Sukses

Permintaan China Pulih, Harga Minyak Malah Turun ke USD 85,14 per Barel

Harga minyak mentah berjangka Brent turun ke USD 85,14 per barel, atau 24 sen. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS amblas di USD 78,49 per barel, atau 10 sen.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada perdagangan Kamis setelah diperdagangkan dalam kisaran rendah karena pasar dibebani oleh sinyal ekonomi AS yang beragam dan prospek pemulihan permintaan China dengan peningkatan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNBC, Jumat (17/2/2023, harga minyak mentah berjangka Brent turun ke USD 85,14 per barel, atau 24 sen. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS amblas di USD 78,49 per barel, atau 10 sen.

Sementara data AS menunjukkan pasar pekerjaan AS tetap kuat, ukuran manufaktur di wilayah Atlantik tengah tiba-tiba anjlok.

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester mengatakan bank sentral bisa menjadi lebih agresif dengan kenaikan suku bunga jika inflasi mengalami kenaikan. Laporan inflasi terbaru menunjukkan harga barang tetap tinggi. Tapi Mester tidak berharap AS jatuh ke dalam resesi.

Dolar AS sempat naik ke puncak enam minggu terhadap mata uang lain setelah data AS, di mana hal ini menjadi beban bagi harga minyak, karena dolar yang kuat membuat komoditas berdenominasi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Brent gagal lagi untuk bergerak di atas rata-rata pergerakan 100 hari minggu ini,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Harga minyak Brent telah berayun dalam kisaran USD 80-USD 90 per barel selama enam minggu terakhir, sementara harga minyak WTI bergerak antara USD 72 dan USD 83 sejak Desember.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stok Minyak AS

Administrasi Informasi Energi (EIA) pada hari Rabu melaporkan stok minyak mentah AS minggu lalu naik ke level tertinggi sejak Juni 2021 setelah peningkatan yang lebih besar dari perkiraan.

“Harga minyak sangat fluktuatif saat ini, di mana pedagang memiliki banyak hal untuk diambil,” kata Analis OANDA Craig Erlam.

China akan menyumbang hampir setengah dari pertumbuhan permintaan minyak global tahun ini setelah melonggarkan pembatasan COVID-19, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada hari Rabu.

Di sisi pasokan, Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan kesepakatan OPEC+ saat ini untuk memangkas target produksi minyak sebesar 2 juta barel per hari (bpd) akan dikunci hingga akhir tahun. Dia menambahkan akan tetap berhati-hati terhadap permintaan China.

 

3 dari 4 halaman

Begini Posisi Harga Minyak Dunia Hari Ini

Kemarin, harga minyak berjangka bergerak datar menuju penurunan. Harga minyak dunia dipengaruhi penguatan Dolar AS dan kekhawatiran investor bahwa kenaikan suku bunga akan memperlambat ekonomi dan mengurangi permintaan bahan bakar.

Penurunan harga minyak terbatas karena pasar mendiskon stok besar minyak mentah AS karena penyesuaian data. Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak global yang lebih tinggi.

Harga minyak mentah Brent turun 20 sen, atau 0,2 persen menjadi $85,38 per barel, sementara West Texas Intermediate AS (WTI) minyak mentah turun 47 sen, atau 0,6 persen menjadi USD 78,59.

Nilai tukar Dolar AS menguat mendekati level tertinggi dalam enam minggu terhadap sekeranjang mata uang di tengah data penjualan ritel AS yang kuat pada bulan lalu dan data inflasi AS baru-baru ini. Ini menunjukkan Federal Reserve (Fed) akan mempertahankan kebijakan moneter yang ketat.

"Harga minyak mentah berada di bawah tekanan karena dolar menguat menyusul data ekonomi yang mengesankan yang membuka jalan bagi pengetatan Fed lebih lanjut," kata Edward Moya, Analis Pasar Senior di perusahaan data dan Analitik OANDA.

Dolar yang lebih kuat dapat memangkas permintaan minyak, dan ini membuat harga minyak dunia lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

4 dari 4 halaman

Stok Minyak

Pejabat Federal Reserve mengatakan Bank Sentral AS perlu mempertahankan kenaikan suku bunga secara bertahap untuk melawan inflasi. Investor khawatir suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat perekonomian.

Stok minyak mentah AS melonjak 16,3 juta barel pada pekan lalu menjadi 471,4 juta barel. Ini menjadi angka tertinggi sejak Juni 2021, kata Administrasi Informasi Energi (EIA) AS.

Angka itu jauh lebih besar dari perkiraan analis peningkatan 1,2 juta barel dalam jajak pendapat Reuters. Tetapi para analis mengatakan penyesuaian pasokan minyak mentah yang luar biasa besar berkontribusi pada kenaikan yang sangat besar.

“Begitu semua orang menyadari penyesuaian membuang data EIA, skeptisisme tentang bangunan besar (penyimpanan minyak mentah) merayap ke pasar,” kata John Kilduff, mitra penasihat investasi Again Capital LLC di New York. "Ini sekali saja."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.