Sukses

Potret Erick Thohir Lari-larian di Jalan Tol, Ada Apa?

Menteri BUMN Erick Thohir terlihat sedikit berlari di dekat gerbang jalan tol Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir terlihat sedikit berlari di dekat gerbang tol Sidoarjo sembari menyalami sejumlah orang. Hal ini terjadi saat dia sedang menuju lokasi peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) di Sidoarjo, Jawa Timur.

Erick terlihat mengenakan baju berwarna putih lengkap dengan kopiah hitam yang dikenakannya. Beberapa momen terlihat dia berjalan diantara mobil-mobil yang ada di jalan tol.

Dia melakukan itu bukan tanpa alasan. Ternyata, jalan ton menuju gerbang tol Sidoarjo itu macet akibat penuhnya masyarakat yang juga ingin merayakan hari lahir Satu Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Pada foto pertama yang diunggah Erick melalui akun Instagram @erickthohir, terlihat dia sedang melewati pembatas jalan. Di foto selanjutnya, terlihat Erick yang sedikit berlari diantara truk kontainer berwarna merah.

Sudut foto kemudian beralih ke posisi Erick yang sedang menyalami sejumlah jemaah NU dengan latar belakang Gerbang Tol Sidoarjo.

"Perjuangan menuju Stadion Gelora Delta Sidoarjo pagi tadi. Antusiasme warga Nahdlatul Ulama patut diacungi jempol, semua memenuhi jalan untuk sama-sama merayakan 1 Abad NU," ungkapnya, seperti dikutip, Rabu (8/2/2023).

Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Ketua Pengarah Peringatan Satu Abad NU itu langsung disambut oleh Banser NU dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di lokasi. Erick juga terlihat berbaur dengan barisan Banser NU di lapangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertahankan Energi Positif

Ketua Pengarah (SC) Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) Erick Thohir menekankan kalau energi positif yang dibawa NU harus terus dipertahankan. Menteri BUMN ini juga menegaskan peran penting organisasi islam terbesar di Indonesia ini mampu mengikuti perkembangan zaman.

Erick Thohir mengaku bersyukur rangkaian kegiatan peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari warga Nahdliyin dan masyarakat. Prosesi rangkaian kegiatan kini sampai pada acara puncak yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (7/2/2023).

"Kita sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena hari ini adalah acara puncak dari rangkaian peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU)," ujar Erick dalam keterangannya, Selasa (7/2/2023).

Sebagai organisasi Islam terbesar, Erick menyebut, NU sudah berdiri melintasi zaman, mulai dari masa penjajahan, kemerdekaan, reformasi, hingga kini di era digital. Erick mengatakan NU tetap relevan dan dicintai.

"Artinya, para tokoh pendahulu NU telah menciptakan fondasi yang kokoh. Tentu kita berharap, NU dapat terus memelihara nilai dan tradisi Islam Nusantara untuk generasi penerus bangsa," ucap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tersebut.

Mengutip hasil survei yang dikantonginya, Erick menyebut 71,8 persen masyarakat menganggap NU selama ini telah turut memperkuat nilai-nilai kebangsaan Indonesia dan masyarakat sangat yakin sejumlah 81 persen bahwa NU akan memberi manfaat yang semakin baik bagi NKRI.

"Yang artinya energi positif NU wajib dipertahankan," tegas Erick.

 

3 dari 4 halaman

24 Jam Non Stop

Diketahui, puncak resepsi satu Abad NU akan digelar selama 24 jam nonstop mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB yang terbagi menjadi lima sesi.

Pertama, sesi ritual keagamaan NU, mulai dari istighotsah, zikir, shalat subuh berjamaah hingga shalawatan, yang akan dimulai pada pukul 00.00-07.30 WIB.

Kedua, sesi resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama para menteri kabinet Indonesia Maju dan ulama Islam sedunia pada pukul 07.00-11.00 WIB. Sesi ini bakal diisi dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Ketiga, sesi Karnaval Nusantara dengan iringan penampilan kolosal ribuan Banser diikuti tarian sufi dan tarian-tarian Nusantara, start dari Alun-alun Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Gelora Delta. Sesi ini berlangsung pukul 14.00-17.30 WIB.

Keempat, sesi panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta yang akan diisi oleh penampil, antara lain adalah Penyanyi berdarah Lebanon Maher Zain, Grup Band Slank, dan Rhoma Irama. Sesi ini akan dilangsungkan pukul 18.00-23.00 WIB.

Kelima, segmen bazar UMKM dan Kuliner Nusantara yang berlangsung sepanjang hari di area parkir timur Stadion Delta Sidoarjo dan enam lokasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.