaran uang tunai menjelang hari raya idul fitri. Jika dibandingkan tahun lalu, terdapat penambahan lokasi atau meningkat 8 persen.

"Ini menandakan pihak perbankan merespon bagaimana mobilisasi masyarakat dan juga pertumbuhan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan tadi," ujarnya.

Adapun kegiatan Serambi "Semarak Rupiah Ramadhan dan berkah Idul Fitri ini" ini akan dilaksanakan secara nasional yang dimulai pada hari ini tanggal 20 Maret sampai dengan 20 April 2023. Artinya, masyarakat bisa menukarkan uang dalam kurun waktu tersebut. "Jadi, selama 2023 ke depan kita akan melaksanakan kegiatan serambi 2023," jelasnya. 

3 dari 3 halaman

Kebutuhan Meningkat

Dalam laporannya, Marlison mengungkapkan menjelang Idul Fitri merupakan periode dimana permintaan kebutuhan uang meningkat tajam.

Hal ini tidak terlepas dari bebagai budaya dan tentunya didukung oleh pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin baik.

Dalam hal ini bank Indonesia selalu mendukung memenuhi kebutuhan uang dalam jumlah berapapun dengan pecahan sesuai dengan kebutuhan, dan dalam kondisi layak edar. Oleh karena itu, Bank Indonesia terus berkomitmen bersama perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan terutama kebutuhan uang.

"Pada tahun ini kita menggunakan tagline yang sama yaitu Serambi Semarak Ramadhan dan berkah idul fitri 2023, tagline ini akan digunakan secara nasional dan setiap tahun, sehingga setiap tahunnya kita akan melaksanakan ini," ujarnya.

Menurutnya, kick off serambi ini menyatakan kesiapan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan uang baik perbankan dan masyarakat, sekaligus kesiapan dari Bank Indonesia, perbankan dan pihak terkait untuk bersama-sama guna memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kegiatan layanan penukaran uang tunai menjelang idul fitri 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.