Sukses

Daftar Bandara Terbaik di Dunia Versi Skytrax, Siapa Nomor Wahid?

Perusahaan riset maskapai penerbangan Skytrax kembali merilis daftar bandara terbaik dunia 2023. Hasilnya, Bandara Changi Singapura berhasil merebut kembali posisi puncak untuk ke-12 kalinya.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan riset maskapai penerbangan Skytrax kembali merilis daftar bandara terbaik dunia 2023. Hasilnya, Bandara Changi Singapura berhasil merebut kembali posisi puncak untuk ke-12 kalinya.

Sebelumnya, Bandara Changi menempati posisi pertama dalam peringkat tahunan Skytrax selama delapan tahun berturut-turut dari 2013 hingga 2020, berada di belakang Bandara Internasional Hamad Doha dan Bandara Haneda Tokyo selama dua tahun terakhir.

Dalam survei Skytrax, seperti melansir CNBC, Jumat (17/3/2023), pelancong global yang mewakili lebih dari 100 negara menyebut bahwa Bandara Changi Singapura termasuk sebagai bandara terbaik di Asia untuk santapan, fasilitas, serta kenyamanannya. Mereka menilai berdasarkan beragam faktor, termasuk belanja, check-in, kedatangan, transfer, serta keamanan dan imigrasi.

Sementara itu, Bandara Internasional Hamad Doha menempati urutan kedua, diikuti oleh Bandara Haneda Tokyo di urutan ketiga dan Bandara Internasional Incheon di urutan keempat. Jadi, Jepang memiliki dua bandara yang masuk 10 besar di tahun ini, dengan Bandara Internasional Narita berada di urutan kesembilan.

Adapun tempat teratas lainnya diisi oleh bandara utama di Paris (kelima), Istanbul (keenam), Munich (ketujuh) dan Zurich (kedelapan). Pada intinya, semua bandara dalam daftar 10 teratas tahun lalu muncul kembali, kecuali Bandara Internasional Kansai Osaka yang digantikan oleh Bandara Madrid-Barajas Spanyol (urutan kesepuluh).

Sebagai informasi, survei dari Skytrax juga memeringkat bandara berdasarkan metrik lainnya. Misalnya, “staf bandara terbaik dunia” jatuh kepada Bandara Internasional Incheon Seoul. Sementara Bandara Internasional Bao’an Shenzhen China memenangkan penghargaan sebagai “bandara paling maju di dunia”.

Daftar Bandara Terbaik di Dunia 2023 versi Skytrax.

  1. Bandara Changi - Singapura
  2. Bandara Internasional Hamad - Qatar
  3. Bandara Haneda Tokyo - Jepang
  4. Bandara Internasional Incheon - Korea Selaran
  5. Bandara Paris Charles de Gaulle - Prancis
  6. Bandara Istanbul - Turki
  7. Bandara Munich - Jerman
  8. Bandara Zurich - Swiss
  9. Bandara International Narita - Jepang
  10. Bandara Madrid-Barajas - Spanyol

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandara Changi Nomor Satu Terbaik

Sebagai informasi, Bandara Changi kini telah memenangkan lebih dari 660 penghargaan “Bandara Terbaik” sejak dibuka pada 1981 silam. Bandara berencana untuk memperluas kapasitas gedung terminal 2 sebanyak 5 juta penumpang per tahun. Selain itu, juga telah memulai pekerjaan peningkatan yang dijadwalkan selesai pada 2024.

Di keempat terminalnya, Bandara Changi memiliki fasilitas gym dan kamar mandi, area tidur siang, tempat bermain anak setinggi 16 meter, dan kolam renang yang menghadap landasan pacu.

Terminal 1 terhubung langsung ke kompleks ritel 10 lantai Bandara Jewel Changi, yang memiliki tujuh taman bertema, lembah hutan dengan lebih dari 2.000 pohon, dan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan bahwa kemenangan itu “menggarisbawahi popularitas bandara dengan pelancong udara internasional” yang telah kembali ke sekitar 80 persen dari tingkat pra-Covid 19.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.