Sukses

Harga Minyak Dunia Hari Ini Anjlok ke USD 83 per Barel, Nih Biang Keroknya

Harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 2,14 atau 2,5 persen menjadi USD 83,00 per barel, turun 3,9 persen minggu ke minggu.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun USD 2 per barel pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) dan mengakhiri perdagangan pekan ini jauh lebih rendah.

Penurunan harga minyak dunia ini karena para pedagang khawatir bahwa kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) di masa depan dapat membebani permintaan dan adanya tanda-tanda meningkatnya pasokan minyak mentah dan bahan bakar.

Pada hari Kamis, dua pejabat Bank Sentral AS, The Fed memperingatkan kenaikan biaya pinjaman tambahan sangat penting untuk mengekang inflasi. Sentimen mengangkat dolar AS, membuat harga minyak dunia lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (18/2/2023), harga minyak mentah Brent berjangka turun USD 2,14 atau 2,5 persen menjadi USD 83,00 per barel, turun 3,9 persen minggu ke minggu. 

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup turun USD 2,15 atau 2,7 persen menjadi USD 76,34, turun 4,2 persen dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.

“Kegelisahan kenaikan suku bunga telah kembali dengan sepenuh hati,” kata Stephen Brennock dari Broker Minyak PVM.

Berbagai tanda pasokan minyak yang cukup juga membebani pasar.

Rusia

Produsen minyak Rusia berharap untuk mempertahankan volume ekspor minyak mentah saat ini, meskipun pemerintah berencana untuk memangkas produksi minyak pada bulan Maret mendatang.

Gambaran terbaru pasokan AS, dirilis pada hari Rabu, menunjukkan persediaan minyak mentah dalam sepekan hingga 10 Februari naik 16,3 juta barel menjadi 471,4 juta barel, level tertinggi sejak Juni 2021.

 “Karena penyimpanan minyak berada pada level tertinggi 19 bulan, kilang akan memperpanjang musim turnaround selama mungkin,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Bahan Bakar

Retakan minyak pemanas turun 5 persen pada hari Jumat karena cuaca hangat melemahkan permintaan bahan bakar pada pertengahan Februari.

Perusahaan jasa energi, Baker Hughes Co, menyatakan jumlah rig minyak dan gas, indikator awal produksi masa depan, turun satu menjadi 760 dalam seminggu hingga 17 Februari, kata

Meskipun terjadi penurunan rig minggu ini, Baker Hughes mengatakan jumlah total masih naik 115 atau 18 persen dibandingkan tahun lalu.

Beberapa dukungan datang dari langkah minggu ini oleh Badan Energi Internasional dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak untuk meningkatkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan permintaan minyak global tahun ini, mengutip ekspektasi untuk lebih banyak permintaan China.

Sementara itu, menteri energi Arab Saudi mengatakan kesepakatan saat ini oleh OPEC+, yang mengelompokkan produsen OPEC dengan Rusia dan lainnya, untuk memangkas target produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari, akan dikunci hingga akhir tahun, menambahkan dia tetap berhati-hati terhadap China. 

3 dari 4 halaman

Permintaan China Pulih, Harga Minyak Malah Turun ke USD 85,14 per Barel

Kemarin, harga minyak turun pada perdagangan Kamis setelah diperdagangkan dalam kisaran rendah karena pasar dibebani oleh sinyal ekonomi AS yang beragam dan prospek pemulihan permintaan China dengan peningkatan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNBC, Jumat (17/2/2023, harga minyak mentah berjangka Brent turun ke USD 85,14 per barel, atau 24 sen. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS amblas di USD 78,49 per barel, atau 10 sen.

Sementara data AS menunjukkan pasar pekerjaan AS tetap kuat, ukuran manufaktur di wilayah Atlantik tengah tiba-tiba anjlok.

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester mengatakan bank sentral bisa menjadi lebih agresif dengan kenaikan suku bunga jika inflasi mengalami kenaikan. Laporan inflasi terbaru menunjukkan harga barang tetap tinggi. Tapi Mester tidak berharap AS jatuh ke dalam resesi.

Dolar AS sempat naik ke puncak enam minggu terhadap mata uang lain setelah data AS, di mana hal ini menjadi beban bagi harga minyak, karena dolar yang kuat membuat komoditas berdenominasi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

“Brent gagal lagi untuk bergerak di atas rata-rata pergerakan 100 hari minggu ini,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Harga minyak Brent telah berayun dalam kisaran USD 80-USD 90 per barel selama enam minggu terakhir, sementara harga minyak WTI bergerak antara USD 72 dan USD 83 sejak Desember.

4 dari 4 halaman

Stok Minyak AS

Administrasi Informasi Energi (EIA) pada hari Rabu melaporkan stok minyak mentah AS minggu lalu naik ke level tertinggi sejak Juni 2021 setelah peningkatan yang lebih besar dari perkiraan.

“Harga minyak sangat fluktuatif saat ini, di mana pedagang memiliki banyak hal untuk diambil,” kata Analis OANDA Craig Erlam.

China akan menyumbang hampir setengah dari pertumbuhan permintaan minyak global tahun ini setelah melonggarkan pembatasan COVID-19, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Rabu.

Di sisi pasokan, Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan kesepakatan OPEC+ saat ini untuk memangkas target produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari (bpd) akan dikunci hingga akhir tahun. Dia menambahkan akan tetap berhati-hati terhadap permintaan China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.