Sukses

Harga Emas Dunia Diprediksi Tergelincir, The Fed dan Inflasi Jadi Biang Keladi

Inflasi global yang semakin meningkat mengancam harga emas berada pada titik rendah, bahkan mampu menekan harga emas turun di bawah USD 1.800 per ons.

Liputan6.com, Jakarta Inflasi global yang semakin meningkat mengancam harga emas berada pada titik rendah, bahkan mampu menekan harga emas turun di bawah USD 1.800 per ons.

Dilansir dari laman Kitco News, Senin (27/2/2023), kejutan besar minggu lalu datang dari risalah pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) yang hawkish, yang mengungkapkan bahwa beberapa anggota FOMC condong ke arah kenaikan 50 basis poin daripada kenaikan 25 bps yang lebih dovish yang diadopsi pada pertemuan Februari.

Selain itu, data inflasi PCE yang dijadikan acuan The Fed tahunan dipercepat pada bulan Januari, mencapai 4,7 persen dibandingkan dengan yang diharapkan 4,3 persen.

"Ada reset besar dalam seberapa tinggi suku bunga akan pergi. Orang-orang sekarang berpikir lebih dari 6 persen. Itu cukup signifikan sehingga mematahkan punggung emas," kata analis pasar senior OANDA Edward Moya.

Menurut dia, jika ada momentum lebih lanjut menuju USD 1.800 per ons, itu bisa hal yang jelek untuk emas, dan harga bisa turun lagi USD 50.

Adapun tercatat emas berjangka Comex bulan April diperdagangkan pada USD 1.816,60 per ons, turun selama lima minggu berturut-turut.

"Ini adalah poin penting di sini. Jika kita mendapatkan penutupan mingguan di bawah USD 1.807- USD1.805, ini berisiko mengalami penurunan besar. Dan bisa dikisaran USD 1.750-an," kata ahli strategi teknis senior Forex.com Michael Boutros.

Menurut Boutros, hal ini adalah prospek makro yang membebani emas. Pada bulan Januari, logam mulia menguat karena gagasan bahwa Fed dapat memangkas suku bunga pada akhir tahun 2023.

Sekarang, kenyataannya mulai terlihat, jelas Boutros. "Dan angka inflasi yang kami dapatkan hari ini menunjukkan, dan penyesuaian terhadap suku bunga yang lebih tinggi memukul pasar," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Positif untuk Harga Emas

Ketegangan geopolitik juga tidak mereda, yang menguntungkan emas dalam hal menemukan dasar dalam tren turun ini.

"Orang-orang melontarkan kata-kata besar seperti 'ancaman nuklir.' Ini adalah peringatan pertama perang di Ukraina, dan inilah saatnya untuk memeriksa kenyataan. Ancaman itu ada. Dan jika ancaman itu menjadi lebih menonjol dalam skala global dan jika pembicaraan ini terus memburuk, pada titik tertentu, itu akan terjadi. faktor dalam," kata Boutros.

Disisi lain pakar logam mulia Gainesville Coins, Everett Millman, mengatakan volatilitas di pasar emas masih jauh dari selesai, karena harga bisa turun secepat mereka pulih.

 

3 dari 3 halaman

Prediksi Harga Emas

Mengingat sifat emas untuk mengalami aksi jual dan pemulihan yang cepat selama masa panik, tidak ada dasar yang sangat kuat saat ini.

"Saya tidak akan terkejut melihat emas menembus di bawah USD 1.700, dengan ekspektasi bahwa itu akan kembali naik cukup cepat jika ada eskalasi di Ukraina," kata Millman.

Lebih lanjut, Millman menilai, keadaan pasar yang menyadari kesulitan menurunkan inflasi ke target Fed 2 persen, membuat harga emas akan tetap rentan dalam jangka pendek.

"Ada beberapa support di USD 1.750, tapi kemudian Anda tidak memiliki sesuatu yang besar sampai kemungkinan USD 1.730. Ini adalah perubahan besar dalam sentimen," kata Moya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.