Sukses

Selain Pesawat Susi Air Dibakar, KKB Pimpinan Egianus Kogoya Juga Dilaporkan Sandera 15 Pekerja Bangunan

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga pimpinan Egianus Kogoya kembali berulah

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga pimpinan Egianus Kogoya kembali berulah. Kali ini mereka menyandera 15 pekerja bangunan yang sedang mengerjakan pembangunan puskesmas di Paro, Kabupaten Nduga.

"Memang ada laporan 15 pekerja yang sedang membangun puskesmas Paro di sandera Kelompok Kriminal Bersenjata. Laporan tersebut masih didalami untuk memastikan kebenarannya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny dikutip dari Antara, Rabu (8/2/2023).

Diakui, kasus tersebut terungkap dari laporan Bupati Kenyam ke Kapolres Nduga, Sabtu (4/2) namun pihaknya kesulitan untuk memastikan karena tidak ada aparat keamanan di wilayah itu.

Kasusnya masih didalami karena dari laporan ke 15 pekerja itu diduga oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sebagai agen intelijen dan itu yang selalu diungkap walaupun kenyataannya mereka memang karyawan atau tukang bangunan dan saat ini dilaporkan dibawa ke Mapnduma.

"Hal serupa juga pernah dinyatakan Egianus saat menyerang karyawan PT Istaka Karya tahun 2018 lalu yang menewaskan 28 orang," jelas ujar Benny.

Kabid Humas Polda Papua ketika ditanya nasib pilot Susi Air yang berkebangsaan Selandia Baru mengaku belum ada perkembangan.

"Kami belum dapat memastikan bagaimana kondisi pilot Susi Air Philip Merthens beserta lima penumpangnya," aku Kabid Humas Polda Papua Kombes Benny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolri Sebut Pilot dan Penumpang Susi Air Ditangkap KKB, Tim Gabungan Diterjunkan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, pilot dan penumpang maskapai Susi Air yang pesawatnya dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, ditangkap oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Saat ini, tim gabungan TNI-Polri telah diterjunkan untuk melakukan operasi pencarian.

"Terkait dengan perkembangan dari pilot dan penumpang saat ini memang sedang dalam pencarian tim gabungan," kata Kapolri Sigit saat ditemui di Istana Negara Jakarta, Selasa (7/2/2023) sore.

Sigit menyebut, hilangnya awak dan penumpang pesawat Susi Air ini akibat ulah KKB. Informasi teranyar akan segera disampaikan saat ada perkembangan.

"Diamankan (ditangkap) KKB. Kami tim gabungan saat ini sedang melakukan operasi pencarian. Untuk hasilnya akan kita infokan," ucap Sigit.

 

3 dari 3 halaman

Pilot dan Penumpang Hilang

Sebelumnya, perwakilan dari Maskapai Susi Air, Donal Fariz membenarkan insiden pesawat Susi Air yang diduga dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan. Menurut Donal, dugaan itu dikuatkan dari posisi pesawat yang jauh dari kendala teknis sebab tengah berada di landasan pacu atau runway.

“Posisi pesawat ada di jalur runway dan kami sedang melakukan pemeriksaan apakah terjadi kendala teknis di pesawat. Tapi itu agaknya jauh dari dugaan kebakaran dan hal teknis yang muncul dari pesawat itu sendiri karena pesawat mendarat dengan baik,” kata Donal melalui rekaman suara yang diterima awak media, Selasa (7/2/2023) siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.