Sukses

Begini Cara Menuliskan Resume buat yang Tak Punya Gelar Pendidikan

Lantas, bagaimana cara menuliskan gelar pendidikan di sebuah resume?

Liputan6.com, Jakarta Gelar sarjana dianggap sebagai salah satu kunci untuk maju dalam dunia kerja. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang mampu mencapainya sehingga harus berhenti hanya sampai di jenjang sekolah menengah.

Lantas, bagaimana cara menuliskan gelar pendidikan di sebuah resume kerja?

Bahkan di Amerika saja, banyak orang akhirnya melupakan pendidikan tinggi. Pada 2021, 27,9 persen orang dewasa berusia 25 tahun ke atas hanya memiliki gelar sekolah menengah sebagai tingkat pendidikan tertingginya, menurut Biro Sensus. Sementara hampir 15 persen telah menyelesaikan beberapa perguruan tinggi, tetapi tidak memiliki gelar.

“Kami melihat peningkatan besar dalam pangsa daftar pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana,” kata kepala ekonom di ZipRecruiter Sinem Buber seperti dilansir CNBC, Kamis (22/2/2023).

Namun, jika Anda seorang pencari kerja yang tidak memiliki gelar pendidikan tinggi, berikut ini format penulisan resume kerja yang disarankan ahli.

Fokus pada pengembangan profesional dan kredensial

Jika Anda menerima sertifikat atau pernah mengikuti semacam pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang dicari, alih-alih bagian pendidikan, coba tambahkan pengalaman pelatihan atau kredensial.

Orang yang menambahkan bagian seperti itu bisa menjelaskan tentang beberapa pengembangan profesional yang telah dilakukan atau sertifikasi apa pun yang mungkin telah didapatkan selama karier, kata pakar karier di The Muse Yolanda Owens. Itu akan cukup sebagai pengganti bagian pendidikan.

Jika telah menyelesaikan beberapa kredit perguruan tinggi, tetapi belum mendapatkan gelar, Anda dapat menyimpan bagian pendidikan di bagian bawah resume.

“Tuliskan sekolah yang Anda hadiri, tahun-tahun yang Anda hadiri di sana, atau berapa jam kredit yang Anda selesaikan,” kata Owens. “Dengan begitu mereka dapat mengetahui bahwa Anda pernah mengenyam pendidikan perguruan tinggi.”

Banyak orang membangun keterampilan lunak, seperti komunikasi tertulis dan verbal selama gelarnya, dan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan beberapa pelatihan itu dapat membuktikan kepada pemberi kerja bahwa Anda mampu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghilangkan bagian gelar

Jika sudah lama berada di pasar kerja dan melamar pekerjaan yang secara langsung relevan dengan pengalaman yang Anda peroleh, Anda bisa menghapus bagian pendidikan.

Ketika bertemu dengan perekrut dan resume Anda dilihat, mereka akan bertanya mengenai hal yang telah Anda lakukan dalam karier profesional yang selaras dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar, kata pelatih karier dan kepemimpinan Phoebe Gavin. Tanggung jawab yang Anda miliki di tempat kerja hingga pencapaian dan kontribusi yang Anda lakukan di tim sebelumnya.

Bagian pendidikan cenderung muncul di akhir resume. “Bagian bawah halaman pertama, bagian bawah halaman kedua, ini bukan tempat di mana perekrut menghabiskan banyak energi mental,” katanya. “Jadi tidak apa-apa bagi Anda untuk mengabaikannya dan tidak memiliki bagian pendidikan apa pun jika Anda tidak memiliki gelar.”

Akan tetapi, satu hal yang harus dihindari yaitu jangan sertakan bagian pendidikan yang hanya memiliki ijazah SMA.

“Itu menarik perhatian pada fakta bahwa Anda tidak memiliki gelar dan ini menimbulkan pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu ditanyakan,” kata Gavin. Jadi, jika Anda melamar pekerjaan yang dapat Anda lakukan, maka tidak ada alasan bagi perekrut untuk menciptakan hambatan tambahan bagi Anda. Anda bisa menghilangkan itu sama sekali.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.