Sukses

Parah! Harga Minyak Hari Ini Jatuh ke Level Terendah Sejak Desember 2021

Harga minyak turun tajam pada perdagangan Rabu karena para pedagang khawatir krisis perbankan dapat merusak pertumbuhan ekonomi global.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun tajam pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta), karena para pedagang khawatir krisis perbankan dapat merusak pertumbuhan ekonomi global.

Dikutip darii CNBC, Kamis (16/3/2023), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun lebih dari 5 persen menjadi uSD 67,61 per barel. Harga minyak ini mencapai level terendah sejak Desember 2021. 

Sedangkan harga minyak mentah Brent yang merupakan harga minyak patokan internasional turun 4 persen menjadi USD 74,36 per barel.

“Pasar minyak akan terjebak dalam surplus (stok minyak) untuk sebagian besar semester pertama tahun ini, tapi itu akan berubah selama kita tidak melihat kesalahan kebijakan besar oleh The Fed yang memicu resesi parah,” kata Ed. Moya, Analis Pasar Senior Oanda. 

“Sekarang (harga minyak) mendekati pertengahan USD 60-an, penurunan harga minyak mentah WTI bergantung pada seberapa buruk gambaran makro yang didapat," lanjut dia.

Tekanan pada Harga Minyak

Uji ulang terendah Oktober dapat menambah tekanan ke bawah pada minyak mentah WTI, katanya, menambahkan bahwa stok energi mungkin kesulitan mengingat prospek permintaan yang melemah dan surplus kemungkinan akan bertahan dalam jangka pendek. 

“Namun pandangan jangka panjang masih mendukung memiliki energi dalam portofolio Anda karena banyak raksasa minyak memiliki neraca yang kuat yang mendukung pembelian kembali dan dividen yang berkelanjutan,” tambahnya.

Penurunan terjadi karena pasar risiko global mengalami aksi jual menyusul berita bahwa investor terbesar Credit Suisse, Saudi National Bank, tidak akan memberikan lebih banyak bantuan untuk bank yang diperangi tersebut. 

Kabar tersebut menyebabkan penurunan lebih dari 20 persen saham bank yang terdaftar di AS. Ini juga menimbulkan kekhawatiran atas keadaan sistem perbankan global kurang dari seminggu setelah dua bank regional AS bangkrut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prediksi Pertumbuhan PDB AS

Stres di bank-bank kecil membuat Goldman Sachs memangkas perkiraan pertumbuhan PDB AS.

“Bank kecil dan menengah memainkan peran penting dalam ekonomi AS. Bank dengan aset kurang dari USD 250 miliar menyumbang sekitar 50 persen pinjaman komersial dan industri AS, 60 persen pinjaman real estat perumahan, 80 persen pinjaman real estat komersial, dan 45 persen pinjaman konsumen," ,” tulis Ekonom Goldman. 

“Pembuat kebijakan AS telah mengambil langkah agresif untuk menopang sistem keuangan, tetapi kekhawatiran tentang tekanan di beberapa bank tetap ada. Tekanan yang sedang berlangsung dapat menyebabkan bank-bank kecil menjadi lebih konservatif dalam memberikan pinjaman untuk mempertahankan likuiditas jika mereka perlu memenuhi penarikan deposan, dan pengetatan standar pinjaman dapat membebani permintaan agregat," lanjut keterangan tersebut.

Bank Sentral AS, The Federal Reserve (The fed) dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan kebijakan minggu depan. Memasuki minggu ini, para pedagang memperkirakan setidaknya kenaikan suku bunga bisa mencapai 25 basis poin. 

Namun, alat FedWatch CME Group sekarang menunjukkan peluang hampir 2 banding 1 untuk mempertahankan suku bunga pada level saat ini.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Anjlok

Kemarin, harga minyak turun sekitar 3 persen ke level terendah sembilan minggu pada hari Selasa setelah rilis laporan inflasi AS. Tidak hanya itu baru-baru ini kegagalan bank AS memicu kekhawatiran krisis keuangan baru yang dapat mengurangi harga minyak di masa depan.

Dikutip dari CNBC, Rabu (15/3/2023), harga minyak Brent berjangka turun USD 2,53, atau 3,1 persen, menjadi USD 78,24 per barel, sementara Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 2,48, atau 3,35, menjadi USD 72,32.

Itu mendorong kedua kontrak ke wilayah oversold secara teknis untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu dan menempatkan Brent di jalur untuk penutupan terendah sejak 4 Januari dan WTI di jalur untuk penutupan terendah sejak 9 Desember.

Gelombang kejut dari keruntuhan Silicon Valley Bank memicu pergerakan besar dalam saham bank karena investor mencemaskan kesehatan keuangan beberapa pemberi pinjaman, terlepas dari jaminan dari A.S. Presiden Joe Biden dan pembuat kebijakan global lainnya.

"Harga minyak mentah jatuh setelah sebagian besar laporan inflasi sejalan menyegel kesepakatan untuk setidaknya satu kenaikan suku bunga Fed," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analisis OANDA.

Harga konsumen naik dengan kuat di bulan Februari karena orang Amerika menghadapi biaya yang terus-menerus lebih tinggi untuk sewa dan makanan, menimbulkan dilema bagi Fed, yang perjuangannya melawan inflasi diperumit oleh runtuhnya dua bank regional.

Data menunjukkan AS Indeks Harga Konsumen (CPI) naik 0,4 persen di bulan Februari dari 0,5 persen di bulan Januari. Sedikit perlambatan dalam pertumbuhan harga konsumen mendorong investor untuk menilai kenaikan suku bunga yang lebih kecil oleh Federal Reserve pada bulan Maret.

4 dari 4 halaman

Suku Bunga The Fed

The Fed sekarang terlihat menaikkan suku bunga acuannya hanya dengan seperempat persentase poin minggu depan, turun dari perkiraan sebelumnya 50 basis poin, dan memberikan kenaikan lain dengan ukuran yang sama di bulan Mei. Pertemuan dua hari The Fed berikutnya dimulai Selasa depan.

"Pekerjaan pengetatan The Fed belum selesai dan kemungkinan tumbuh bahwa mereka akan mengirim ekonomi ke dalam resesi ringan, dan risiko tetap bahwa itu bisa menjadi parah," kata Moya dari OANDA.

Bank sentral Amerika Serikat menggunakan suku bunga yang lebih tinggi untuk mengurangi inflasi. Tetapi suku bunga yang lebih tinggi itu meningkatkan biaya pinjaman konsumen, yang dapat memperlambat ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Penurunan harga minyak mentah Selasa juga terjadi menjelang AS. data diperkirakan menunjukkan perusahaan energi menambahkan sekitar 1,2 juta barel minyak ke stok minyak mentah selama pekan yang berakhir 10 Maret.

American Petroleum Institute (API), sebuah grup industri, akan mempublikasikan data inventarisnya pada pukul 16:30. EDT pada hari Selasa dan A.S. Administrasi Informasi Energi pada pukul 10.30 WIB. di hari Rabu.

Membatasi penurunan harga minyak mentah - setidaknya pada hari sebelumnya - adalah laporan bulanan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang memproyeksikan permintaan minyak yang lebih tinggi di China, importir minyak terbesar dunia, pada tahun 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.