Sukses

Fakta-Fakta Unik F1 Powerboat Danau Toba, Bisa Nonton Sambil Makan Rendang

Indonesia kembali menyelenggarakan perhelatan internasional balap F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menggelar ajang balap MotoGP di Mandalika Lombok pada tahun 2022 lalu. Indonesia kembali menyelenggarakan perhelatan internasional balap F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara.

Mandalika dan Danau Toba merupakan wilayah yang termasuk dalam lima Destinasi Super Prioritas (5 DSP) yang dikembangkan Pemerintah.

Lima DSP merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini tersebar di lima provinsi di bagian barat, tengah, hingga timur Indonesia

Lima DSP tersebut adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Likupang di Sulawesi Utara.

Hadirnya perhelatan internasional di beberapa kawasan lima DSP, diyakini mampu mendongkrak industri pariwisata Indonesia di masa yang akan datang.

Berikut fakta-fakta terkait penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba dirangkum Liputan6.com, Kamis (9/2/2023).

1. F1 Powerboat Danau Toba diselenggarakan 24-26 Februari 2023

Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-40 penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, untuk pertama kalinya pada tanggal 24-26 Februari 2023. F1 Powerboat Danau Toba akan menjadi pembuka musim lomba tahun 2023.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informasi, Septriana Tangkary, mengatakan, sudah sepatutnya masyarakat Indonesia bangga, karena bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia power boat.

"Indonesia sekarang menjadi tempat orang untuk datang, mestinya kita bangga. Kita tidak perlu lagi jalan-jalan ke luar negeri ke Turki, Jepang, Korea," kata Septriana dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Dia mengungkapkan, bahwa F1 Powerboat merupakan kejuaran power boat terkemuka yang sudah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984, sudah banyak negara yang pernah menjadi tuan rumah, diantaranya Italia, Prancis, UAE, Saudi Arabia, dan Cina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tiket Terjual Singkat

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono, mengungkapkan penjualan tiket  F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, habis terjual dalam waktu 23 menit saat dibuka pada 7 Februari 2023 kemarin.

"Dalam 23 menit sold out, kaget dan degdegan akan dahsyat Kita buka di tribun itu 2000 (tiket)," kata Maya Watono dalam ngopi BUMN F1 Powerboat Lake Toba, Indonesia, Rabu (8/2/2023).

Sebagai informasi, InJourney menjual tiket untuk race venue sebanyak 2000 tiket yang dibagi menjadi 3 grand stand yakni Grand stand A, grand stand B, dan grand stand C. Harganya Rp 500 ribu per orang untuk 2 hari.

Sementara tiket yang dijual untuk public viewing di Bukit Pahoda harganya Rp 50 ribu per orang untuk 2 hari. Khusus untuk public viewing mengusung tema piknik karena terletak di bukit dan menarik perhatian sehingga lebih banyak orang yang menonton.

InJourney juga menyediakan tiket untuk nobar partner di sekitar Toba, pihaknya sudah mempersiapkan 15 ribu titik lokasi untuk menonton F1 Powerboat Danau Toba yang sudah di kurasi secara standar dibantu dengan masyarakat sekitar Toba.

 

3 dari 4 halaman

3. InJourney Sediakan Nobar F1 Powerboat di Restoran Sambil Makan Rendang

Injourney akan menjalankan berbagai konsep inovatif dalam menyelenggarakan F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara. Dengan berbagai konsep yang menarik ini maka dampak ekonomi dari penyelenggaraan ini bisa mencapai Rp 220 miliar.

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono, mengungkapkan selain menjual tiket untuk race day di venue utama dan tiket untuk public viewing points di Bukit Pahoda, juga menyediakan nonton bareng (nobar) di cafe-cafe atau restoran di sekitar Danau Toba hingga di kapal milik ASDP.

Dari perkiraan dampak ekonomi Rp 220 miliar tersebut, sebanyak Rp 200 miliar berasal dari sektor makanan dan minuman serta akomodasi. Di samping itu, Maya juga memprediksi ajang balap F1 Powerboat di Danau Toba bisa memberikan multiplier effect hingga Rp 300 miliar.

 

4 dari 4 halaman

4. InJourney akan Jual 500 Tiket OTS

InJourney berencana akan menjual tiket tambahan sebanyak 500 tiket secara on the spot di lokasi penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu (8/2/2023).

Hal itu disampaikan Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono, dalam ngopi BUMN F1 Powerboat Lake Toba, Indonesia, Rabu (8/2/2023).

Maya mengungkapkan, InJourney menyediakan tiket untuk race venue awalnya 2000 tiket yang dibagi menjadi 3 grand stand yakni Grand stand A, grand stand B, dan grand stand C. Namun, ada tambahan 100 tiket sehingga totalnya 2100 tiket. Harga tiketnya dijual Rp 500 ribu per orang untuk 2 hari, dan sudah terjual habis.

Sementara tiket F1 Powerboat yang dijual untuk public viewing di Bukit Pahoda harganya Rp 50 ribu per orang untuk 2 hari, dan juga terjual habis secara online di Loket.com.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.