Sukses

3 Keterampilan Ini Jadi Bekal Bisa Kerja 4 Hari Dalam Seminggu

Semenjak pandemi Covid-19, beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home bahkan hingga hybrid. Beberapa pun ada yang bekerja selama empat hari kerja dalam seminggu.

Liputan6.com, Jakarta Semenjak pandemi Covid-19, beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home bahkan hingga hybrid. Beberapa pun ada yang bekerja selama empat hari kerja dalam seminggu.

Lantas, bisakah Anda merasakan kerja hanya empat hari dalam seminggu?

Sebelumnya, bekerja empat hari dalam seminggu mungkin tampak seperti mimpi. Akan tetapi, itu bisa menjadi pengalaman yang intens dan mungkin tidak berlaku untuk semua orang, kata para ahli Lindsay Liu, salah satu pendiri dan CEO Super; Phil McParlane, pendiri 4dayweek.ion; dan Retta Kekic, chief marketing officer di Qwick yang membahas model kerja empat hari seminggu di SXSW di Austin, Texas.

Qwick sebagai platform perekrutan sesuai permintaan untuk pekerja perhotelan telah melihat lamaran pekerjaan melonjak sebesar 220 persen setelah dipindahkan ke minggu yang dipersingkat pada 2022, kata kepala pemasaran perusahaan Retta Kekic seperti melansir CNBC, Senin (20/3/2023).

Tak Semua Orang Cocok Bekerja 4 Hari

Akan tetapi, tidak semua orang mungkin cocok untuk merasakan empat hari kerja dalam seminggu jika mereka tidak terbiasa.

“Pentingnya karyawan menjadi lebih besar ketika Anda melakukan ini karena mereka harus berkontribusi dengan kecepatan itu dalam waktu empat hari,” kata dia.

“Dan ini bukan untuk semua orang, terus terang, untuk dapat bekerja dengan intensitas itu setiap hari," lanjut dia.

Karena itu, ketiga ahli tersebut membagikan tiga keterampilan teratas yang Anda butuhkan untuk dipekerjakan di perusahaan dengan empat hari kerja dalam seminggu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Inisiatif

Mengingat perbedaannya, Kekic mengatakan bahwa salah satu sifat terbesar yang dia cari dalam karyawan baru adalah rasa inisiatif yang kuat.

“Kami tidak punya waktu untuk mendapatkan persetujuan untuk tiga atau empat lapisan sebelum Anda memulai sesuatu,” katanya, “jadi kami membutuhkan orang yang percaya diri dan memiliki kemampuan untuk mengambil inisiatif pada hal-hal yang mereka tahu akan bergerak. perusahaan ke depan.”

2. Otonomi

Sementara itu, Lindsay Liu sebagai salah satu pendiri sekaligus CEO dari startup perangkat lunak Super menambahkan bahwa otonomi adalah ciri utama dari karyawan yang sukses di perusahaan dengan sistem empat hari kerja dalam seminggu.

“Ini adalah jenis kecepatan dan gaya kerja di mana Anda harus lebih bertanggung jawab atas hasil Anda,” kata dia.

Rekrutan yang kuat, tambah Liu, “Sangat mandiri dengan waktu mereka dan mampu merencanakan proyek sendiri, memikirkan tentang bagaimana melakukan itu, dan kemudian mencari tahu kapan mereka membutuhkan kolaborasi, kapan mereka membutuhkan masukan, dan untuk dapat menarik perhatian. anggota tim lainnya untuk itu.”

 

3 dari 3 halaman

3. Kemampuan Beradaptasi

Karyawan baru juga harus mampu beradaptasi, terutama jika bergabung dengan perusahaan yang baru saja beralih ke minggu kerja yang dipersingkat dan masih bekerja melalui “banyak bagian yang bergerak,” kata pendiri 4dayweek.io Phil McParlane.

Tantangan-tantangan itu biasanya “sembuh seiring waktu” karena perusahaan “mengikuti proses baru”, katanya. Namun, itu bisa berarti melalui trial and error untuk mempelajari cara mengurangi rapat atau memikirkan jadwal bergilir jika perusahaan perlu bekerja dengan pelanggan lima hari seminggu.

Para ahli setuju bahwa pekerja dari semua tingkat pengalaman, dari pekerja magang hingga pemimpin senior, dapat unggul dalam keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan empat hari seminggu.

Misalnya, perusahaan empat hari seminggu seringkali memiliki cara yang ketat untuk mendokumentasikan tujuan, kemajuan, proses, dan sumber daya, yang dapat membantu para profesional awal karier belajar di tempat kerja.

Liu mencatat bahwa Super baru saja menyelesaikan siklus magang pertamanya, dan “memiliki struktur dan ekspektasi yang sangat jelas sangat baik untuk orang-orang yang baru memulai, karena mereka memahami dengan tepat untuk apa mereka berada. Tidak ada area abu-abu di sana. Dan saya pikir itu sebenarnya adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi seseorang yang baru mulai berkarir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.