Sukses

Link Bocoran Materi Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Teknis 2022

Karena itu, pelamar PPPK akan menghadapi ujian kompetensi yang di dalamnya akan terdiri dari seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, kompetensi teknis, dan wawancara berbasis komputer.

Liputan6.com, Jakarta Pelamar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK tenaga teknis 2022 akan menghadapi ujian kompetensi pada 10 Maret sampai dengan 3 April 2023 mendatang.

Meski masih beberapa bulan lagi, tak ada salahnya jika peserta mempelajari kisi-kisi materi seleksi kompetensi PPPK teknis 2022 agar bisa lulus dan menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Adapun kisi-kisi ujian CAT PPPK teknis ini dibocorkan melalui surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menteri PANRB Nomor B/275/M.SM.01.00/2023 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022.

Jadi, setelah proses seleksi administrasi, pelamar akan menghadapi tahap selanjutnya yaitu ujian kompetensi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT. Seleksi ini dilakukan demi mewujudkan PPPK yang profesional, kompeten, dan melayani.

Karena itu, pelamar PPPK akan menghadapi ujian kompetensi yang di dalamnya akan terdiri dari seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, kompetensi teknis, dan wawancara berbasis komputer.

“Sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, maka setelah seleksi administrasi berakhir, tahap seleksi pengadaan PPPK selanjutnya adalah seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi PPPK terdiri dari Seleksi Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Wawancara Berbasis Komputer,” demikian informasi dikutip dari surat Menteri PANRB Nomor B/275/M.SM.01.00/2023, Senin (13/2/2023).

Bagi yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi kompetensi, pelamar PPPK teknis 2022 dapat mengakses tautan https://www.bnpb.go.id/berita/materi-pokok-soal-seleksi-kompetensi-teknis-dengan-cat-untuk-seleksi-pppk-ta-2022.

Melalui tautan tersebut, pelamar dapat mengetahui gambaran atau materi yang nantinya akan diujikan pada CAT PPPK Teknis 2022. Jadi, pelamar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam kurun waktu yang tersisa ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Rekrutmen PPPK dan CPNS 2023, Talenta Digital Butuh Banyak

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan berjalan seiring dengan seleksi CASN 2022. Seperti diketahui, rekrumen CASN 2022 yang sebagian besar adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baru dilaksanakan menjelang akhir tahun kemarin.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan, tahun ini rekrutmen CASN melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) serta PPPK.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Anas dalam keteranganya, Selasa (31/1/2023).

Anas menyampaikan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan.

“Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” kata dia

Anas menjelaskan bahwa saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi. “Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” tuturnya.

Rekrutmen CASN 2023, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan. Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis BKN.

Lebih lanjut, ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023. Arah kebijakan pertama adalah fokus pelayanan dasar. Kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital. Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Kapan Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka? Ini Bocoran Kementerian PANRB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah merancang pengadaan aparatur sipil negara atau ASN tahun depan yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2023), khususnya untuk guru dan tenaga kesehatan.

Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce mengatakan, pembukaan seleksi CPNS 2023 saat ini menunggu penyelesaian rekrutmen PPPK 2022 sebagai bahan evaluasi.

"Pokoknya yang 2023 nanti kita tunggu dulu proses yang kita selesaikan, penyelesaian tahun ini yang masih seleksi," ujar Averrouce kepada Liputan6.com, Sabtu (17/12/2022).

"Kita akan lakukan evaluasi dan monitoring tentunya. Kita juga tentunya berbicara dengan kementerian/lembaga, pemda untuk 2023 seperti apa," imbuh dia.

Averrouce tak bisa menyebut secara spesifik kapan seleksi PPPK dan CPNS 2023 target dibuka. Kementerian PANRB juga akan terus berkoordinasi dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan Menkes Budi Gunadi Sadikin, untuk formasi prioritas pada tenaga pendidikan dan kesehatan.

Sebelumnya, Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah akan melanjutkan target pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional melalui pengadaan ASN tahun 2023.

"Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kita bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin. Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” ujar Anas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.