Sukses

Erick Thohir Ingin F1 Powerboat Danau Toba Bikin Indonesia Lebih Dikenal Wisatawan Dunia

ErickThohir mengatakan, F1 Powerboat Danau Toba 2023 terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak, termasuk BUMN. Beberapa BUMN yang dilibatkan antara lain InJourney, dan PLN, serta Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BUMN dalam mendukung ajang F1 Powerboat 2023 di Danau Toba.

"Ini sebuah kehormatan bagi BUMN bisa berkontribusi mendorong pariwisata lokal," ujar Erick Thohir, Sabtu (25/2/2023).

Menurut dia, gelaran olahraga internasional sekelas F1 Powerboat perlu dijaga agar benar-benar mampu menjadi sumber daya tarik pariwisata nasional. Khususnya Danau Toba, yang ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Senada, Ketua DPR RI Puan Maharani pun meyakini citra Indonesia sebagai destinasi wisata unggulan bakal meningkat dengan adanya acara besar berskala internasional.

"Kehadiran saya di F1H2O adalah ingin memastikan event-event yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata agar berjalan sesuai dengan standar yang baik," ungkap dia.

Kolaborasi BUMN

Adapun ajang lomba F1 Powerboat Danau Toba 2023 terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak, termasuk BUMN. Beberapa BUMN yang dilibatkan antara lain Holding BUMN Pariwisata InJourney, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta Pertamina.

InJourney memastikan infrastruktur pendukung dapat siap digunakan sebelum lomba digelar. PLN memantapkan keandalan listrik di Sumatera Utara. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mengirimkan Avgas ke Balige, Kabupaten Toba dan memastikan pasokan BBM aman di Sumut.

FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O, sehingga seringkali disebut sebagai F2H2O.

Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil. Kali ini adalah perlombaan level internasional Powerboat yang pertama digelar di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap F1 Powerboat Takjub dengan Keindahan Danau Toba

Perhelatan balap F1 Powerboat sedang berlangsung di Danau Toba, tepatnya di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut). Diperkirakan, ajang internasional ini ditonton 180 juta orang.

Balapan yang akan digelar pada 26 Februari 2023 itu ditayangkan secara live di seluruh dunia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Danau Toba bisa menjadi perbincangan dunia.

"Karena kita akan ditonton lebih dari 180 juta orang, saya kira tidak pernah terbayangkan Danau Toba ditonton langsung oleh 180 juta penonton," kata Luhut, saat konferensi pers di media center F1 Powerboat, Balige, Toba, Jumat (24/2/2023).

Salah satu pembalap F1 Powerboat, Marit Stromoy, takjub dengan keindahan Danau Toba. Satu-satunya pembalap perempuan di ajang internasional F1 Powerboat ini mengaku tidak pernah datang ke lokasi balap seperti Danau Toba.

"Danau Toba ini sesuatu yang belum saya rasakan. Itulah hal unik dari Danau Toba," katanya.  

3 dari 3 halaman

Antusias Balapan di Danau Toba

Pembalap F1 Powerboat lainnya, Shaun Torrente juga antusias balapan di Danau Toba. Baginya, keindahan Danau Toba adalah salah satu yang paling menakjubkan yang pernah dia lihat.

"Sangat takjub dengan keindahan Danau Toba,” kata Torrente.

Founder F1H20, Nicolo Di San Germano mengatakan, Danau Toba terpilih menjadi tuan rumah ajang balapan F1 Powerboat lantaran megah, cantik dan sangat layak diketahui masyarakat dunia. Oleh sebab itu, Warner Bros menjadi saluran siaran resmi F1 Powerboat di dunia.

"Bisa kita pastikan event ini menjadi perbincangan internasional, dikarenakan jaringan Warner Bros ini akan kita lihat sampai berakhirnya event," Nicolo menuturkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.